Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Manfaat Daun Kemangi, Kandungan, dan Efek sampingnya

Manfaat Daun Kemangi, Kandungan, dan Efek sampingnya

Diposting pada 21 January 2019 oleh Summase S Pd | Dilihat: 82 kali
5/5 (2)

Manfaat Daun Kemangi, Kandungan, dan Efek sampingnya – Salah satu ramuan kuno yang diketahui umat manusia yang digunakan untuk penyembuhan ialah kemangi yang berkhasiat menyehatkan, telah menjadi pengetahuan paling berharga di seluruh dunia. Kemangi dihargai karena khasiatnya sebagai obat dan penyembuhannya yang kuat. Di Indonesia, tanaman kemangi masih bisa kita jumpai, bahkan di kota-kota, seperti di Makassar, jika kita membeli sayuran, biasanya ikut juga daun kemanginya.

Ada perbedaan botani yang signifikan dalam berbagai jenis tanaman kemangi. Cinnamate, citronellol, geraniol, linalool, pinene dan terpineol merupakan beberapa minyak yang bisa ditemukan di semua spesies kemangi. Dan keberadaan minyak inilah yang mempengaruhi manfaat daun kemangi sebagai obat.

Kandungan daun kemangi

Banyak penelitian yang mendukung penggunaan tanaman kemangi untuk manusia dan nilai terapeutiknya. Nilai gizinya juga tinggi, karena mengandung:

  • Vitamin A dan C
  • Kalsium
  • Seng
  • Zat besi
  • Klorofil

Satu porsi kemangi mengandung 0,2 g protein. Ini kaya akan vitamin dan mengandung 277IU vitamin A, 0.9mg vitamin C, 21.8mcg vitamin K dan 3.6mcg folat. Ini juga kaya akan mineral yang menyediakan 9,3 mg kalsium, 0,2 mg zat besi, 3,4 mg magnesium, 2,9 mg fosfor, 15,5 mg kalium, 0,2 mg natrium, dan 0,1 mg mangan.

Kemangi penuh dengan nutrisi. Komponen yang ada dalam kemangi membantu melawan banyak penyakit dan membantu membangun kekebalan tubuh. Telah banyak penelitian secara ilmiah yang memahami manfaatnya.

Daun kemangi telah dikenal penggunaannya dalam berbagai kuliner. Inilah beberapa manfaat daun kemangi yang mungkin belum Anda ketahui.

Manfaat daun kemangi.

Manfaat daun kemangi

Manfaat daun kemangi

Mengurangi stres dan kecemasan.

Semua bagian tanaman kemangi bekerja sebagai adaptogen. Adaptogen adalah zat alami yang membantu tubuh  beradaptasi dengan stres dan meningkatkan keseimbangan mental. Konsep adaptogen ialah pendekatan holistik. Tetapi penelitian ilmiah menunjukkan bahwa kemangi memiliki sifat farmakologis untuk membantu pikiran Anda mengatasi banyak jenis stres.

Sumber stres bisa berasal dari:

  • Bahan kimia
  • Fisik
  • Infeksi
  • Emosional.

Mengandung Antioksidan Penangkal Penyakit.

Salah satu manfaat utama minyak atsiri kemangi ialah kemampuannya untuk membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas sekaligus melindungi struktur dan sel DNA. Kemangi mengandung dua antioksidan flavonoid larut air yang penting, yang dikenal sebagai orientin dan viceninare, yang membantu melindungi sel darah putih yang bertanggung jawab untuk fungsi kekebalan tubuh, serta struktur seluler tempat DNA disimpan.

Antioksidan yang ditemukan dalam kemangi menjaga agar kromosom tidak berubah dan mengakibatkan mutasi sel dan pertumbuhan sel kanker. Stres oksidatif terjadi di dalam tubuh karena efek racun dalam makanan, polusi lingkungan dan radiasi, tetapi antioksidan seperti yang ditemukan dalam kemangi membantu melawan oksidasi dan memperlambat efek penuaan.

Memerangi kanker.

Sebuah ulasan yang diterbitkan pada tahun 2013, menyelidiki potensi kemangi untuk mencegah kanker. Mereka menyimpulkan bahwa, berkat phytochemical yang dikandungnya, termasuk eugenol, asam rosmarinic, apigenin, myretenal, luteolin, β-sitosterol, dan asam carnosic, dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker kulit, hati, mulut, dan paru-paru.

Meskipun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan, ada potensi ekstrak kemangi untuk digunakan bersamaan dengan perawatan kanker saat ini.

Anti-penuaan.

Menurut penelitian yang dipresentasikan pada British Pharmaceutical Conference (BPC) di Manchester, kemangi juga memiliki khasiat yang dapat membantu mencegah beberapa efek berbahaya dari penuaan.

Ekstrak kemangi efektif dalam membasmi molekul berbahaya dan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas di hati, otak, dan jantung.

Para peneliti yang dipimpin oleh Dr. Vaibhav Shinde dari Poona College of Pharmacy, Maharashtra, India, mempelajari ramuan untuk antioksidan dan anti-penuaan.

Selain manfaat di atas, daun kemangi juga bermanfaat untuk berbagai kondisi berikut:

  • Jerawat. Baca juga: Penghilang Bekas Jerawat Ampuh, Cepat, dan Alami.
  • Kesehatan mental.
  • Masuk angin
  • Kehilangan selera makan.
  • Gas dalam usus.
  • Kejang perut.
  • Diare.
  • Sembelit.
  • Gangguan ginjal.
  • Cacingan.
  • Kutil.
  • Gigitan ular dan serangga.
  • Dan berbagai Kondisi lainnya.

Meskipun masih dibutuhkan lebih banyak bukti untuk menilai efektivitas kemangi untuk penggunaannya dalam kondisi tersebut.

Efek Samping dan Keamanan daun Kemangi.

Kemangi SANGAT AMAN bila dikonsumsi dalam makanan.

Daun kemangi mungkin AMAN untuk orang dewasa ketika dikonsumsi sebagai obat dalam jangka pendek. Pada beberapa orang, kemangi dapat menyebabkan gula darah rendah.

Bagian atas dari kemangi dan minyak kemangi mungkin tidak aman ketika dikonsumsi sebagai obat dalam jangka panjang. Karen ini mengandung estragole, bahan kimia yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker hati.

Demikianlah Manfaat Daun Kemangi, Kandungan, dan Efek sampingnya, semoga bermanfaat.

Bagikan informasi tentang Manfaat Daun Kemangi, Kandungan, dan Efek sampingnya kepada teman atau kerabat Anda.

Tokoina.com telah dipercaya oleh berbagai kalangan, termasuk pejabat dan profesional. Baca di Orderan dari Duta Besar dan testimonial kami lainnya.

Manfaat Daun Kemangi, Kandungan, dan Efek sampingnya | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Komentar dinonaktifkan: Manfaat Daun Kemangi, Kandungan, dan Efek sampingnya

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA 2 *Harga Hubungi CS
Ready Stock / MSS
*Harga Hubungi CS
Ready Stock / MSS
QUICK ORDER
Moment Propolis Brazilian

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Moment Propolis Brazilian Rp 650.000
Ready Stock / MPB
Rp 650.000
Ready Stock / MPB
QUICK ORDER
Body Spa Exfoliating – Peeling Gel

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Body Spa Exfoliating - Peeling Gel Rp 60.000
Ready Stock / BSGEL
Rp 60.000
Ready Stock / BSGEL
SIDEBAR