Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Peradangan: Pengertian, Jenis, Penyebab, dan Cara Menguranginya

Peradangan: Pengertian, Jenis, Penyebab, dan Cara Menguranginya

Diposting pada 4 August 2018 oleh Summase S Pd
5/5 (1)

Peradangan: Pengertian, Jenis, Penyebab, dan Cara Menguranginya –  Peradangan merupakan respons perlindungan tubuh terhadap cedera, infeksi, atau bahaya, namun tidak selalu terkait dengan kondisi kesehatan yang buruk. Peradangan dalam jangka pendek merupakan proses yang sepenuhnya normal. Ada dua jenis peradangan yang harus diketahui yaitu peradangan akut dan kronis, kedua jenis peradangan ini sangat berbeda satu sama lain.

Peradangan Akut vs Kronis

Peradangan akut, atau peradangan jangka pendek disebabkan oleh trauma luar yang tiba-tiba pada tubuh Anda, seperti jari yang teriris atau kaki yang terbentur. Jika diperhatikan, area yang terkena peradangan menjadi bengkak, merah, dan mungkin terasa hangat saat disentuh, peradangan jenis ini hanyalah bagian dari proses penyembuhan, dan sebaga tanda bahwa sel darah putih dari sistem kekebalan tubuh bekerja keras untuk memperbaiki tubuh yang sakit. . Respons imun serupa terjadi ketika seseorang terkena flu atau radang paru-paru, dan pada akhirnya tubuh akan kembali ke keadaan normal, yaitu sehat.

Sedangkan peradangan kronis atau yang sedang berlangsung yang merupakan kondisi yang jauh lebih mengkhawatirkan. Sama dengan sistem pertahanan alami tubuh namun dalam kondisi yang parah. Misalnya saja adanya racun berbahaya dalam tubuh yang dapat menyebabkan sel darah putih rusak. Sistem imun mungkin tidak sepenuhnya membasmi racun, atau mungkin juga mulai menyerang sel-sel yang sehat. Tanda-tanda bahwa tubuh mengalami peradangan kronis dapat berupa meningkatkan lemak perut, masalah gastrointestinal persisten, dan peningkatan kadar glukosa darah. Jika tubuh tetap dalam keadaan peradangan kronis selama jangka waktu yang panjang, maka seseorang memiliki risiko lebih besar menderita penyakit kronis seperti rheumatoid arthritis, penyakit Crohn, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan Alzheimer.

Rheumatoid arthritis merupakan salah satu dari 20 Penyakit yang harus diwaspadai wanita.

Penyebab peradangan

Peradangan: Pengertian, Jenis, Penyebab, dan Cara Menguranginya

Peradangan: Pengertian, Jenis, Penyebab, dan Cara Menguranginya

Peradangan kronis dapat disebabkan oleh faktor kesehatan, lingkungan, dan diet. Asap ro**kok, mengonsumsi alko**hol yang berlebihan, alergi makanan, kesehatan usus yang buruk, kurang olahraga, stres, kurang tidur, dan masih banyak lagi yang dapat memicu peradangan pada tubuh. Jika kebiasaan tersebut menjadi kebiasaan jangka panjang, maka peradangan bisa menjadi kronis.

Baca juga: 27 Makanan penurun hormon stres.

Diet yang tidak sehat, pada khususnya, telah dikaitkan dengan peradangan. Mengonsumsi terlalu banyak kalori, lemak tidak sehat (lemak jenuh, lemak trans, dan lemak omega-6), karbohidrat olahan, dan gula tambahan merupakan faktor risiko penyebab peradangan. Makanan yang biasa kita kaitkan dengan peradangan termasuk protein hewani seperti daging merah, produk makanan olahan, makanan cepat saji, dan soda.

Cara Mengurangi Peradangan

Melakukan diet yang sehat dan seimbang, berolahraga secara teratur, dan membentuk pola tidur yang baik merupakan beberapa cara terbaik untuk mencegah peradangan pada tubuh. Batasi (atau hindari) daging merah, karbohidrat olahan, dan makanan olahan, dan sebaiknya berbelanja bahan makanan di pasar-pasar tradisional atau langsung pada petaninya.

Banyak makanan anti-radang yang bisa ditambahkan dalam menu diet kita seperti brokoli, salmon, alpukat, tomat, dan rempah-rempah seperti kunyit, dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh. Makanan kaya serat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, kubi jalar, sayuran hijau seperti kubis juga dapat berperan dalam mengurangi peradangan dan sebagai mikrobioma yang lebih sehat.

Untuk diet yang secara alami penuh dengan makanan anti-radang, Anda bisa mencoba Diet Mediterania. Cara makan yang menyehatkan jantung ini menekankan pada makanan nabati, lemak tak jenuh sehat, biji-bijian utuh, dan sesekali segelas anggur merah. Diet Mediterania juga mempromosikan gaya hidup yang lebih sehat dengan mendorong latihan dan interaksi sosial, keduanya terkait dengan tingkat stres yang lebih rendah.

Terakhir, memasak makanan sehat di rumah dan mengurangi makan di luar, merupakan salah satu cara termudah untuk mengelola diet. Lakukan hal ini, maka Anda akan secara alami mengonsumsi lebih banyak makanan anti-peradangan dan merasa lebih sehat. Rekomendasi produk untuk peradangan: British Propolis.

Dengan memperbaiki pola makan, berolahraga secara teratur, atau mengurangi tingkat stres, akan mengurangi peradangan di tubuh Anda, sehingga Anda bisa merasakan hidup yang lebih sehat dalam jangka panjang.

Demikianlah Peradangan: Pengertian, Jenis, Penyebab, dan Cara Menguranginya, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Bagikan informasi tentang Peradangan: Pengertian, Jenis, Penyebab, dan Cara Menguranginya kepada teman atau kerabat Anda.

Peradangan: Pengertian, Jenis, Penyebab, dan Cara Menguranginya | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk Peradangan: Pengertian, Jenis, Penyebab, dan Cara Menguranginya

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

three × three =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 75.000
Ready Stock / CNISC
SIDEBAR