Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Kondisi kesehatan dari warna lidah

Kondisi kesehatan dari warna lidah

Diposting pada 16 October 2018 oleh Summase S Pd
5/5 (1)

Kondisi kesehatan dari warna lidah – Apakah Anda pernah memperhatikan lidah Anda di cermin? Dan mungkin, terkadang kita memeriksakan kesehatan di dokter, dan menyuruh kita untuk menjulutkan lidah. Tahukah Anda bahwa warna lidah mencerminkan kondisi kesehatan seseorang.

Ternyata, banyak hal yang bisa menyebabkan warna lidah menjadi berubah. Ketebalan lapisan yang menempel di lidah berkorelasi dengan tingkat keparahan suatu kondisi kesehatan seseorang. Sementara lidah yang sehat berwarna merah muda. Berikut panduan untuk memprediksi kondisi kesehatan dari warna lidah dan apa yang harus Anda lakukan sehubungan dengan hal tersebut.

Kondisi kesehatan dari warna lidah

Kondisi kesehatan dari warna lidah

Kondisi kesehatan dari warna lidah

Lidah berwarna merah muda.

Lidah berwarna merah muda, menunjukkan kondisi kesehatan yang normal atau sehat.

Lidah Berwarna Putih

Lapisan putih tebal di permukaan lidah, yang biasa juga dikenal sebagai Leukoplakia, bisa berasal dari asap rokok atau iritasi pada lidah. Berbeda dengan sariawan, yang warnanya seperti lapisan keju di lidah. Lapisan putih tebal tersebut  sering dikaitkan dengan diabetes atau melemahnya sistem kekebalan tubuh. Leukoplakia paling sering terjadi pada orang yang terlalu banyak merokok.

Leukoplakia terbentuk secara bertahap, sehingga bisa saja tidak diperhatikan oleh pasien, untuk itu sebaiknya melakukan pemeriksaan rutin kepada dokter.

Lidah berwarna putih juga kadang mengindikasikan bahwa seseorang sedang mengalami dehidrasi atau terkena infeksi bakteri dan jamur.

Lidah Berwarna Merah seperti pulau-pulau kecil.

Lidah yang berwarna merah seperti pulau-pulau kecil biasa disebut dengan lidah geografis, Namun lidah seperti ini sangat dan tidak berbahaya.

Lidah berwarna merah lainnya juga bisa menunjukkan kondisi tubuh yang terkena infeksi, pembengkakan, atau inflamasi (peradangan). Sementara lidah berwarna merah terang biasa dikaitkan dengan penyakit jantung.

Warna merah pada Ujung Lidah

Warna merah pada  ujung lidah dapat menandakan kondisi stres mental atau emosional. Biasanya akan normal kembali dengan sendirinya seiring dengan perubahan kondisi emosional. Selain itu, obat-obatan psikologis dapat mengubah aliran saliva dan hidrasi mulut yang dapat mempengaruhi kondisi mulut secara keseluruhna, begitu juga dengan warna lidah.

Baca juga: 6 Tips mengelola stres.

Lidah berwarna Hitam dan Berambut.

Lidah berwarna hitam bisa terjadi karena adanya pertumbuhan bakteri, atau bisa juga karena kebiasaan merokok.

Cara melakukan perawatan jika lidah berwarna hitam:

  • Menjaga kebersihan mulut
  • Menyikat gigi tiga kali sehari,
  • Flossing,
  • Berhenti merokok.
  • Menyikat lidah harus dilakukan setiap kali menyikat gigi.

Lidah berwarna kuning

Lidah berwarna kuning bisa menandakan masalah hati atau perut. Lidah yang berwarna kuning bisa menjadi tanda awal penyakit yang berangsur-angsur mengarah ke lidah berwarna coklat atau hitam.

Selain itu, penyebab lidah berwarna kuning yang paling umum ialah kurangnya menjaga kebersihan gigi, merokok, atau karena pengaruh obat-obatan tertentu. Menjaga kebersihan gigi merupakan cara untuk mengatasi hal tersebut. Namun jika hal tersebut tidak mengalami perubahan hanya dengan menjaga kebersihan gigi, maka sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Lidah Berwarna Coklat

Lidah berwarna coklat biasanya berasal dari apa yang Anda makan atau minum. Perubahan warna coklat pada lidah bisa karena selalu minum kopi berat atau merokok. Jika lidah berwarna coklat permanen, itu bisa berarti Anda mengalami masalah paru-paru, apalagi jika Anda perokok berat.

Lidah Berwarna Biru atau Ungu.

Lidah berwarna biru atau ungu bisa menjadi indikator gangguan jantung. Jika jantung tidak memompa darah dengan benar, atau jika ada kekurangan oksigen dalam darah, lidah bisa berubah menjadi ungu kebiruan. Jika Anda melihat lidah Anda berwarna biru atau ungu, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.

Lidah berwarna pucat.

Lidah berwarna pucat dapat menjadi tanda-tanda kekurangan vitamin atau nutrisi, khususnya vitamin B12 dan vitamin A. Jika hal ini terjadi, maka dokter akan menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 atau vitamin A, atau mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B12 dan vitamin A.

Anda bisa mengonsumsi lebih banyak makanan yang kaya vitamin A, seperti wortel, ubi jalar, labu, melon, bayam, dan kangkung, serta makanan yang kaya vitamin B12, seperti hati, ikan, daging sapi, dan sereal.

data-ad-format="link">

Demikianlah artikel mengenai Kondisi kesehatan dari warna lidah, semoga bermanfaat. Jika Anda melihat sesuatu yang aneh di lidah Anda, tetaplah tenang dan jangan mencoba mendiagnosis diri sendiri. Sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Bagikan informasi tentang Kondisi kesehatan dari warna lidah kepada teman atau kerabat Anda.

Kondisi kesehatan dari warna lidah | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Komentar dinonaktifkan: Kondisi kesehatan dari warna lidah

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 100.000
Ready Stock / DRLIZASAM
Rp 100.000
Ready Stock / CNIGC
Rp 250.000
Ready Stock / AVS
SIDEBAR