Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » 6 Langkah Mendapatkan Rambut Sehat dan Indah Alami

6 Langkah Mendapatkan Rambut Sehat dan Indah Alami

Diposting pada 9 October 2015 oleh Summase S Pd

6 Langkah Mendapatkan Rambut Sehat dan Indah Alami – Siapa pun pasti mendambakan tampilan rambut indah dan sehat. Untuk mendapatkan tampilan tersebut tentunya anda perlu memberikan perhatian khusus dengan memberikan perawatan rutin baik dalam maupun dari luar.

Tampilan rambut indah dan sehat tentunya tidak lepas dari bagaimana cara anda memilih produk perawatan rambut dan tepat atau tidaknya langkah perawatan rambut yang telah rutin anda lakukan.

[Baca juga: 6 Tips untuk perawatan rambut]

Berikut ini adalah langkah mudah yang bisa anda terapkan untuk mendapatkan rambut sehat, indah dan kuat secara alami.

6 Langkah Mendapatkan Rambut Sehat dan Indah Alami

  1. Gunakan Produk Alami

Saat ini cukup banyak produk perawatan rambut yang dijual di pasaran. Namun banyaknya pilihan tidak menjamin kualitas yang baik bagi rambut anda. Mulailah memilih produk perawatan rambut yang mengandung bahan alami dan hindari produk yang banyak mengandung bahan kimia dan berbahaya bagi kesehatan dan keindahan rambut anda.

Beberapa bahan yang biasa digunakan pada produk perawatan rambut alami antara lain adalah natural plant oil, natural plant extracts, natural essential oils, natural herbs, baking soda, apple cider vinegar, dan vegetable glycerin. Bahan yang alami tersebut jauh lebih efektif untuk melembabkan rambut, menghaluskan, dan menjadikan rambut anda lebih lembut dan bersinar. Selain itu rambut pun akan jauh lebih kuat, tebal dan sehat.

Sedangkan beberapa bahan yang digunakan pada beberapa produk yang umum dijual banyak menggunakan bahan yang meragukan dan terkadang dapat menimbulkan alergi, rambut kering dan menjadikan rambut lebih kusam setelah pemakaian lama. Bahan yang umum digunakan antara lain adalah sulfates, silicones, parabens, synthetic dyes, synthetic fragrances, triclosan dan mineral oil.

2. Bersihkan Rambut dengan Cara yang Tepat

Membersihkan rambut beberapa kali tiap minggunya bagi sebagian besar orang dirasa cukup untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Namun kadang banyak orang tidak memahami cara dan langkah yang tepat dalam membersihkan rambut.

Membersihkan rambut baiknya dilakukan dengan menggunakan air hangat. Gunakanlah cukup sedikit cairan pembersih rambut dengan menggosoknya terlebih dahulu dengan kedua tangan setelah tercampur baru anda oleskan pada rambut.

Mulailah membersihkan dari bagian kulit kepala dan berlanjut ke bagian ujung rambut. Pijat kepala secara lembut kurang lebih 2 menit agar nutrisi dari bahan alami yang digunakan pada rambut meresap dan merawat rambut anda mulai dari akar hingga ujung rambut.

Bilas rambut anda dengan air hangat secara perlahan untuk melancarkan peredaran darah di area kepala. Kemudian lanjutkan memijat area kulit kepala selama kurang lebih 30 detik dan keringkan rambut dengan handuk.

Membersihkan rambut disarankan dilakukan jika diperlukan sehingga tidak perlu dilakukan terlalu sering. Karena apabila anda membersihkan rambut setiap hari, akan memberikan dampak keringnya rambut dan kulit kepala, rambut sulit diatur dan ujung rambut pecah-pecah.

3. Mulailah Menggunakan Conditioner Rambut

Rangkaian perawatan rambut dengan menambahkan conditioner rambut setelah rambut dibersihkan mampu melembabkan kulit kepala dan memelihara rambut menjadi lebih lembut dan lebih mudah diatur.

Campurkan conditioner dengan kedua tangan dan ratakan pada bagian rambut basah yang telah dibersihkan. Awali dari ujung rambut sambil memijat dan menggosok rambut secara perlahan hingga bagian kulit kepala. Biarkan rambut yang telah diberikan conditioner selama kurang lebih 4-5 menit dan akhiri dengan membilasnya menggunakan air hangat.

Apabila ingin mendapatkan hasil maksimal, setelah memberikan conditioner secara merata pada rambut, tutup kepala menggunakan topi mandi dan diamkan selama kurang lebih 30 menit kemudian bilas rambut hingga bersih menggunakan air hangat.

Bagi rambut berminyak, pemberian conditioner bisa lebih difokuskan pada ujung rambut. Karena apabila digunakan pada kulit kepala akan menjadikan rambut menjadi jauh lebih berminyak.

4. Jangan Terlalu Sering Menyisir Rambut

Mendapatkan rambut sehat dan indah alami

Mendapatkan rambut sehat dan indah alami (Ilustrasi/pixabay)

Menyisir rambut terlalu sering tidak disarankan, karena ketika anda menyisir rambut maka rambut akan meregang dan tertarik sehingga rambut akan mudah rusak dan bercabang.

Akan lebih baik jika dilakukan pemijatan lembut pada rambut menggunakan jari-jari mulai dari kulit kepala, dimana cara tersebut dapat melancarkan peredaran darah dan memberikan efek relaksasi.

5. Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi

Mendapatkan rambut yang sehat tidak cukup melalui perawatan dari luar. Mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang baik untuk rambut bisa dilakukan sebagai rangkaian perawatan bagi rambut anda.

Makanlah makanan yang banyak mengandung asam omega 3, antioksidan, protein, zat besi, asam folat, vitamin E, biotin dan pertimbangkan juga dengan meminum suplemen vitamin D.

Kandungan vitamin E banyak terdapat pada susu, telur, buah-buahan dan sayuran terutama pada jenis kecambah. Sayuran dan buah-buahan seperti buncis, pisang, kacang-kacangan, asparagus, strawberry, biji bunga matahari, ubi jalar dan sayuran hijau merupakan sumber vitamin E dan juga merupakan antioksidan yang dibutuhkan.

Antioksidan banyak terkandung pada sayuran seperti brokoli, kol, sawi hijau, lobak, tomat, paprika merah, ubi jalar, bit dan wortel. Jenis rempah dan bumbu seperti bawang putih, kayu manis dan kunyit diketahui memiliki kandungan antioksidan.

Omega 3 banyak terkandung pada kacang-kacangan seperti kacang merah, walnut, dan kedelai. Sedangkan jenis ikan bisa diperoleh khususnya dari jenis ikan laut seperti ikan salmon, tuna, dan sarden.

6. Hindari Pewarnaan dan Pelurusan Rambut

Mulailah memperlakukan rambut anda dengan baik dan menjaga keindahan alaminya. Karena secara tidak sadar kebiasaan buruk anda dalam memperlakukan rambut akan memberikan efek jangka panjang pada kerusakan rambut permanen.

Rambut bagi wanita merupakan mahkota. Menata rambut sedemikian rupa merupakan serangkaian cara wanita agar tampil cantik. Maka tidak aneh jika wanita melakukan banyak cara agar rambutnya terlihat indah dan menarik. Mulai dari penataan rambut melalui pelurusan rambut, penggunaan alat pengeriting, hingga pewarnaan rambut.

Mewarnai rambut selain menjadikan rambut dan kulit kepala kering, juga dapat menimbulkan reaksi alergi dan iritasi pada sebagian orang. Sedangkan proses meluruskan atau mengeriting rambut dapat mengurangi kemilau alami rambut anda sehingga rambut akan nampak kusam.

Kerusakan yang diakibatkan dari pelurusan dan pengeritingan rambut juga berdampak langsung pada kerusakan hingga ke akar rambut. Sehingga rambut baru akan tumbuh berbeda dari rambut asli anda. Biasanya rambut menjadi lebih kasar dan bercabang.

Selain itu kebiasaan mengeringkan rambut dengan pengering rambut panas jika terlalu sering dilakukan akan menyebabkan rambut kering dan bercabang. Mulailah merubah kebiasaan mengeringkan rambut dengan menggunakan pengering udara seperti kipas angin.

7. Rutin memotong ujung Rambut

Pertumbuhan rambut manusia pada umumnya adalah sebanyak kurang lebih 1 cm tiap bulannya. Bagi anda yang ingin membiarkan rambut anda panjang, maka minimal setiap dua bulan sekali anda harus memotong sedikit ujung rambut anda (trimming). Karena dalam jangka waktu tersebut kondisi ujung rambut akan bercabang pada ujungnya.

data-ad-format="link">

Melakukan hair trimming bisa anda lakukan sendiri di rumah tanpa harus ke salon. Baiknya dilakukan dengan membasahi rambut terlebih dahulu. Untuk mempermudah, anda bisa ikat tinggi rambut anda dan gunting secara perlahan ujung rambut sepanjang 1- 3 cm. Pastikan gunting yang digunakan cukup tajam dan runcing.

[Recommend product: Shampo Kuda Mane ‘n tail]

Demikian informasi mengenai langkah perawatan rambut sehat dan alami. Beberapa langkah tersebut cukup mudah dilakukan, semoga bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba.

Bagikan informasi tentang 6 Langkah Mendapatkan Rambut Sehat dan Indah Alami kepada teman atau kerabat Anda.

6 Langkah Mendapatkan Rambut Sehat dan Indah Alami | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk 6 Langkah Mendapatkan Rambut Sehat dan Indah Alami

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

two × three =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 450.000
Ready Stock / JNYGW
Rp 225.000
Ready Stock / SKMNT
Rp 104.000
Ready Stock / CRX
SIDEBAR