Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Kanker Kulit: Penyebab, Gejala, Pencegahan dan Pengobatannya

Kanker Kulit: Penyebab, Gejala, Pencegahan dan Pengobatannya

Diposting pada 25 April 2015 oleh Summase S Pd
5/5 (1)

Kanker Kulit: Penyebab, Gejala, Pencegahan dan Pengobatannya – Kanker kulit adalah pertumbuhan sel-sel pada kulit secara tidak normal. Penyebab kanker kulit berbeda-beda dan tingkat keganasan kanker pun berbeda-beda. Kanker kulit paling umum terjadi pada lapisan sel skuamosa, basal dan melanosit. Kanker kulit biasanya tumbuh di epidermis (lapisan paling luar kulit), sehingga tumor (benjolan) dapat terlihat dari luar, sehingga kanker kulit merupakan jenis kanker yang paling mudah ditemukan gejalanya pada stadium awal. kanker kulit juga merupakan kanker yang paling sedikit resiko kematiannya pada penderita, ini disebabkan karena kulit jarang dapat mencapai organ-organ vital seperti jantung, paru-paru, ginjal dan batang otak pada manusia. (Wikipedia)

Jenis-Jenis dan Gejala Kanker Kulit

Ada tiga jenis kanker kulit yang umumnya sering diderita manusia, diantaranya adalah Karsinoma Sel Basal (KSB), Karsinoma Sel Skuamosa (KSS), dan Melanoma Maligna (MM).

Karsinoma Sel Basal (KSB)

Karsinoma Sel Basal merupakan jenis penyakit kanker kulit yang paling banyak diderita. Kanker jenis ini tidak mengalami penyebaran (metastasis) ke bagian tubuh lainnya, tetapi sel kanker dapat berkembang dan menyebabkan kerusakan jaringan kulit sekitarnya. Warna kulit yang terang dan sering terkena sinar cahaya matahari keduanya diduga sebagai penyebab Karsinoma Sel Basal. Faktor lain yang juga dapat menjadi penyebab jenis kanker ini adalah sistem imun tubuh yang lemah (baik dampak penyakit lain atau pengobatan), luka bakar, dan sinar X-ray.

Kanker Kulit: Penyebab, Gejala, Pencegahan dan Pengobatannya

Kanker Kulit: Penyebab, Gejala, Pencegahan dan Pengobatannya (Ilustrasi)

Tanda dan Gejala Karsinoma Sel Basal
Bagian tubuh yang terserang kanker sel basal biasanya wajah, leher, dan kulit kepala. Adapun tanda-tanda penyakit kanker jenis ini adalah benjolan yang agak berkilat, kemerahan dengan pinggir meninggi yang berwarna agak kehitaman, kelainan seperti jaringan parut dan lecet atau luka yang tidak sembuh-sembuh.

Diagnosa Jenis Kanker Karsinoma Sel Basal
Metode tunggal untuk memastikan penyakit kanker sel basal yaitu Dokter akan melakukan pemeriksaan klinis dan histopatologis dengan mengambil sampel bagian kulit yang dianggap sebagai jaringan kanker (biopsi) untuk diteliti di bawah mikroskop.

Terapi dan Pengobatan Medis Karsinoma Sel Basal
Apabila diagnosa telah ditegakkan secara jelas bahwa penderita mengalami kanker kulit berjenis sel basal, maka tindakan yang dilakukan umumnya adalah pembedahan atau pengangkatan jaringan kulit (kanker) secara lengkap, atau dapat pula dengan tindakan penyinaran. Metode lainnya yang juga kerap dilakukan adalah bedah beku, bedah listrik, laser, fotodinamik serta dengan obat-obatan baik yang dioleskan maupun disuntikkan (kemoterapi).

Karsinoma Sel Skuamosa (KSS)

Karsinoma Sel Skuamosa (KSS) merupakan jenis penyakit kanker kulit yang lebih banyak diderita pria terutama kaum lanjut usia (lansia). Ini adalah jenis kanker kulit dimana terjadi keganasan sel keratinosit epidermis, merupakan kanker kulit kedua paling sering menjangkiti. Penyakit kanker kulit KSS ini dapat menyebar kebagian tubuh yang lain, umumnya diderita mereka yang berada di wilayah tropis.

Seperti halnya penyakit KSB, penyebab kanker kulit jenis ini juga diduga akibat sinar matahari (dominannya), Imun tubuh yang lemah, virus, bahan-bahan kimia dan jaringan parut juga dapat menimbulkan penyakit ini.

Adapun tanda dan gejalanya ialah mempunyai kelainan berupa benjolan-benjolan atau luka yang tidak sembuh-sembuh. Diagnosa ditegakkan dengan metode yang sama pada KSB, begitupun tindakan terapi dan pengobatan cenderung sama dengan kanker sel basal.

Melanoma Maligna (MM)

Melanoma Maligna (MM) adalah jenis penyakit kanker kulit yang paling ganas dan berpotensi mematikan. Di Amerika, ditemukan data enam dari tujuh penderita kanker ini meninggal dunia. Dan jumlah orang yang terserang meningkat dari tahun ke tahun. Melanoma Maligna bisa berkembang dari tahi lalat timbul yang sudah ada atau yang baru muncul.

Tanda dan Gejala Melanoma Maligna
Informasi ini sangat penting sekali bagi mereka yang memiliki tahi lalat yang kemudian mengalami perubahan baik warna, ukuran maupun bentuknya, Tahi lalat terkadang terasa gatal dan bila digaruk mengeluarkan darah. Sel kanker ini tumbuh dari melanosit, yaitu sel kulit yang berfungsi menghasilkan zat warna melanin.

Kanker ini dicirikan dengan ABCD, yaitu A= Asimetrik, bentuknya tidak beraturan. B= Border, atau pinggirannya juga tidak rata. C= Color, atau warnanya yang bervariasi dari satu area ke area lainnya. Bisa kecoklatan sampai hitam. Bahkan dalam kasus tertentu ditemukan berwarna putih, merah, dan biru. D= Diameternya, lebih besar dari 6 mm.

Diagnosa Melanoma Maligna
Penegakan diagnosa pada kasus penyakit kanker kulit jenis ini sama halnya dengan kedua jenis kanker kulit di atas (KSB dan KSS), yaitu dilakukannya tindakan biopsi untuk pemeriksaan di bawah mikroskop.

Terapi dan Pengobatan Medis Melanoma Maligna
Melanoma Maligna merupakan jenis kanker kulit yang paling ganas, dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya seperti kelenjar limpa. Tindakan yang dilakukan pada penderita kanker jenis ini adalah pengangkatan secara komplit jaringan kanker dengan jalan pembedahan, apabila telah diketahui terjadi penyebaran maka dibutuhkan operasi lanjutan untuk mengangkat jaringan di sekitarnya. Jika sel kanker ditemukan menyebar ke kelenjar limpa, maka mau tidak mau kelenjarnya juga diangkat.

Penyebab Umum Kanker Kulit

Meskipun telah dijelaskan mengenai penyebab kanker kulit untuk ke tiga jenis kanker kulit di atas, namun berikut ini secara umum penyebab kanker kulit.

Setiap orang beresiko menderita kanker kulit, tetapi pada kondisi tertentu, seseorang lebih beresiko menderita kanker kulit dibandingkan yang lainnya karena adanya faktor-faktor yang memicu. Faktor-faktor penyebabnya antara lain:

  • Riwayat kesehatan keluarga yang pernah menderita kanker kulit. 5% penderita Melanoma memiliki sejarah keluarga dengan kanker kulit jenis yang sama.
  • Memiliki tipe kulit yang sensitif terhadap radiasi sinar ultraviolet, sehingga mudah merasa terbakar dan melepuh jika terkena sinar matahari. Semakin gelap warna kulit seseorang, bararti kadar pigmennya semakin tinggi. Ini meminimalisir resiko mengidap kanker kulit.
  • Mempunyai banyak tanda lahir atau biasa disebut tahi lalat di kulitnya. Jumlah tahi lalat ini dipengaruhi oleh faktor genetik dan radiasi sinar matahari.
  • Terlalu banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, tanpa menggunakan pelindung sinar matahari semasa hidupnya.

Cara mencegah Kanker Kulit

Mengingat penyebab paling umum untuk kanker kulit adalah sinar matahari, terjadinya penyakit ini dapat dicegah sampai batas tertentu dengan melindungi kulit anda dari sengatan sinar matahari.

  • Hindari terkena sinar matahari secara langsung, terutama selama jam 09:00-04:00.
  • Jangan biarkan anak-anak keluar rumah di bawah sinar matahari, karena kulit mereka lebih sensitif dibandingkan orang dewasa. Batasi kegiatan di luar ruangan anak anda.
  • Setiap kali anda pergi ke luar ruangan di siang hari, kenakan pakaian pelindung, dan memakai topi, dan lainnya.
  • Pakailah kacamata gelap untuk melindungi mata anda dan oleskan lip balm pada bibir anda.
  • Oleskan krim tabir surya, yang dapat melindungi anda dari radiasi sinar ultraviolet.
  • Pestisida dan herbisida dengan arsenik organik berhubungan dengan kanker kulit, lebih baik hindarilah produk tersebut.
  • Menjaga kesehatan dan sistem kekebalan tubuh dengan pola makan yang seimbang yang kaya akan antioksidan.
  • Segera konsultasikan dengan dokter, jika anda melihat bentuk tidak teratur dan perubahan warna pada kulit Anda.

Pengobatan Kanker Kulit dengan Produk di Tokoina.com

Meskipun tindakan medis merupakan jalan paling sering ditempuh oleh kebanyakan orang yang terkena kanker kulit, namun tak ada salahnya membantu mengobati penyakit kulit Anda dengan produk yang ada di Tokoina.com. Anda dapat memilih salah satu dari produk di bawah ini:

data-ad-format="link">

Demikianlah Kanker Kulit: Penyebab, Gejala, Pencegahan dan Pengobatannya, semoga bermanfaat.

Bagikan informasi tentang Kanker Kulit: Penyebab, Gejala, Pencegahan dan Pengobatannya kepada teman atau kerabat Anda.

Kanker Kulit: Penyebab, Gejala, Pencegahan dan Pengobatannya | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk Kanker Kulit: Penyebab, Gejala, Pencegahan dan Pengobatannya

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

four × two =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR