Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » 4 Cara Mengatasi Obesitas pada Anak

4 Cara Mengatasi Obesitas pada Anak

Diposting pada 22 June 2015 oleh Summase S Pd

4 Cara Mengatasi Obesitas pada Anak – Obesitas adalah sebuah dampak yang terjadi akibat adanya penimbunan lemak di dalam tubuh sehingga mengakibatkan tubuh kelebihan berat badan. Hal ini sendiri bisa terjadi pada siapa saja, tidak tergantung pada usia dan jenis kelaminnya.

Meskipun demikian, obesitas umumnya lebih sering diderita oleh para perempuan. Hal ini lebih cenderung diakibatkan oleh pola makan serta pola diet yang tidak sehat. Untuk wanita, penimbunan lemak ini akan sangat terlihat pada bagian pinggul dan b0kong. Sementara bagi pria umumnya terjadi di bagian perut.

Selain dikarenakan pola diet yang tidak tepat, masalah keturunan juga sangat mempengaruhi obesitas. Mereka yang memiliki garis keturunan penderita obesitas, maka akan lebih cenderung mudah untuk terserang obesitas. Namun terlepas dari apapun penyebabnya, obesitas merupakan kondisi yang sangat merugikan.

Untuk kategori anak, obesitas bisa menimbulkan begitu banyak dampak buruk, entah itu untuk kesehatan tubuhnya ataupun dampak secara psikologis. Dampak kesehatan akan membuat sang anak berpotensi besar menderita diabetes saat dewasa nanti serta rentan terhadap hipertensi. Sementara dari sisi psikologis, obesitas pada anak akan membuatnya merasa cemas ataupun depresi.

4 Cara Mengatasi Obesitas pada Anak

4 Cara Mengatasi Obesitas pada Anak (Ilustrasi)

Agar bisa mengetahui apakah anak tersebut menderita obesitas atau tidak, timbanglah berat badannya terlebih dahulu. Jika berat badannya sekitar 20-40% lebih berat dari berat badan ideal, maka ia bisa digolongkan menderita obesitas ringan. Ketika kelebihan berat yang dialami berada pada kisaran 41-100% dari berat ideal, maka sang anak mengalami obesitas sedang. Nah, ketika berat badannya ternyata 100% lebih dari berat ideal, maka bisa dipastikan ia menderita obesitas berat.

Anak yang menderita obesitas belum begitu paham mengenai dampak negatif yang akan ia alami saat dewasa kelak, sehingga peran dari orang tua sangatlah penting. Sebagai orang tua, sebaiknya terapkan hal berikut agar anak Anda bisa mengatasi kelebihan berat badannya.

4 Cara Mengatasi Obesitas pada Anak

Diet yang Tepat

Cara mengatasi obesitas pada anak yang pertama adalah dengan menyediakan makanan ringan serta makanan yang bergizi. Saat makan, sebaiknya sajikan menu berupa sayur dan buah. Selain itu, ajarkan pula anak Anda mengenai makanan yang sehat dan berikan kebebasan bagi dirinya untuk memiliki makanan sehatnya sendiri.

Berolahraga

Olahraga adalah cara yang sangat tepat untuk mengatasi masalah obesitas pada anak. Untuk itu, biarkan anak Anda bermain di luar bersama teman-temannya. Selain membuat mereka bergerak secara aktif, hal ini juga akan sangat berdampak pada psikologis dan kemampuannya dalam berinteraksi sosial.

Batasi Menonton TV.

Obesitas adalah penyakit yang sangat sering dikaitkan terhadap kebiasaan menonton TV. Maka dari itu, para orang tua harus terbiasa membatasi anak-anaknya dalam menonton TV. Saat mereka tidak sedang menonton TV, maka waktunya bisa digunakan untuk menjalani kegiatan yang bersifat lebih aktif sehingga membantu untuk menurunkan berat badannya.

Istirahat yang Cukup

Anak Anda wajib untuk mendapatkan jam tidur yang cukup. Untuk mereka yang masih berusia 6-9 tahun, butuh waktu tidur setidaknya 10 jam. Sementara untuk yang berusia 9-12 tahun, diperlukan waktu tidur sekitar 9 jam. Untuk yang sudah remaja, mereka membutuhkan tidur selama 8-9 jam.

Obesitas pada anak akan memberikan dampak yang sangat merugikan bagi mereka, baik secara psikologis maupun kesehatan. Maka dari itu, sangat dibutuhkan peran dari orang tua agar bisa menghindarkan anak mereka dari obesitas.

data-ad-format="link">

Semoga 4 cara mengatasi obesitas pada anak di atas bisa membantu Anda dalam mengontrol berat badan sang buah hati tercinta. Jangan lupa menjaga kesehatan Anak dengan produk kesehatan di Tokoina.com

Bagikan informasi tentang 4 Cara Mengatasi Obesitas pada Anak kepada teman atau kerabat Anda.

4 Cara Mengatasi Obesitas pada Anak | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk 4 Cara Mengatasi Obesitas pada Anak

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

2 × 5 =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
STOK HABIS
SIDEBAR