Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Cara Mengobati Otot Leher Kaku dengan Minyak Tawon Asli Makassar

Cara Mengobati Otot Leher Kaku dengan Minyak Tawon Asli Makassar

Diposting pada 9 December 2015 oleh Summase S Pd

Anggota tubuh kita terdiri dari sendi, tulang dan kumpulan otot-otot. Otot terdiri dari otot besar dan otot kecil. Otot kecil berfungsi untuk mendukung pergerakan anggota tubuh kita. Jika anda pernah mengalami bangun tidur leher terasa kaku, susah digerakan berati otot leher anda bermasalah. Ini sering terjadi pada anda yang beraktifitas monoton seperti bekerja di depan meja menghadap komputer seharian. Leher merupakan penopang kepala yang lentur. Jika kondisi leher kaku maka akan terasa tidak nyaman, karena tidak bisa berfungsi normal.

Otot leher kaku biasanya dialami oleh seorang yang sudah lanjut usia karena otot telah berkurang fungsinya, namun sekarang seorang remaja ataupun dewasa sering mengalaminya juga. Hal tersebut tentunya terjadi karena ada penyebabnya.

Penyebab otot leher kaku

Cara mengobati otot leher kaku

Cara mengobati otot leher kaku (Ilustrasi/wikipedia)

Otot leher kaku jangan dianggap gejala yang enteng karena jika sampai parah bisa menyebabkan leher kaku dan terjadi menginitis atau radang selaput otak. Gejala otot leher kaku biasanya juga disertai rasa sakit pada leher dan leher susah digerakkan ke samping kanan atau kiri. Orang yang otot lehernya kaku sering disertai dengan gejala lain seperti sakit kepala, bahu terasa nyeri serta lengan terasa nyeri. Mengalami otot leher kaku sangat menganggu aktifitas serta rasanya sangat menyiksa. Gejala otot leher kaku bisa terjadi lama dan terkadang sebentar tergantung penyebabnya dan tingkat keparahannya, biasanya beberapa hari sampai sekitar satu minggu.

Leher yang terasa kaku biasanya disebabkan karena otot leher mengalami cedera. Banyak pemicu yang menyebabkan otot mengalami cedera seperti:

  • Bekerja terlalu lama di depan komputer
    Posisi badan saat bekerja berpengaruh terhadap kesehatan anda. Orang yang sering bekerja menghadap komputer terlalu lama dapat memicu otot leher kaku karena otot leher terlalu spaneng sehingga tegang dan kaku.
  • Salah posisi tidur
    Posisi tidur yang kurang nyaman dapat menyebabkan otot leher kaku misal selalu menghadap ke kanan atau ke kiri. Usahakanlah posisi tidur anda serileks mungkin agar otot leher tidak kaku sehingga bangun tidur terasa segar dan tenaga pulih kembali.
  • Tidur tanpa penopang leher
    Tidur yang sehat sesuai anjuran dokter yaitu menggunakan penopang leher. Dalam bahasa sehari-hari kita menggunakan bantal. Bantal akan menopang leher supaya kondisi tidur kita nyaman. Tidur tanpa penopang leher dapat memicu leher kaku karena posisi otot leher kurang nyantai dan rileks saat tidur sehingga bangun tidur terasa sakit dan kaku.
  • Membawa beban yang berat dan tidak seimbang
    Lengan yang membawa beban di salah satu sisinya saja dapat menyebabkan leher terasa sakit, karena otot leher kaku. Usahakan jika anda membawa beban berat dengan menggunakan tas ransel dan hindari menggunakan tas tali yang dipakai hanya di salah satu lengan. Jika menggunakan tas yang hanya menggunakan salah satu lengan akan menyebabkan tidak seimbang atau berat sebelah sehingga salah satu otot lengan yang menyalur ke otot leher bekerja tidak seimbang dan dapat memicu otot leher terasa kaku.
  • Kurang olahraga
    Tubuh yang kurang olahraga akan cepat mudah lelah dan otot-otot sering terasa kaku termasuk otot leher. Untuk melenturkan otot-otot kaku pada tubuh dengan olahraga. Olahraga secara teratur minimal sekali seminggu akan melenturkan otot-otot dan menambah kebugaran tubuh.
  • Terlalu banyak pikiran
    Faktor psikologis dapat menjadi faktor utama penyebab otot leher kaku. Terlalu banyak tekanan dapat menjadikan anda stres. Ketika sudah terkena stres menyebabkan gangguan pada area psikologis, gangguan psikologis dapat memicu saraf dan otot kaku serta tegang.
  • Kelelahan
    Ketika seseorang merasa kelelahan akan mudah memicu otot dan saraf kaku termasuk otot leher. Orang yang lelah tentu butuh istirahat, tetapi terkadang ada beberapa orang yang tetap memaksakan meneruskan aktifitasnya sehingga otot dan saraf terlalu lelah dan dapat memicu otot leher kaku.
  • Panik yang berlebihan
    Kondisi panik yang berlebihan pada seseorang dapat menyebabkan otot dan saraf kaget. Otot yang kaget dapat memicu otot menjadi kaku termasuk otot leher.
  • Tubuh yang terlalu pasif dan jarang bergerak
    Orang yang jarang bergerak akan menyebabkan otot kaku karena fungsi otot tidak sering digunakan sehingga otot tidak bekerja dengan baik. Ibaratnya sebuah mesin yang jarang dipakai akan mudah rusak, hal ini seperti halnya otot leher yang jarang digunakan dan jarang bergerak akan memicu otot leher kaku.
  • Posisi ergomis yang buruk
    Posisi ergomis yang buruk yaitu posisi tubuh yang kurang baik saat melakukan sesuatu seperti mengetik dalam posisi keyboard yang terlalu tinggi, kursi tanpa sandaran, berjalan dengan membungkuk dan masih banyak lagi lainnya. Hal ini justru jarang diperhatikan oleh kebanyakan orang tapi ini dapat memicu otot leher kaku.
  • Darah tinggi
    Darah tinggi juga dapat menyebabkan otot leher kaku. Bagi anda yang mempunyai tekanan darah tinggi hati-hati karena penyakit ini juga berbahaya bagi kesehatan anda.

Cara mencegah otot leher kaku

Tentunya mencegah akan sangat lebih baik daripada mengobati. Di bawah ini ada beberapa cara untuk mencegah terjadinya otot leher kaku:

  • Olahraga teratur
    Olahraga secara teratur selain menyehatkan badan akan membantu organ-organ serta otot-otot anda berfungsi normal, sehingga otot akan terhindar dari resiko otot kaku.
  • Pilihlah bantal yang nyaman ketika tidur
    Bantal yang empuk dan tidak terlalu tinggi dapat menjadi pilihan anda untuk menemani tidur anda agar tetap nyaman dan terhindar dari otot leher kaku. Sehingga sepanjang malam tidur anda akan terasa nyaman.
  • Berekreasi agar tidak stres
    Sempatkan berekreasi mengunjungi tempat yang asri dan indah untuk merefresh pikiran anda agar anda tidak terlalu stres. Pikiran yang tenang akan terhindar dari otot-otot yang kaku sehingga tubuh rileks.
  • Menjaga postur tubuh
    Saat anda melakukan aktifitas usahakan postur tubuh anda tegak seperti ketika berjalan ataupun duduk agar otot anda berfungsi normal sehingga tidak terjadi gangguan.
  • Posisi tidur yang baik
    Tidurlah dengan posisi yang baik agar peredaran darah bisa berjalan normal serta otot-otot bisa beristirahat dengan baik.

Cara mengobati otot leher kaku dengan Minyak Tawon

Jika anda sudah terlanjur mengalami otot leher kaku atau sedang mengalaminya tidak usah khawatir, karena tidak ada sakit yang tidak ada obatnya selama kita masih mau berusaha. Cara mengatasi otot leher yang kaku jangan hanya dengan dipijat atau diurut tanpa menggunakan apapun. Untuk mempercepat proses penyembuhan otot kaku pada leher gunakan minyak yang cocok yaitu minyak tawon. Minyak tawon merupakan minyak asli Indonesia yang terbuat dari berbagai campuran rempah-rempah asli Indonesia yang diramu khusus dengan bahan asli sehingga khasiatnya sangat manjur.

Cara mengobati otot leher kaku dengan Minyak Tawon

  • kompres leher dengan menggunakan air hangat agar ketegangan otot sedikit berkurang.
  • Kemudian keringkan dengan handuk bersih.
  • Lalu usapkan minyak tawon pada leher yang terasa kaku.
  • Usapkan minyak tawon hingga terasa hangatnya di leher.
  • Urut secara perlahan dengan menggunakan ibu jari.
  • Lakukan sampai leher terasa otot leher terasa lemas dan ringan.
  • Setelah itu istirahatkan badan anda.
  • Biarkan kandungan rempah-rempah yang ada di dalam minyak tawon seperti minyak kelapa, sereh, cengkeh, jahe, lemon serta bahan lainnya bekerja meresap ke kulit dan melemaskan lagi otot-otot lehr anda yang kaku.
  • Selamat mencoba semoga lekas sembuh.

Dapatkan Minyak tawon asli Makassar hanya di Tokoina.com

Beli Minyak Gosok cap Tawon Asli di Sini

Pencarian terkait:

- minyak untuk menyembuhkan leher kaku - Obat gosok yang bagus buat leher cedera - obat leher kaku dan tegang
data-ad-format="link">

Bagikan informasi tentang Cara Mengobati Otot Leher Kaku dengan Minyak Tawon Asli Makassar kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Mengobati Otot Leher Kaku dengan Minyak Tawon Asli Makassar | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk Cara Mengobati Otot Leher Kaku dengan Minyak Tawon Asli Makassar

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

thirteen − 1 =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 500.000
Ready Stock / PCU
SIDEBAR