Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Cara membakar lemak paling efisien

Cara membakar lemak paling efisien

Diposting pada 23 May 2014 oleh Summase S Pd

TOKOINA.COM  | Cara membakar lemak paling efisien– Ketika mencari di internet tentang bagaimana cara mengurangi timbunan lemak di tubuh Anda, berbagai informasi menarik pasti Anda dapatkan.

Mulai dari menggunakan pil ‘ajaib’ pembasmi lemak, hingga melakukan sit up ratusan kali dengan harapan timbunan lemak di bagian tertentu tubuh Anda hilang.

Padahal berbagai penelitian mengungkap bahwa sebenarnya tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa pil ajaib atau latihan tertentu yang Anda lakukan dapat mengurangi timbunan lemak di bagian tubuh yang Anda pilih.

Itulah sebabnya memahami proses pembakaran lemak di tubuh Anda jauh lebih penting ketimbang Anda menelan puluhan pil diet yang tidak sehat itu. Sekarang mari kita berbicara tentang lemak.
Dalam dunia kedokteran, lemak dikenal sebagai jaringan adiposa yang memiliki dua jenis, yakni lemak putih dan coklat.

Jaringan lemak putih (White Adipose Tissue)
Menyimpan lemak dalam selnya sebagai cadangan energi, tersebar diseluruh tubuh, terutama dirongga perut dan jaringan dibawah kulit. Fungsi lemak putih untuk menyimpan lemak sebagai cadangan energi di masa depan. Selain itu, ia berfungsi sebagai komponen dari sistem endokrin, dan membantu untuk membuat hormon estrogen. Walaupun fungsi ini penting bagi tubuh manusia, kelebihan estrogen yang ditemukan pada penderita obesitas diperkirakan berkontribusi terhadap berbagai penyakit.

Jaringan lemak coklat (Brown Adipose Tissue)
Terutama terdapat pada bayi yang lahir cukup bulan dan terbatas hanya di jaringan bawah kulit leher dan punggung. Jaringan ini makin berkurang dan menyusut pada anak yang lebih besar dan hanya tertinggal sedikit pada orang dewasa.

Keistimewaan lain dari jaringan ini adalah selnya dapat menyimpan hingga 40% lemak bayi. Kenaikan suhu tubuh oleh jaringan ini dapat terjadi hingga 3 kali lipat dibandingkan dengan kenaikan suhu akibat beraktivitas.

Dengan demikian, bayi tidak mudah kedinginan dan sebaliknya mudah kepanasan. Dibandingkan dengan orang dewasa muda, perbedaan daya tahan bayi terhadap udara dingin adalah kurang lebih 5 derajat Celcius dan sebaliknya terhadap udara panas.

Jadi, jika orang dewasa pada suhu udara 20 derajat Celcius sudah kedinginan, bayi belum merasakan kedinginan karena untuk bayi, suhu udara 20 derajat Celcius terasa hanya 25 derajat Celcius. Sebaliknya, jika orang dewasa pada suhu udara 25 derajat Celcius merasa cukup dingin, bayi sudah kepanasan karena terasa sama dengan suhu udara 30 derajat Celcius.

Awalnya lemak coklat ini disinyalir tidak dimiliki orang dewasa. Namun pada Januari 2014 silam, peneliti dari Garvan Institute of Medical Research di Australia menemukan bahwa orang dewasa masih memiliki lemak coklat dalam tubuhnya. Dan mereka yang memiliki lebih banyak lemak coklat diketahui bertubuh langsing.

Peneliti menambahkan bahwa jika 50 gr lemak biasa dapat menyimpan 300 kcal energi, maka 50 gr lemak coklat akan membakar 300 kcal perhari.

Waspada terhadap Lemak
Studi mencatat bahwa lemak tubuh biasanya terdapat di bawah permukaan kulit. Pria cenderung menyimpan lemak di daerah perut, dada dan bahu. Sedangkan wanita cenderung menyimpannya di pinggang, paha, dan lengan, sehingga terkadang membuat bentuk tubuh mereka seperti buah pir.

Timbunan lemak di perut atau yang biasa disebut dengan lemak visceral, juga diketahui lebih berbahaya daripada timbunan lemak di bagian tubuh lainnya. Lemak di perut sering dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, penyakit jantung, demensia, kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

Masih menjadi perdebatan tentang pengaruh lemak visceral terhadap risiko berbagai penyakit berbahaya tersebut.

Namun sebuah studi terbaru menyebutkan bahwa, tidak seperti lemak subkutan, sel-sel lemak visceral merilis produk metabolisme mereka langsung ke dalam darah, asam lemak sehingga bebas dari lemak visceral menumpuk di hati dan organ lainnya. Ini merusak regulasi tubuh terhadap insulin, gula darah, dan kolesterol dan menyebabkan masalah jantung.

Selain itu, sel-sel lemak visceral akan menghasilkan sejumlah besar protein yang berkontribusi terhadap kelainan metabolik, peradangan, dan penyakit jantung.

Cara efisien membakar lemak

Cara efisien membakar lemak (Ilustrasi/pixabay)

Menyingkirkan Lemak
Nah, Anda sudah tahu jenis-jenis lemak beserta fungsinya masing-masing. Sekarang mari kita simak bagaimana cara terbaik menyingkirkan lemak.

Seperti yang kita bahas di atas bahwa pil ajaib bukan satu-satunya jalan. Banyak penyedia obat-obatan tersebut yang mengklaim bahwa obat yang mereka tawarkan dapat mengurangi timbunan lemak, terutama lemak di perut (visceral).

Sayangnya FDA (Food and Drug Adminsitration) di Amerika tidak menganjurkan mengonsumsi obat-obatan tersebut untuk menurunkan berat badan. Bahkan dalam kemasan pil ajaib tersebut selalu disertakan tulisan “Harus disertai dengan diet dan latihan”. Artinya, bukan obatnya yang penting, melainkan diet dan latihannya.

Diet seimbang dengan memperhatikan asupan kalori yang masuk akan menjadi cara terbaik untuk mengendalikan berat badan, termasuk mengurangi timbunan lemak di tubuh Anda.

Di sisi lain, rutinitas latihan juga menjadi faktor penting kedua untuk membakar lebih banyak kalori yang Anda asup setiap hari. Latihan yang Anda lakukan dapat memecah sel-sel lemak dan menjadikannya sumber energi, sehingga tubuh Anda tidak lagi menyimpan cadangan energi berupa lemak.

Lebih lanjut peneliti menganjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan berindeks glikemik tinggi. Makanan ber-GI tinggi dapat mengakibatkan lonjakan gula darah sehingga tubuh memproduksi lebih banyak insulin. Ketika kadar gula menurun, kondisi ini akan memicu pelepasan kortisol. Insulin dan kortisol adalah dua hormon yang dapat memicu timbunan lemak.

Catechins adalah antioksidan yang terbukti ampuh membantu proses pembakaran lemak. Catechins banyak ditemukan pada teh hijau, cokelat, buah beri, dan apel.

Sedangkan untuk menjawab pertanyaan tentang latihan apa yang efektif untuk membakar lemak, berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam Journal of Sports Sciences pada April 2014, peneliti menyebutkan bahwa latihan aerobik yang dikombinasikan dengan latihan beban merupakan latihan paling efektif untuk membakar sel-sel lemak.

Khususnya bagi para wanita yang enggan latihan beban karena takut tubuhnya besar, ini bisa menjadi angin segar. Otot wanita tidak akan sebesar pria meski rajin latihan beban karena secara biologis berbeda. Kecuali Anda menyuntikkan sesuatu untuk memperbesar otot Anda.
Intinya, kombinasi latihan aerobik dan latihan beban adalah latihan terbaik untuk melangsingkan tubuh Anda.

Mengubah Lemak Putih Menjadi Lemak Coklat
Rutinitas latihan juga dapat membantu tubuh Anda mengubha lemak putih menjadi lemak coklat. Pada 2012, peneliti dari Harvard menunjukkan sebuah hormon yang terdapat dalam otot yang disebut, irisin, berhasil dikeluarkan ketika latihan. Hormon ini diketahui dapat mengubah lemak putih menjadi lemak coklat.

Cara lain untuk meningkatkan pembakaran lemak di tubuh Anda adalah dengan tidur dan mengelola stres. Kurang tidur dan sering stres dapat memicu pelepasan hormon kortisol sebagai hormon penimbun lemak.

data-ad-format="link">

Kesimpulannya, biarkan tubuh Anda menentukan sendiri di bagian mana lemak akan dikurangi. Dan tugas Anda adalah, memaksimalkan proses pembakaran lemak tersebut melalui diet seimbang, rutinitas latihan dan tidur yang nyaman. (DuniaFitnes.com)

Demikianlah artikel mengenai Cara membakar lemak paling efisien, semoga bermanfaat

Bagikan informasi tentang Cara membakar lemak paling efisien kepada teman atau kerabat Anda.

Cara membakar lemak paling efisien | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk Cara membakar lemak paling efisien

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

13 − 2 =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
Rp 250.000
Ready Stock / BCT
Rp 150.000
Ready Stock / YUNBAI
SIDEBAR