Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Kapan Waktunya Mengganti Rem Kendaraan?

Kapan Waktunya Mengganti Rem Kendaraan?

Diposting pada 7 March 2014 oleh Summase S Pd

SITUS JUAL BELI DAN INFO PELUANG USAHA – Rem adalah kebutuhan yang sangat penting pada kendaraan karena terkait dengan sistem keselamatan berkendara. Bagaimana merawatnya?

Terkadang, pengguna kendaraan jarang memperhatikan kondisi rem. Jika sudah terdengar bunyi saat melakukan pengereman atau pedal rem terasa bergetar saat diinjak barulah pengecekan kondisi rem dilakukan. Padahal, jika rem bermasalah bisa berisiko bagi hilangnya nyawa.

Mekanik dari Bengkel Santosa Motor, Suparno mengatakan, agar rem bisa awet maka harus dirawat secara berkala. Utamanya, terkait kondisi kanvas rem dan minyak rem. Jika posisi minyak rem sudah menyentuh batas minimal, sebaiknya segera ditambahkan dengan yang baru agar rem tetap bekerja maksimal.

Selain itu, perlu juga mengganti minyak rem secara berkala. Sebab, kualitas rem dapat menurun seiring penggunaan kendaraan. Beberapa produsen kendaraan memberikan rekomendasi pergantian minyak rem dilakukan setiap 40.000 km atau setara 2 tahun sekali.

Sedangkan terkait kanvas rem untuk mobil matic, kata dia, pemakaiannya paling cepat setengah tahun dan paling lama satu tahun harus segera diganti. Sementara, jika mobil manual pemakaian kanvas rem paling cepat  satu setengah tahun dan paling lama dua tahun.

“Semua itu tergantung cara berkendara seseorang,” ujar Suparno.

Lebih lanjut Suparno memaparkan, untuk mengenali apakah kondisi rem sedang bermasalah, dapat dilihat dari posisi pedal rem dan suara pengereman. Jika posisi pedal terasa lebih rendah dibanding sebelumnya dan terdengar suara bising dari kanvas rem saat pedalnya ditekan, maka Anda harus segera memeriksanya.

“Kanvas rem yang mengeluarkan bunyi pasti karena kondisinya yang sudah tipis,” ujarnya.

Mengganti rem kendaraan

Mengganti rem kendaraan (Ilustrasi/pixabay)

Nah, ketipisan itu hanya (bertahan) satu atau dua bulan masa pakai. “Jika terjadi seperti itu, sebaiknya diganti yang baru karena kekuatannya hanya segitu, kasihan disc-nya,” papar Suparno.

Kanvas rem yang sudah terlalu tipis, lanjutnya, dapat mengurangi daya pengereman pada mobil. Selain itu, semakin tipis kanvas rem maka dapat membuat permukaan piringan rem mudah ditempeli banyak benda asing, sehingga mempercepat keausannya.

“Jika kondisi tersebut tetap dibiarkan, akan berdampak pada rusaknya disc dan bisa berakibat fatal bagi keselamatan,” tandasnya. (Sumber: http://id.berita.yahoo.com/kapan-waktunya-mengganti-rem-kendaraan-053910115.html)

Demikianlah artikel mengenai Kapan Waktunya Mengganti Rem Kendaraan?, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Bagikan informasi tentang Kapan Waktunya Mengganti Rem Kendaraan? kepada teman atau kerabat Anda.

Kapan Waktunya Mengganti Rem Kendaraan? | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk Kapan Waktunya Mengganti Rem Kendaraan?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

seventeen + seventeen =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 400.000
Ready Stock / BIOLO
Rp 650.000
Ready Stock / PS
SIDEBAR