Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » 10 Kesalahan Tata Rias yang Perlu Dihentikan

10 Kesalahan Tata Rias yang Perlu Dihentikan

Diposting pada 10 August 2016 oleh Summase S Pd
5/5 (1)

Kesalahan-kesalahan saat merias wajah ini sering dianggap sepele, padahal bisa merusak penampilan. Karena itu, harus dihentikan!

1. Tidak membersihkan alat rias

Sebagus apa pun kualitas kosmetik yang dipakai, alat rias yang kotor akan merusaknya. Alat rias yang kotor juga bisa mengotori kulit wajah dan menyebabkan jerawat. Karena itu sisir, sponge, kuas, jepit rambut, dan semua alat rias harus rutin dibersihkan atau diganti dengan yang baru dan bersih.

Cara tata rias wajah yang baik

Cara tata rias wajah yang baik (Ilustrasi/wikipedia)

2. Salah memakai concealer

Banyak ladies yang masih bingung antara memakai concealer lebih dulu atau foundation lebih dulu. Ada yang memakai foundation lebih dulu karena memakai foundation bisa menghapus concealer dan membuat foundation yang dipakai tidak merata, tapi ada juga yang memakai concealer lebih dulu untuk menutupi noda baru kemudian disempurnakan dengan foundation. Sebenarnya tidak masalah mana yang dipakai lebih dulu, selama foundation dan concealer bisa berbaur dan menutupi noda dengan baik. Lakukan yang terbaik untuk wajah ladies, bisa concealer lebih dulu atau foundation lebih dulu.

Beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat memakai concealer adalah:

  • Menggunakan concealer yang sama untuk setiap bagian wajah. Padahal, warna concealer yang berbeda punya fungsi yang berbeda. Concealer peach cocok dipakai di bawah mata untuk menyamarkan dark circles. Concealer warna kuning cocok digunakan untuk meratakan warna wajah. Sementara concealer warna kehijauan bisa menyamarkan kulit kemerahan dan bekas jerawat, gunakan concealer warna hijau ini sebagai lapisan pertama lalu tutupi dengan concealer yang sesuai dengan warna kulit.
  • Memakai concealer terlalu banyak sekaligus. Padahal sebaiknya gunakan concealer beberapa lapis jika lapisan pertama tidak berhasil menutupi noda dengan baik. Pertama oleskan sedikit concealer untuk menutupi noda, biarkan mengering, lalu oleskan lagi jika memang diperlukan.
  • Tidak tahu manfaat lain dari concealer. Concealer punya manfaat lebih dari sekedar menutupi noda dan dark circles: Concealer bisa digunakan untuk merapihkan eyeliner; untuk membuat mata tampak segar oleskan concealer pada kelopak mata, ujung mata dekat hidung, dan bagian bawah alis; untuk membentuk bibir dan mencegah lipstik belepotan oleskan concealer pada bagian luar dan ujung bibir; untuk merapihkan alis oleskan concealer pada bagian atas dan bagian bawah ujung alis; bisa juga menggunakan concealer sebagai riasan dasar untuk kelopak mata supaya eyeshadow tidak mudah luntur.

3. Menggunakan punggung tangan saat memilih warna foundation

Coba lihat baik-baik. Warna kulit wajah berbeda dengan warna kulit tangan. Menggunakan punggung tangan saat memilih warna foundation yang akan dipakai di wajah, sudah pasti hasilnya tidak akan sesuai. Untuk memilih warna yang tepat, oleskan sedikit foundation pada rahang, lalu pilih yang warnanya paling mendekati warna kulit wajah.

4. Memakai foundation terlalu banyak

Foundation berguna untuk menutupi warna kulit yang tidak rata, tapi bukan untuk dipakai sebagai topeng. Sebenarnya foundation tidak diperlukan kalau kondisi kulit sudah bagus dengan warna yang merata. Banyak ladies yang menggunakan foundation untuk menutupi noda, bekas jerawat, kulit kemerahan, atau dark circles, padahal itu merupakan tugas concealer.

Aplikasikan foundation hanya pada bagian yang diperlukan seperti hidung, pipi, bawah mata, atau bagian bawah rahang hingga leher bagian atas; karena di bagian-bagian itulah warna kulit yang tidak rata terlihat jelas. Jangan gunakan foundation terlalu banyak di bawah mata, di sekitar bibir, dan di garis senyum, karena bisa membuat riasan retak dan wajah tampak berkeriput. Hal lain yang perlu diperhatikan ialah memilih warna foundation yang tepat, jangan terlalu gelap atau terlalu terang, karena akan membuatmu terlihat seperti memakai topeng.

Baca juga: Panduan Make up Bagi Pemula.

5. Memakai bronzer ke seluruh wajah

Untuk yang suka memakai bronzer, penting tahu bahwa bronzer tidak dimaksudkan untuk dipakai pada seluruh bagian wajah. Bronzer sebaiknya dipakai hanya pada bagian-bagian yang sering terpapar sinar matahari seperti kening, tulang pipi, dan rahang. Oleskan bronzer sesuai arah pertumbuhan bulu, dari atas ke bawah, yaitu dari kening, menuju tulang pipi, dan berakhir di rahang. Ulangi langkah yang sama pada sisi wajah yang lain. Kalau dilakukan dengan benar, mengaplikasikan bronzer akan seperti menggambar angka 3 pada dua sisi wajah.

6. Memakai bedak tabur

Bedak tabur efektif untuk membuat make up tahan lebih lama dan menutupi warna mengkilap pada wajah, tapi sebenarnya bedak tabur atau talc bagus dipakai untuk remaja atau ladies yang masih berusia muda (kira-kira dibawah usia 30), karena bedak tabur bisa membuat wajah tampak lebih tua. Bedak tabur membuat garis-garis halus, keriput dan bulu wajah terlihat lebih jelas. Bedak tabur sebenarnya tidak dibutuhkan kalau ladies sudah memakai alas make up dan pelembap yang tepat. Tapi kalau masih ingin memakai bedak tabur, hanya gunakan bedak tabur hanya pada daerah T (kening dan hidung). Seiring pertambahan usia, penggunaan bedak tabur harus semakin berkurang dan harus semakin jarang digunakan sebagai bagian dari make up rutin di pagi hari.

7. Terlalu banyak menggunakan glitter dan shimmer

Eyeshadow yang mengandung shimmer atau glitter memang tampak lebih cantik dibanding eyeshadow matte, tapi warna bling bling dari shimmer atau glitter yang menutupi seluruh kelopak mata dan alis terlalu berlebihan, apalagi kalau dipakai pada kulit berminyak. Semakin bling bling dan mengkilap!

Sebaiknya gunakan shimmer hanya pada bagian dalam area kelopak mata, dan sisanya gunakan eyeshadow matte. Kalau ingin tampil cantik tapi tidak berlebihan, coba gunakan shadow yang sedikit lebih gelap dari warna kulit.

Ini masalah selera masing-masing, tapi menurutku eyeshadow warna putih dan warna pearl terlalu berlebihan dan membuat wajah terlihat seperti badut.

8. Salah memakai lipliner dan berlebihan saat mengoleskan lipstik

Salah satu kesalahan tata rias yang sering tidak disadari ialah tidak membaurkan make up dengan benar. Membuat garis bibir yang salah, atau menggunakan warna lipliner yang tidak sesuai, lalu mencoba memperbaikinya dengan terlalu banyak lipstik. Kalau ladies ingin tampak natural, maka hindari membuat garis bibir yang menonjol dan warna lipstik yang berlebihan. Banyak ladies menggunakan lipliner untuk menjaga agar lipstik tidak belepotan, tapi kalau setelah beberapa lama lipstik kemudian memudar dan yang terlihat hanya sisa lipliner, itu sama sekali tidak cantik.

Memakai lipstik bisa membuat ladies tampak lebih cantik dan meningkatkan kepercayaan diri, tapi itu kalau ladies memilih warna dan jenis lipstik yang tepat. Warna lipstik yang berani dan tidak natural, sama sekali tidak menarik dipakai oleh kebanyakan ladies. Warna lipstik yang berlebihan seperti itu bisa mengalihkan perhatian dari keseluruhan wajah. Saat ladies bicara dengan orang lain, mungkin orang lain akan fokus (atau mungkin malah terganggu) melihat warna lipstik yang menonjol. Itu bisa saja membuat orang berpikir bahwa ladies berusaha keras untuk menarik perhatian orang dengan bibir ladies. Jangan deh.. !

Kalau tetap ingin menggunakan lipstik bold dengan warna mencolok, maka pastikan makeup lainnya tetap terlihat simple serta hindari menggunakan lipgloss dan glitter. Warna lipstik yang mencolok, smokey eyes, pipi merah, dan bedak terlau cerah; bisa dibayangkan terlihat seperti apa? Badut, dan itu tidak cantik sama sekali.

9. Memakai maskara waterproof setiap hari

Maskara waterproof bisa mempercantik penampilan mata dan bagus dipakai saat menghadiri pesta atau untuk pemotretan, tapi tidak untuk dipakai setiap hari. Bahan anti air dari maskara bisa membuat bulu mata kering dan rontok jika dipakai terlalu sering.

data-ad-format="link">

10. Merias wajah di bawah pencahayaan yang buruk

Pernah merasa riasan kita sudah sempurna saat melihatnya di depan cermin di rumah, tapi saat bercermin di tempat terbuka “ternyata eyelinerku tidak rata” atau “ternyata foundation yang kupakai terlalu tebal”? Itu bisa terjadi karena pencahayaan yang buruk. Tempat terbaik untuk merias wajah ialah di depan jendela dengan pencahayaan alami dari sinar matahari. Tapi kita tidak selalu bisa merias di tempat seperti itu, kan? Karena itu, tambah lampu terang di depan cermin tempat kita berias, hingga setiap noda pada wajah kita terlihat dengan jelas.

Bagikan informasi tentang 10 Kesalahan Tata Rias yang Perlu Dihentikan kepada teman atau kerabat Anda.

10 Kesalahan Tata Rias yang Perlu Dihentikan | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk 10 Kesalahan Tata Rias yang Perlu Dihentikan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

16 − 11 =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 254.000
Ready Stock / TEA4LIFE
SIDEBAR