Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Bahaya Memanaskan Kendaraan dalam Garasi Tertutup

Bahaya Memanaskan Kendaraan dalam Garasi Tertutup

Diposting pada 19 March 2014 oleh Summase S Pd

TOKOINA.COM – Jika garasi di rumah Anda tertutup, sebaiknya jangan memanaskan kendaraan di dalamnya. Jika dilakukan, hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan penghuni rumah. Dampak terburuknya adalah kematian akibat kekurangan oksigen.

Menurut Muhammad, seorang mekanik mobil, biasanya bengkel menyarankan untuk memanaskan kendaraan di bawah 10 menit.  Tujuannya agar oli mobil menjalar ke seluruh bagian mobil dan kinerja mesin prima.

“Kalo mobil nggak dipanasin, bisa bawa beban,” ujarnya. Mamad – Muhammad biasa disapa – menambahkan, memanaskan mobil dalam garasi akan menyisakan efek dari gas pembuangan yang terkumpul.

Di sinilah masalahnya. Seperti dijelaskan ahli kesehatan dr. Ababil Azhari, asap knalpot terdiri atas beragam zat yang tidak baik untuk tubuh. “Memanaskan mobil di garasi justru tidak baik bagi kelangsungan hidup Anda,” ujarnya.

Zat paling berbahaya dari knalpot kendaraan, katanya, karbon monoksida (CO). Zat ini bisa bersenyawa dengan hemoglobin dalam tubuh manusia jika terhirup. Sebab hemoglobin yang seharusnya mengikat oksigen (O2) malah mengikat CO. Alhasil, beberapa penyakit pun tidak dapat terelakkan, seperti sering pusing-pusing, pingsan bahkan sampai meninggal jika jumlah CO yang terhirup sudah terlalu banyak.

Bahaya memanaskan kendaraan dalam garasi tertutup

Bahaya memanaskan kendaraan dalam garasi tertutup (Ilustrasi/pixabay)

“Kalau CO nyantol sama hemoglobin, maka O2 ditendang dari hemoglobin,” katanya.

Dengan begitu, oksigen sampai ke otak, liver, paru-paru, dan seluruh tubuh jadi berkurang. “Otak itu tidak bisa hidup tanpa oksigen dalam beberapa menit. Jadi, kalau hemoglobin dipenuhi CO, maka bye-bye otak,” ujarnya.

Tidak hanya itu saja, lanjut Ababil, asap knalpot dapat menyebabkan menurunnya tingkat kecerdasan, meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, dan hipertensi. Apabila asap knalpot menghinggapi makanan, maka makanan yang dikonsumsi dapat berbahaya, terutama bagi ibu hamil. Makanan yang terkena polusi bisa membahayakan perkembangan janin sejak dini.

“Ketika anak lahir, bisa mengalami gangguan pertumbuhan dan kemampuan kecerdasan anak dalam beraktivitas akan berkurang,” paparnya.

Demikianlah artikel mengenai Bahaya Memanaskan Kendaraan dalam Garasi Tertutup, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Bagikan informasi tentang Bahaya Memanaskan Kendaraan dalam Garasi Tertutup kepada teman atau kerabat Anda.

Bahaya Memanaskan Kendaraan dalam Garasi Tertutup | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk Bahaya Memanaskan Kendaraan dalam Garasi Tertutup

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

5 × five =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 120.000
Ready Stock / BBM
Rp 50.000
Ready Stock / ALKATEL
*Harga Hubungi CS
Ready Stock / MSS
SIDEBAR