Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Ketika Windows XP sudah tamat, apa yang harus dilakukan?

Ketika Windows XP sudah tamat, apa yang harus dilakukan?

Diposting pada 2 April 2014 oleh Summase S Pd

TOKOINA.COM – Windows XP hampir mati. Pada 8 April 2014, Microsoft akan menghentikan dukungannya terhadap sistem operasi kuno yang dirilis pada 2001 – dan pernah digunakan oleh 400 juta orang tersebut.

Mungkin Anda berpikir bahwa sebuah sistem operasi yang dikembangkan pada akhir 90-an tersebut akan sepenuhnya dinonaktifkan dan tidak lagi dipakai saat ini. Soalnya, sejak XP beredar, Microsoft telah merilis beberapa versi pengganti yaitu: Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8 (yang baru-baru ini diupgrade menjadi Windows 8.1)

Tapi ada sesuatu tentang Windows XP. Sistem ini sangat sederhana, cukup cepat dan cukup baik untuk banyak orang. Sistem ini juga masih dijalankan oleh lebih dari 10 persen komputer di dunia, sebagian besar digunakan di Cina.

Namun, ini sudah waktunya. Sulit untuk mempertahankan sistem operasi tua ini agar sesuai dengan situasi hari ini. XP tetap bekerja, tapi tidak dibangun dengan tingkat keamanan yang sama seperti sistem operasi modern. Microsoft tidak ingin terus mengeluarkan upgrade keamanan yang baru untuk sistem tersebut, sehingga pada 8 April, XP dihentikan. Tidak ada lagi update sistem keamanan. Tidak ada lagi dukungan. Komputer XP Anda masih akan bekerja, namun Microsoft tidak akan membantu Anda lagi. Microsoft cukup tegas mengenai masalah ini: “XP tidak bisa dianggap aman untuk digunakan setelah dukungan dihentikan.”

Microsoft mendesak Anda untuk segera melakukan upgrade. Bahkan ada sebuah situs yang juga mengabarkan bahwa dunia XP akan berakhir: AmIRunningXP.com. Microsoft juga memiliki info lebih lanjut mengenai maksud dari “menghentikan dukungan”. Jujur, berhenti memakai XP akan menjadi hal yang cerdas untuk dilakukan. Sistem operasi yang terbaru lebih mudah digunakan (setidaknya untuk sebagian besar dari sistem tersebut), mereka menjalankan aplikasi baru yang keren dan pasti lebih aman.

Ketika Windows XP sudah tamat, apa yang harus dilakukan? 1

Tapi bagaimana Anda beralih dari komputer lama yang dijalankan XP ke versi modern?  Ada beberapa ide yang buruk dalam hal ini, di antaranya:

Ide buruk nomor 1: Jangan khawatirkan tentang transisi tersebut
Kelihatannya komputer yang dijalankan Windows XP ini tidak akan benar-benar berhenti bekerja pada 9 April. Jadi jangan khawatirkan soal itu; tetaplah menggunakannya.

Kenapa ini dianggap ide buruk? Masalah pada sistem operasi lama adalah bahwa XP tidak lagi bisa mengimbangi kecepatan dari bahaya di era modern. Sistem operasi tersebut harus sering ditambal (diupdate) untuk tetap aman dari pencurian data. Setelah 8 April, tidak akan lagi ada update.

Namun jika Anda tetap akan menggunakan XP untuk sementara waktu, pastikan setidaknya sistem tersebut berada dalam versi terbaru atau Service Pack 3. Setelah 8 April, Anda tidak bisa lagi untuk melakukan upgrade. Perangkat update Windows harus melakukannya sendiri. Memastikannya berjalan baik.

Microsoft mengatakan pihaknya akan terus memberikan update untuk “aplikasi  dan mesin antimalware untuk pengguna Windows XP pada 14 Juli 2015,” sehingga Anda bisa terus menggunakan aplikasi antivirus bawaan, Microsoft Security Essentials. Artinya, Anda bisa terus menggunakan XP asalkan sudah memiliki MSE. Setelah 8 April, MSE sendiri juga tidak lagi tersedia untuk diunduh. Anda juga bisa mendapatkan alat antivirus yang mungkin lebih baik dari vendor lain. PC Pro merekomendasikan Avast 2014. Ini gratis, dan menurut mereka lebih baik dari Security Essentials keluaran Microsoft.

Tapi jangan senang dulu, karena menurut Microsoft, bahkan perangkat lunak keamanan yang up-to-date saja tidak bisa menyelamatkan Anda jika sistem operasi itu sendiri tidak aman. Dan Windows XP itu sudah tidak aman. Microsoft mengatakan, “penelitian kami menunjukkan bahwa efektivitas solusi anti-malware pada sistem operasi yang lepas dari dukungan itu terbatas. Menjalankan solusi yang terproteksi dengan baik dimulai dengan menggunakan perangkat lunak modern dan perangkat keras yang didesain untuk membantu melindungi dari ancaman yang ada saat ini.”

Jadi Anda bisa tetap menggunakan XP, tapi tanpa perlu menghadapi risiko. Anda mungkin tidak perlu menghubungkannya ke Internet, dan bahkan memasang USB drive saja bisa jadi tidak aman.

Ide Buruk nomor 2: Upgrade ke Windows 8, seperti yang dinginkan Microsoft
Kenapa tidak coba untuk menggunakan versi terbaru dari Windows? Ini keren lho!

Ada dua alasan besar kenapa ini dianggap ide yang buruk. Pertama: Versi terbaru ini mungkin tidak akan bekerja dengan baik. Mesin lama Windows XP Anda mungkin tidak memiliki cukup kekuatan, ruang hard disk, atau perangkat keras untuk menjalankan Windows 8.

Kedua: Anda akan membencinya. Windows 8 (termasuk 8.1) memiliki dua antarmuka terpisah. Pertama, antarmuka seperti desktop Windows, tampilan yang biasanya ada di XP, yang akan membuat Anda tidak nyaman, dan yang kedua adalah antarmuka yang khusus diperuntukkan untuk layar sentuh. Tidak jadi masalah jka Anda memiliki tablet. Tapi mesin XP Anda bukan tablet.

Anda bisa menghindari antarmuka layar sentuh berbentuk ubin, tapi tidak sepenuhnya. Hal ini muncul dari waktu ke waktu, biasanya ketika Anda sedang tergesa-gesa dan stres, kemudian frustrasi ketika itu terjadi.

Anda juga bisa mengambil risiko dan mendapatkan komputer dengan sistem Windows 8 yang baru. Sistem ini tidak mahal sama sekali. Hanya saja, mereka asing.

Jika Anda menggunakan mesin Windows 8, Microsoft memilik alat untuk memindahkan data Anda dari XP ke Windows 8 dengan mudah.

Ide buruk nomor 3: Berganti ke Linux
Sistem operasi yang disebut Linux itu stabil, cepat, murah dan gratis, serta akan menjalankan mesin XP lama Anda lebih baik dari Windows 8. Sistem tersebut bisa melakukan semua yang bisa dilakukan XP

Namun kenapa ini dianggap ide buruk: Sistem ini adalah sebuah platform untuk para penggila komputer. Hanya sedikit orang yang Anda tahu – kecuali jika Anda mengetahui banyak programmer – akan bisa membantu Anda mengatasi ini. Dan perangkat lunak Windows Anda tidak akan bekerja. Jika Anda memiliki aplikasi yang Anda suka, Anda harus menemukan aplikasi Linux yang setara untuk aplikasi tersebut. Akan lebih baik jika anda beralih ke sistem operasi yang ramah konsumen.

Ide buruk nomor 4: Dapatkan Chromebooks
Chromebooks baru yang eksentrik, laptop yang berpusat pada web milik Google. Chromebooks ini murah dan bisa bekerja sangat baik dengan banyak aplikasi online, dan mudah untuk di-share.

Ketika Windows XP sudah tamat, apa yang harus dilakukan? 2

Tapi kenapa ini dianggap ide yang buruk? Karena Chromebooks bergantung pada koneksi Internet. Beberapa fungsi dan aplikasi akan tetap bekerja jika tidak terhubung dengan Internet, namun sebagian besar tetap harus terhubung dengan Internet. Dan Chromebooks tidak menjalankan program-program umum Windows (Photoshop, Quicken, iTunes dan lain sebagainya). Chromebooks  bekerja sangat luar biasa untuk tujuan dan  orang-orang tertentu (seperti anak-anak di rumah atau di sekolah), tapi belum cukup siap untuk menggantikan Mac atau Windows PC bagi semua orang.

Tidak suka dengan ide-ide buruk di atas? Cobalah salah satu dari petunjuk ini:

Ide yang lebih baik nomor 1: Upgrade ke Windows 7
Versi Windows yang lebih dulu dikeluarkan sebelum Windows 8 benar-benar sangat bagus. Sistem ini stabil dan secara koseptual mirip dengan Windows XP sehingga untuk melakukan transisi tidak akan sulit.

Ini mungkin bukan sebuah solusi yang sempurna. Mesin Anda mungkin tidak punya kekuatan mencukupi untuk menjalankan Windows 7, karena membutuhkan komputer yang benar-benar lebih kuat untuk menjalankan Windows 7 lebih baik dari Windows 8. Tapi untuk saat ini Anda masih bisa membeli Windows 7 (meskipun belum jelas apakah Microsoft masih memproduksi disk Windows 7), dan beberapa vendor perangkat keras masih menjual komputer yang didukung Windows 7.

Microsoft benar-benar ingin semua dari Anda menggunakan Windows 8, tentunya. Seorang juru bicara dari Microsoft berusaha keras mengingatkan saya bahwa Windows 8 lebih aman, lebih cepat dan menghabiskan energi yang lebih sedikit dari Windows 7.

Namun versi terbaru Windows yang paling mudah untuk dipelajari setelah Windows XP adalah Windows 7, sehingga jika Anda hanya menggunakan Windows untuk menjalankan aplikasi tertentu, itu adalah pilihan yang sangat baik.

Ide lebih baik nomor 2: Cobalah menggunakan Mac

Anehnya, yang lebih mudah lagi adalah beralih dari Windows XP ke sistem operasi Macintosh, OS X, dibandingkan ke Windows 8.1. Ada perbedaan kecil yang cukup menjengkelkan, namun secara konseptual OS X cukup mirip dengan Windows XP (dan setiap versi lain dari Windows selain Windows 8). Hal ini tidak membutuhkan waktu yang lama bagi semua orang untuk beradaptasi, Sebagian besar (tidak semua) aplikasi bagus tersedia dalam versi Mac, dan file data Anda bisa ditransfer dengan cepat.

Langkah ini tergolong mahal, harga Mac baru yang termurah saja sebesar $600 atau setara Rp6,78 juta (Mac Mini level pemula; Anda bisa menggunakan layar, mouse dan keyboard dari komputer Windows lama Anda). Beberapa laptopnya dimulai dengan harga $1000 (sekitar Rp11,3 juta) dan dekstopnya seharga $1.300 (sekitar Rp14,7 juta). Mesin Windows yang lengkap hari ini dimulai dalam kisaran harga $300 (sekitar Rp3,4 juta), atau yang lebih lengkap lagi sekitar $600 (sekitar Rp6,78). Jika Anda mampu membelinya, dan Anda bukan orang yang hanya ingin menggunakan perangkat lunak Windows XP spesifik, Mac menjadi pilihan yang pas.

Anda tidak sendiri
Kenapa banyak orang masih menggunakan Windows XP? Beberapa orang tetap menggunakan mesin yang lama untuk tujuan tertentu, seperti perangkat lunak yang hanya bisa dijalankan XP dan semacamnya. Beberapa lainnya mengatakan bahwa jika mereka memiliki komputer yang bisa bekerja untuk apa yang mereka inginkan, tidak ada alasan untuk menghabiskan uang dan waktu melakukan upgrade.

Hanya karena produsen menganggap salah satu produknya usang, bukan berarti setiap orang yang menggunakan produk tersebut harus juga berhenti menggunakannya. Namun, seiring waktu, produk usang di dunia modern akan melahirkan berbagai masalah, atau tidak akan ada orang yang memperbaikinya, atau beberapa produk yang jadi tumpuan juga gagal, dan penggantian yang tidak akan tersedia lagi. Itu sama halnya jika Anda masih mengendarai mobil buatan tahun 1976.

data-ad-format="link">

Ketika Anda masuk ke bagian dari siklus ini, Anda terpaksa harus melanjutkannya. Tapi Anda memiliki banyak pilihan ketika Anda memutuskan untuk melakukannya – dan mungkin pilihan tersebut bisa jadi bukan yang direkomendasian pihak produsen.

Oleh Rafe Needleman (Yahoo! News)

Demikianlah artikel mengenai Ketika Windows XP sudah tamat, apa yang harus dilakukan? Bagaimana menurut Anda?

Bagikan informasi tentang Ketika Windows XP sudah tamat, apa yang harus dilakukan? kepada teman atau kerabat Anda.

Ketika Windows XP sudah tamat, apa yang harus dilakukan? | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk Ketika Windows XP sudah tamat, apa yang harus dilakukan?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

8 + eleven =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 120.000
Ready Stock / YBL
Rp 125.000
Ready Stock / DRP
SIDEBAR