Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » 10 Cara Mengatasi Luka Sayat Atau Luka Gores

10 Cara Mengatasi Luka Sayat Atau Luka Gores

Diposting pada 2 December 2015 oleh Summase S Pd
5/5 (5)

Luka kecil atau sayatan terkadang terjadi pada diri kita. Hal tersebut menyebabkan pendarahan dan terasa nyeri. Sayatan di jari lebih sering terjadi saat kita sedang menangani benda tajam seperti pecahan kaca atau gelas. Pecahan kaca seperti kaca lemari, piring atau gelas dapat menggores dalam di jari kita jika kita tidak hati-hati saat merapihkannya.

Bahkan pisau lebih mudah menyayat jari kita ketika sedang memotong sesuatu. Biasanya para ibu rumah tangga yang memasak di dapur, sering mengalami hal ini. Entah karena kurang hati-hati, tidak konsentrasi atau terlalu cepat saat memotong. Kebiasaan buruk yang dilakukan para individu ketika sayatan tersebut mengeluarkan darah yaitu menghisapnya. Cara menghisapnya pun berbeda-beda. Yang pertama menghisap dengan menelan darah tersebut, dan yang kedua menghisap dengan membuang darah tersebut. Masyarakat sering salah persepsi jika darah dihisap maka darah tersebut akan berhenti. Namun, nyatanya tidak seperti itu. Karena, bakteri yang ada di luka sayatan malah akan masuk ke dalam tubuh dan dapat menurunkan sistem imun. Hal yang paling diutamakan ketika sayatan tersebut mengeluarkan darah yang tidak henti-hentinya yaitu mengangkat jari di atas jantung. Otomatis darah akan berhenti sendiri tanpa perlu di hisap. Setelah itu, bersihkan sisa-sisa darah dengan antiseptik dan di basuh air yang mengalir.

Jika luka sayatan tidak terlalu dalam, maka kita bisa melakukan pengobatan sendiri di rumah. Tetapi, jika sayatan tersebut cukup dalam, jangan coba-coba mengatasinya sendiri. Segera pergi ke dokter agar tidak ada luka yang lebih serius. Di bawah ini terdapat beberapa pengobatan tradisional dan mudah untuk proses penyembuhan dan mencegah infeksi.

10 Cara Mengatasi Luka Sayat Atau Luka Gores

Cara mengatasi luka sayat atau gores

Cara mengatasi luka sayat atau gores (Ilustrasi/shutterstock)

  1. Mengatasi Luka Sayat Atau Luka Gores dengan Madu

Madu merupakan obat yang bisa dipakai sejak lama untuk mengobati luka kecil, karena madu memiliki kandungan enzim dan antibakteri. Daerah luka yang diberi madu akan lembab dan bebas dari infeksi. Caranya, lumasi daerah yang terkena luka dengan madu murni, lalu balut dengan perban dan diamkan selama 1 jam. Setelah itu, lepas perban dan bilas luka tadi dengan air mengalir dan bersih. Lakukan sampai beberapa hari.

2. Mengatasi Luka Sayat Atau Luka Gores dengan Bawang putih

Cara membuat ramuannya, bubukkan satu siung saja bawang putih dan campur dengan madu lalu biarkan selama 5 sampai 10 menit. setelah itu, buang ramuannya dan cuci luka dengan air hangat lalu perban.

3. Mengatasi Luka Sayat Atau Luka Gores dengan Cuka

Campurkan satu sendok makan garam dalam 2/3 gelas air. Tambahkan satu sendok teh cuka dan aduk sampai rata. Rendam kapas dan taruhlah kapas di atas luka sayatan. Lakukan hal ini setiap 2-3 jam sekali.

4. Mengatasi Luka Sayat Atau Luka Gores dengan Lidah Buaya

Lidah buaya bersifat anti inflamasi dan anti bakteri. Gel yang terdapat dalam lidah buaya dapat menyembuhkan luka. Caranya, oleskan gel tersebut di daerah luka dan biarkan sampai mengering.

5. Mengatasi Luka Sayat Atau Luka Gores dengan Minyak Pohon Teh

Caranya, tuang ½ sendok teh minyak pohon teh dan minyak zaitun ke dalam segelas air hangat. Basuh luka dengan air tersebut. Ulangi sampai beberapa kali.

6. Mengatasi Luka Sayat Atau Luka Gores dengan Kunyit

Tuangkan bubuk kunyit di atas luka sambil ditekan dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu basuh dengan air hangat. Lakukan dua kali sehari.

7. Mengatasi Luka Sayat Atau Luka Gores dengan Calendula

Calendula adalah herbal antiseptik yang dapat mengurangi peradangan, memperlambat pendarahan, mengurangi rasa sakit dan mendorong penyembuhan luka dengan cepat. Caranya, didihkan satu sendok makan bubuk bunga calendula kering selama 5 menit. Saring dan biarkan hingga dingin. Jika sudah dingin, gunakan air tersebut untuk membasuh daerah luka. Lakukan dua sampai tiga kali sehari.

8. Mengatasi Luka Sayat Atau Luka Gores dengan Plantain

Plantain mengandung allantoin yang dapat menyembuhkan luka dan mencegah peradangan. Caranya, hancurkan beberapa daun plaintain dan ambil ekstraknya. Taruhkan ekstrak tersebut di daerah luka sampai mengering.

9. Mengatasi Luka Sayat Atau Luka Gores dengan Komprei

Komprei sangat bagus untuk mengobati luka gores. Tanaman ini membantu dalam penyembuhan luka dan mencegah terjadinya parut kulit. Caranya, tuang sesendok makan daun komprei dalam segelas air hangat. Tutup dan biarkan selama 15 menit. Lalu saring dan biarkan hingga dingin. Setelah itu, basuh luka dengan ramuan ini. Lakukan dua sampai tiga kali sehari. Daun komprei juga bisa langsung di gosok-gosokkan pada luka.

10. Mengatasi Luka Sayat Atau Luka Gores dengan Bawang Merah

Caranya, potong bawang merah dengan ukuran sedang dan agak tebal. Gosokan potongan bawang merah ini pada luka. Jika perih biarkan saja karena hal tersebut wajar untuk mengurangi peradangan atau pembengkakan.

Selain kesepuluh cara di atas, ini merupakan produk dari Tokoina.com yang harus Anda punyai di rumah karena banyak manfaatnya termasuk salah satunya Mengatasi Luka Sayat Atau Luka Gores, yaitu:

data-ad-format="link">

Demikianlah 10 Cara Mengatasi Luka Sayat Atau Luka Gores, semoga bermanfaat.

Bagikan informasi tentang 10 Cara Mengatasi Luka Sayat Atau Luka Gores kepada teman atau kerabat Anda.

10 Cara Mengatasi Luka Sayat Atau Luka Gores | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk 10 Cara Mengatasi Luka Sayat Atau Luka Gores

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

eighteen − eleven =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 700.000
Ready Stock / CNIWELL3
Rp 110.000
Ready Stock / DRC
SIDEBAR