Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Cara Mengobati Keseleo dengan Minyak Tawon Asli Makassar

Cara Mengobati Keseleo dengan Minyak Tawon Asli Makassar

Diposting pada 5 December 2015 oleh Summase S Pd
5/5 (2)

Keseleo atau sering juga disebut terkilir merupakan cedera yang terjadi di sekitar sendi. Cedera tersebut terjadi karena ligamen mengalami trauma sehingga robek dan merenggang terlalu jauh dari kondisi normal, sehingga sendi akan terasa sakit dan bengkak. Ligamen merupakan jaringan yang menghubungkan antara tulang dan sendi. Jaringan ligamen ini fleksibel tapi kuat. Keseleo lebih sering terjadi pada orang yang beraktifitas fisiknya bergerak aktif, seperti seorang atlet. Keseleo tidak mengenal umur, semua jenjang umur berpotensi keseleo. Tapi lebih sering anak-anak karena mereka belum begitu memikirkan akibat yang terjadi apabila melakukan suatu perbuatan atau tingkah. Keseleo bisa terjadi pada bagian leher, kaki, tangan, siku, jari, lutut atau bagian anggota tubuh lainnya.

Penyebab keseleo

Cara mengobati keseleo dengan minyak tawon

Cara mengobati keseleo dengan minyak tawon (Ilustrasi)

Keseleo bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti terjatuh, terpeleset, berlari tanpa pemanasan, kesalahan gerak anggota badan secara tersentak. Keseleo terjadi karena tali sendi yang biasanya mengikat sendi merenggang secara mendadak yang akan menyebabkan tali-tali sendi tersebut robek dan bahkan putus sehingga terasa sakit dan bagian di sekitar memerah. Pada saat kejadian bagian yang keseleo kadang berbunyi “krek” tapi terkadang kita juga tidak mendengarnya. Seringkali kita tidak paham dengan yang kita alami ternyata keseleo.

Kita sering menganggap enteng dan tidak memperdulikannya karena pada gejala awal tidak terasa begitu sakit. Apalagi jika anda seorang pekerja keras dengan aktifitas yang sangat padat kadang sama sekali tidak terasa. Hal ini jangan dianggap remeh. Sakit karena keseleo lama-kelamaan akan memerah dan jika dibiarkan bisa membengkak, memar serta dapat membiru karena darah yang membeku. Kalau sudah membengkak tentunya akan sakit jika tetap digunakan untuk beraktifitas.

Keseleo juga sering terjadi pada wanita yang suka menggunakan sepatu dengan hak tinggi. Hak tinggi sebenernya tidak begitu baik untuk kesehatan, salah satunya yaitu berisiko keseleo apabila belum terbiasa menggunakan sepatu hak tinggi. Orang yang sudah terbiasa menggunakan sepatu hak tinggi saja belum tentu terhindar dari keseleo. Terkadang karena terburu-buru akan melakukan suatu aktifitas bisa keseleo.

Cara mencegah keseleo

Keseleo memang bukan gejala yang sangat membahayakan tetapi sangatlah berpengaruh bagi kita yang beraktifitas fisik di luar ruangan. Agar kita terhindar dari keseleo tentunya harus berhati-hati dalam melakukan setiap aktifitas. Hati-hati saja tidak cukup, mungkin anda bisa mengikuti tips di bawah ini agar terhindar dari keseleo:

1. Lakukan pemanasan sebelum olahraga

Apabila akan melakukan olahraga seperti lari, main bola, bulu tangkis serta olahraga lainnya sebaiknya anda melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan berguna untuk melemaskan otot-otot agar nanti saat melakukan olahraga yang inti otot tidak kaget.

2. Melakukan peregangan otot sebelum melakukan aktifitas.

Sebelum melakukan aktifitas yang padat, sempatkanlah di pagi hari gerakkan tangan dan kaki secara ringan. Aktifitas ini bisa mencegah terjadinya keseleo.

3. Gunakan pelindung atau pembalut sendi elastis saat melakukan aktivitas fisik yang kuat

Pembalut sendi yang elastis lebih aman untuk anggota tubuh kita dibanding yang tidak elastis. Saat kita terjatuh ataupun terpeleset anggota tubuh kita aman karena pelindung elastis bersifat lentur sehingga melindungi anggota tubuh kita.

4. Olahraga secara teratur

Olahraga merupakan sarana untuk merefresh tubuh kita dari capainya bekerja atau aktifitas lain. Usahakan minimal seminggu sekali olahraga, tidak harus yang berat cukup dengan lari-lari kecil atau senam santai yang penting bisa melemaskan otot-otot tubuh kita.

5. Jangan berolahraga jika tubuh terasa lelah

Jika tubuh kita sangat terasa lelah karena telah melakukan suatu aktifitas yang sibuk dan menguras tenaga ataupun pikiran, janganlah kita langsung olahraga. Tenangkanlah terlebih dahulu pikiran kita. Istirahatkan tubuh terlebih dahulu, bisa dengan duduk santai ataupun tidur secukupnya. Tetapi jangan terlalu banyak istirahat dengan tidur karena tidur yang terlalu banyak dari aturan yang sehat akan menjadikan tubuh lemas. Sebaiknya tidur 8 jam sehari. Jika lelah pada tubuh anda telah hilang, silahkan berolahraga.

6. Gunakan sepatu yang cocok saat berolahraga

Seorang wanita terkadang ingin tampil cantik dan menarik dalam kondisi dan aktifitas apapun, tetapi jika sedang olahraga jangan berani ambil risiko menggunakan sepatu yang berbahaya seperti alasnya terlalu halus atau berhak. Gunakanlah sepatu olahraga yang nyaman untuk digunakan saat olahraga sehingga anda aman dan nyaman serta risiko keseleo bisa terkurangi.

Cara mengobati keseleo dengan Minyak Tawon

Keseleo merupakan luka bagian anggota tubuh yang ada di sekitar sendi. Luka dalam tentunya pengobatannya lebih susah dari pada luka luar. Tetapi tidak usah cemas karena sakit pasti ada obatnya. Ada banyak cara menyembuhkan keseleo, tetapi tentunya kita memilih cara yang paling aman bagi kesehatan, mudah dilakukan, lebih cepat sembuh dan tentunya yang lebih tidak banyak menguras kantong. Salah satu cara mengobati keseleo yaitu dengan minyak tawon. Minyak tawon memiliki banyak kandungan rempah-rempah asli Indonesia yang berkhasiat untuk mengobati sendi yang terluka atau keseleo. Caranya yaitu:

1. Kompres terlebih dahulu dengan air dingin atau es

Kompres bagian anggota tubuh yang keseleo dengan air dingin. Banyak orang salah sangka bahwa mengompres menggunakan air panas tetapi ini akan semakin membuat sakit karena darah akan semakin mengalir lancar sehingga darah yang ada pada pembuluh darah semakin sulit membeku. Bagian yang sakit akan terasa semakin sakit jika peredaran darah semakin lancar. Maka kompreslah dengan air dingin. Jika dikompres dengan air dingin peredaran darah tidak akan begitu lancar sehingga darah akan sedikit membeku dan dengan sendirinya akan memperbaiki diri dengan cepat, akhirnya rasa sakit pada keseleo akan berkurang secara berangsur.

2. Keringkan dengan handuk

Setelah selesai dikompres, keringkan bagian yang keseleo dengan handuk yang bersih.

3. Oleskan minyak tawon pada daerah yang keseleo

Mengoleskan minyak tawon pada daerah yang keseleo sesuai kebutuhan. Jangan terlalu banyak secukupnya saja.

4. Urut secara perlahan

Urut terlebih dahulu di bagian sekitar yang keseleo dengan mengikuti arah otot. Urutlah dengan cara perlahan. Kandungan jahe yang ada dalam minyak tawon akan menghangatkan otot sehingga otot akan melemas. Kandungan minyak kayu putih dalam minyak tawon akan memicu tali-tali sendi yang merenggang akan kembali merapat sehingga akan kembali normal. Kandungan minyak sereh akan mengobati tali sendi yang terluka sehingga akan membaik kembali. Minyak tawon yang telah teroles akan bekerja mengembalikan tali sendi anda menjadi membaik dan kembali normal lagi.

5. Istirahat

Setelah diurut usahakanlah istirahat terlebih dahulu dari segala aktifitas yang berat. Biarkan minyak tawon bekerja menyembuhkan luka keseleo anda. Jika keesokan harinya belum begitu pulih oleskan lagi minyak tawon untuk menuntaskan luka yang ada di dalam sendi anda.

Demikian beberapa tahap untuk menyembuhkan keseleo secara mudah dan hemat dengan menggunakan minyak tawon, serta bisa anda lakukan sendiri tanpa harus ke tukang pijat ataupun merepotkan orang lain. Selamat mencoba! Semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Dapatkan Minyak Tawon Asli Makassar hanya di Tokoina.com

Beli Minyak Gosok cap Tawon Asli di Sini

Bagikan informasi tentang Cara Mengobati Keseleo dengan Minyak Tawon Asli Makassar kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Mengobati Keseleo dengan Minyak Tawon Asli Makassar | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk Cara Mengobati Keseleo dengan Minyak Tawon Asli Makassar

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Popular!
Rp 28.000
Ready Stock / KTCA
Rp 75.000
Ready Stock / CNISC
SIDEBAR