Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » 7 Penyebab tangan dan kaki bengkak

7 Penyebab tangan dan kaki bengkak

Diposting pada 25 July 2018 oleh Summase S Pd
5/5 (1)

Pembengkakan merupakan salah satu hal yang biasa kita alami. Mengapa pembengkakan terjadi, apa yang dapat kita lakukan jika mengalaminya dan kapan harus dokter. Sebelum menjawab semua pertanyaan tersebut, inilah penyebab tangan dan kaki bengkak yang perlu Anda ketahui.

Penyebab tangan dan kaki bengkak

  • Duduk atau berdiri

Sebagian besar dari kita menghabiskan banyak waktu untuk duduk atau berdiri. Itu bisa saja karena duduk atau berdiri menjadi bagian dari pekerjaan atau kehidupan kita di rumah, tetapi terlalu banyak duduk atau berdiri dapat berkontribusi pada kaki bengkak atau pergelangan kaki yang bengkak. Duduk atau berdiri berjam-jam dapat berkontribusi pada penurunan sementara dalam kemampuan tubuh Anda untuk memiliki kualitas sirkulasi.
Jika duduk atau berdiri terlalu lama, maka yang terjadi ialah otot-otot di kaki, pergelangan kaki dan kaki menjadi rileks dan tidak berkontraksi sama seperti ketika kita sedang aktif. Ini akan menyebabkan aliran darah ke dan dari kaki, dan pergelangan kaki menjadi lambat. Akibatnya, penyatuan sementara darah dan cairan terjadi di daerah-daerah tersebut yang menyebabkan pembengkakan.

Untuk mengatasi atau mencegah hal ini, gantilah posisi secara teratur. Angkat kaki atau bangun dan jalan-jalan. Hal tersebut akan membantu otot berkontraksi dan mengembalikan sirkulasi darah ke jalurnya.

  • Berolahraga atau panas
Penyebab tangan dan kaki bengkak

Penyebab tangan dan kaki bengkak

Berolahraga atau hanya berada di udara panas juga bisa menyebabkan bengkak. Panas memicu respons pendinginan pada tubuh kita, yang menyebabkan kita berkeringat, dan pembuluh darah menuju permukaan kulit kita mengembang. Hal ini akan menyebabkan pembengkakan.

  • Terlalu banyak mengonsumsi garam

Terlalu banyak mengonsumsi makanan asing dapat menyebabkan pembengkakan. Makanan-makanan seperti roti, makanan cepat saji, makanan kaleng dan snack biasanya mengandung natrium, soda kue, natrium bikarbonat, monosodium glutamat atau nama lainnya, semuanya sama-sama mengandung terlalu banyak garam dapat menyebabkan retensi cairan.
Untuk mencegah atau mengatasi pembengkakan akibat makanan asin, hindari makanan cepat saji.

  • PMS

PMS yang biasanya mengunjungi wanita seminggu sebelum periode mensnya, menyebabkan banyak gejala yang tidak menyenangkan, termasuk lekas marah, kecemasan, insomnia, kelelahan, nyeri dada dan pembengkakan terutama pada tangan, atau kaki yang disebabkan oleh retensi air. Untuk mencegah pembengkakan akibat PMS, sangat penting untuk menghindari kelebihan natrium selama waktu ini, meskipun tidak ada jaminan hal itu akan membebaskan Anda.

  • Kehamilan

Penyebab lain pembengkakan ialah kehamilan, terutama selama trimester kedua dan ketiga. Hormon berlimpah selama kehamilan yang dapat menyebabkan beberapa ligamen dan sendi untuk sementara berkembang. Ukuran dan posisi bayi dapat menurunkan sirkulasi yang dapat mengakibatkan tangan dan kaki bengkak. Berdiri dan duduk yang lama dapat memperburuk masalah ini, dan itu bisa menjadi lebih bermasalah menjelang saat-saat kelahiran.
Menaikkan kaki dapat mengurangi pembengkakan akibat kehamilan, namun jika pembengkakan pada tangan, kaki dan wajah datang tiba-tiba, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, karena hal ini bisa menjadi pertanda suatu masalah.

  • Obat-obatan tertentu

Obat-obatan dapat membantu mengobati kondisi atau penyakit, tetapi beberapa diatntaranya memiliki efek samping, termasuk pembengkakan. Obat tekanan darah tertentu serta pereda nyeri anti-inflamasi yang dijual bebas memiliki potensi untuk berkontribusi pada efek samping pembengkakan tangan dan pergelangan kaki.
Dokter atau apoteker dapat membantu menentukan apakah obat yang hendak dikonsumsi dapat berkontribusi terhadap pembengkakan, tetapi jangan berhenti minum obat hanya karena takut terjadi pembengkakan. Itulah sebabnya, sebaiknya berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsi obat.

  • Kondisi kesehatan tertentu

Sementara kebanyakan pembengkakan bersifat sementara dan cepat sembuh, ada kondisi kesehatan tertentu di mana pembengkakan merupakan gejala dan harus dieksplorasi oleh dokter. Kondisi medis seperti lymphedema atau sistem limfatik tidak berfungsi sebagaimana mestinya, penyakit hati, jantung dan ginjal, diabetes, penyakit tiroid, arthritis dan reaksi alergi juga dapat menyebabkan pembengkakan pada tangan dan kaki.

Demikianlah artikel mengenai Penyebab tangan dan kaki bengkak, semoga bermanfaat. Pembengkakan merupakan respons fisiologis normal terhadap kondisi tertentu, obat-obatan, makanan yang kita konsumsi dan hormon kita, tetapi beberapa kasus memerlukan pemeriksaan dokter. Jika Anda mengalami gejala lain, seperti rasa sakit, demam, sesak napas, nyeri dada atau perkembangan pembengkakan yang cepat, maka Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.

data-ad-format="link">

Bagikan informasi tentang 7 Penyebab tangan dan kaki bengkak kepada teman atau kerabat Anda.

7 Penyebab tangan dan kaki bengkak | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk 7 Penyebab tangan dan kaki bengkak

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

2 × 4 =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR