Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Cara menyapih paling tepat

Cara menyapih paling tepat

Diposting pada 12 July 2014 oleh Summase S Pd

Menyapih balita atau menghentikan dari menyusu bukanlah hal yang mudah. Lalu bagaimanakah cara menyapih bayi yang tepat agar tidak menyakiti perasaannya?

Bayi berhak mendapatkan ASI eksklusif selama enam bulan. Bila ibu sanggup, pemberian ASI bisa berlanjut hingga usia anak mencapai dua tahun. Setelah itu, balita harus melewati tahap penyapihan dari kebiasaan menyusui. Namun berhenti menyusu bukan hal mudah, karena telah menjadi rutinitas selama 24 bulan. Hingga beberapa ibu harus melakukan pelbagai cara untuk menghentikan hobi sang anak.

Menurut konsuler Asosiasi Ibu Menyusui (AIMI) Cilacap, Lubi Yuliati Faralin, menyapih yang ideal dilakukan kala balita berusia dua tahun. Jangan sampai kurang. Sebab tidak ada makanan atau susu formula yang mampu menandingi kualitas ASI.

Untuk menyapih, ibu bisa melakukan weaning with love dan harus mempunyai target. “Jika ditargetkan dua tahun, ASI pun harus diberhentikan kala buah hati berulang tahun kedua,” kata Lubi, Selasa, 8 Juli 2014.

Sebelum berumur dua tahun, sebaiknya sering memberikan pengertian kepada balita. Seperti mengalihkan perhatian balita terhadap ASI tanpa menyakiti perasaannya. “Jangan sampai menyapih dengan cara mengunci payu-dara atau mengolesinya dengan perasa pahit,” kata Lubi.

“Kalau begitu anak akan sakit hati. Jadi berilah pengertian yang menyenangkan hati mereka.”
Bagi ibu pekerja, Lubi memaklumi kesibukannya hingga sulit memberika ASI selama dua tahun. Namun jika sukses menyusui selama itu, secara tak langsung ibu mendapatkan KB alami. Pun dapat mengurangi risiko kanker payu-dara. Sebab ASI tersedot balita. “Dibandingkan dengan ibu yang menyapih dini, kemungkinan terkena risiko kanker lebih besar,” kata dia.

Cara menyapih paling tepat

Cara menyapih paling tepat (Ilustrasi/pixabay)

Anak yang menerima ASI sepanjang dua tahun pun bakal mendapatkan banyak manfaat. Seperti peningkatan kekebalan tubuh, kecerdasan, dan makin dekat dengan orang tua. Sebab ASI merupakan satu-satunya susu yang bersifat basa dan mengandung zat hidup serta antibodi. Semua itu tidak tercantum dalam susu mana pun, apalagi susu formula.

Soal susu formula, Lubi mengatakan, tidak ada yang baik dan sehat untuk bayi atau balita. Anak yang mengonsumsi formula pun sebaiknya berdasarkan resep dokter karena gangguan kesehatan tertentu. Atau sebab sang ibu mengalami gangguan kesehatan yang menghambat produksi ASI.
“Kalau di luar negeri, namanya bukan susu formula tapi formula baby. Karena isinya hanya formula,” kata dia. “Masyarakat Indonesia banyak menggunakan formula karena kurang mendapatkan informasi soal ASI.” (Plasadana.com / Yahoo!)

Transfer Factor Trifactor sebagai pengganti ASI

Pertama kali anda bertemu dengan molekul-molekul transfer factor adalah pada awal dari kehidupan itu sendiri yaitu ketika anda dilahirkan.

Dalam ASI terdapat Transfer Factor alami yang berfungsi sebagai nutrisi untuk sistem kekebalan tubuh. Jika ASI dihentikan, maka nutrisi untuk sistem kekebalan tubuh juga akan terhenti.

Pemberian ASI awal yang disebut colostrum memberikan si bayi pelajaran yang dibutuhkan untuk membangun sistem imunnya sendiri menjadi kuat dan cerdas. Bagian yang terpenting dari proses tersebut adalah pendidikan sistem imun bayi oleh transfer factor ibunya. Para ilmuwan telah meyebutkan bahwa Transfer Factor sebagai bagian yang memiliki kemampuan vital dalam berurusan dengan setiap ancaman dari luar tubuh seperti virus, kuman, jamur, parasit dan radikal bebas.

Untunglah 4Life Research telah menemukan dan mengembangkan Transfer Factor yang dibutuhkan oleh sistem imun tubuh kita.

data-ad-format="link">

Bagikan informasi tentang Cara menyapih paling tepat kepada teman atau kerabat Anda.

Cara menyapih paling tepat | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk Cara menyapih paling tepat

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

15 + eighteen =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR