Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Cara Jitu Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Cara Jitu Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Diposting pada 30 April 2013 oleh Summase S Pd

Biang keringat adalah suatu ruam kulit yang menyebabkan gatal-gatal. Biasanya terjadi karena penyumbatan pori-pori yang berasal dari kelenjar keringat, misalnya ketika cuaca panas tubuh mengeluarkan keringat, tetapi keringat yang dikeluarkan tidak dapat keluar semua karena adanya penyumbatan. Keringat tertahan di dalam kulit dan terbentuk suatu benjolan kecil berwarna merah yang yang disebut dengan peradangan, ketika sudah meradang biasanya akan terasa gatal.

Menurut Dr. Benyamin Wedro, salah satu pakar dermatologi dari Medicinenet, mengungkapkan bahwa biang keringat bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti lipatan kulit yang membuat keringat tidak bisa keluar, baju terlalu ketat dan tebal, efek penggunaan krim, sabun atau bedak yang tidak cocok dengan kulit.

Penyakit ini paling sering ditemukan pada anak-anak, tetapi tidak menutup kemungkinan ini bisa terjadi pada semua umur. Biasanya ketika si kecil mengalami ini, ia akan menjadi sangat rewel dan terus-menerus menangis. Untuk menanggulangi dengan cepat maka periksalah dahi, leher dan tubuh yang selalu tertutup pakaian. Jika ada bintil-bintil kecil berwarna merah dan kadang berisi air itu adalah salah satu tanda terkena biang keringat.

Cara mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Cara mengatasi Biang Keringat pada Bayi (Ilustrasi/pixabay)

Untuk mengatasi, sekaligus mencegah terjadinya biang keringat pada tubuh si kecil, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Jaga kebersihan badan, pakaian, dan lingkungan sekitar bayi
Mandikanlah bayi Anda dengan rutin dua kali dalam sehari. Jika udara panas dan lembab yang membuat buah hati banyak berkeringat, sering-seringlah mengelap badannya supaya badannya tidak basah dengan keringat yang bisa menyebabkan bayi biang keringat.

Berikan baju yang menyerap keringat
Pakaian yang tidak terlalu tebal, dan longgar, misalnya dengan pakaian berbahan katun, sangat berguna karena mudah menyerap keringat. Jangan memberinya pakaian yang ketat atau terlalu rapat. Berilah kelonggaran pada bayi Anda dan usahakan udara bisa bebas melewati antara sela-sela baju.

Ingat! Gantilah baju bayi Anda dengan rutin atau jika telah kotor dan basah dengan keringat. Cuci baju bayi hingga bersih dan seterikalah supaya kuman-kumannya hilang.

Pilih obat gatal yang aman
Jika bayi biang keringat, berilah obat gatal untuk mengurangi rasa gatalnya. Pilih obat gatal yang aman untuk bayi dan ini bisa ditanyakan kepada dokter atau apoteker. Obat gatal ini bisa berupa bedak tabur ataupun bedak cair yang biasanya mengandung salisil.

Manfaatkan resep tradisional
Gunakan tepung kanji, cara tradisional ini telah terbukti berkhasiat. Taburi tepung ini setelah mandi, sama seperti saat Anda menaburkan bedak pada si kecil. Tepung kanji tidak memiliki efek samping terhadap kulit bayi. Coba untuk menaburkan tipis-tipis di permukaan yang teriritasi.

data-ad-format="link">

Bagikan informasi tentang Cara Jitu Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Jitu Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk Cara Jitu Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

7 − 1 =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 120.000
Ready Stock / YBL
SIDEBAR