Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Tips Agar Lekas Hamil

Tips Agar Lekas Hamil

Diposting pada 5 October 2013 oleh Summase S Pd

Tokoina.com – Kehamilan merupakan karunia Tuhan Yang Maha Kuasa, meskipun Anda sudah berusaha setiap hari, tapi tetap saja Tuhan yang menentukan, karena kehamilan itu merupakan anugerah dari Tuhan. Manusia hanya bisa berusaha dan berdoa.

Secara teori, kehamilan terjadi bila ada pertemuan antara s.p.e.r.m.a dan sel telur.
Pertemuan tersebut memerlukan kualitas s.p.e.r.m.a yang baik, sel telur yang baik serta saluran yang juga baik. Bila salah satu faktor di atas (s.p.e.r.m.a, sel telur atau saluran) tidak baik, maka kemungkinan terjadinya kehamilan menjadi kecil.

Kualitas s.p.e.r.m.a dapat diperiksa dengan melakukan analisis s.p.e.r.m.a pada laboratorium. Sementara kualitas sel telur serta saluran yang memungkinkan pertemuan s.p.e.r.m.a dan sel telur, memerlukan pemeriksaan yang lebih banyak, diantaranya pemeriksaan USG dan pemeriksaan hormonal. Sehingga pemeriksaan laki-laki dan wanita harus dilakukan secara bersama-sama: tidak boleh hanya salah satu pasangan saja yang dilakukan pemeriksaan.

Beberapa faktor yang dapat berpengaruh terhadap terjadinya kehamilan, sebagai berikut:

Gaya hidup sehat
•    Konsumsi makanan yang bergizi.
•    Konsumsi suplemen multivitamin.
•    Hindari makanan yang dapat meningkatkan kegemukan (obesitas).
•    Olahraga yang teratur.
•    Hentikan kebiasaan mero**kok dan minum alko**hol.

Kondisi dan kebersihan organ reproduksi
•    Perhatikan kelembaban daerah reproduksi terutama pada wanita.
•    Suhu yang terlalu panas (misalnya berendam dalam air panas dalam waktu lama) dapat merusak s.p.e.r.m.a
•    Menjaga kebersihan dengan penggunaan cairan pembersih secara terus menerus merupakan suatu kebiasaan yang kurang baik.

Stres
Stres merupakan suatu kondisi yang sulit dikendalikan, terutama bila berhubungan dengan kehamilan. Faktor stres ini yang seringkali menghambat terjadinya kehamilan, karena stres dapat mengakibatkan gangguan hormonal yang dapat berdampak terhadap terjadinya kehamilan.

Waktu berhubungan

Tips lekas hamil

Tips lekas hamil (Ilustrasi/pixabay)

Seorang wanita dalam kondisi yang baik akan mengalami siklus haid yang normal, di mana pada pertengahan siklus akan mengalami masa subur. Perhitungan masa subur pada setiap wanita berbeda-beda. Berhubungan intim harus dilakukan pada masa subur ini. Banyak kasus yang ditemui bahwa kesulitan terjadinya kehamilan karena waktu berhubungan yang tidak dilakukan pada masa subur.

Pada masa subur biasanya seorang wanita akan merasakan beberapa perubahan pada tubuhnya misalnya perubahan suhu badan, tetapi tidak semua wanita dapat merasakan perubahan tersebut. Penghitungan masa subur dewasa ini dapat dibantu dengan menggunakan alat pendeteksi masa subur yang bisa didapatkan di apotek. Pemberian obat-obat untuk merangsang masa subur kadang diperlukan, tetapi penggunaannya harus diawasi dengan ketat, agar tidak timbul efek samping yang merugikan di kemudian hari.

 

Konsultasi dengan dokter 
Penting bagi pasangan suami istri untuk berkonsultasi dengan dokter bila segala usaha telah dilakukan tetapi tidak membuahkan hasil. Konsultasi ini diperlukan untuk mengobati kelainan yang ada serta memantau sejauh mana keberhasilan pengobatannya. Sehingga harus dipahami bahwa pengobatan untuk mendapatkan keturunan kadang kala membutuhkan waktu yang panjang.

Harus diingat juga bahwa yang wajib berkonsultasi adalah suami dan istri, tidak boleh hanya salah satu pasangan saja.

Demikianlah artikel mengenai tips agar lekas hamil, semoga bermanfaat.

Ditulis oleh dr. Ricky Susanto, M.Kes, SpOG yang berpraktik di RS Bethsaida, RSIA Karunia Bunda dan RS Permata Sarana Husada. Sumber: meetdoctor.com

data-ad-format="link">

Bagikan informasi tentang Tips Agar Lekas Hamil kepada teman atau kerabat Anda.

Tips Agar Lekas Hamil | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk Tips Agar Lekas Hamil

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

fifteen − 8 =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 6.500.000
Ready Stock / CNISCA
Rp 650.000
Ready Stock / PS
SIDEBAR