Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » 8 Tips Merawat Kuku Secara Alami

8 Tips Merawat Kuku Secara Alami

Diposting pada 12 October 2014 oleh Summase S Pd

8 Tips Merawat Kuku Secara Alami – Bagi kaum hawa kecantikan tidak harus terlihat pada raut wajah semata, namun sekujur anggota tubuh yang lain. Salah satunya adalah keindahan kuku jari yang harus diperhatikan dengan serius sehingga kuku akan terlihat sehat dan indah. Tidak sedikit wanita yang dengan hobinya merawat kuku tanpa memikirkan waktu serta mengeluarkan biaya yang tidak sedikit demi perawatan kuku.

Memiliki kuku kaki dan tangan yang bersih dan sehat terawat sangat didambakan setiap orang terutama wanita. Kuku merupakan bagian tubuh yang tumbuh di ujung kaki atau jari. Asal si kuku berasal dari sel yang mirip gel yang lembut yang mati kemudian mengeras kemudian akan terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Dapat diketahui bahwa fungsi dari pada kuku adalah melindungi ujung jari yang sangat lembut serta penuh urat syarat, mempertinggi daya sentuh. Kuku merupakan bagian dari tulang dan bukan protein.

Pertumbuhan pada jari tangan tumbuh dalam satu minggu rata-rata 0,6 – 1,6 mm, lima kali lebih cepat dari pertumbuhan jari kaki, dan pertumbuhan kuku dipengaruhi oleh panas tubuh. Menurut para ahli, kuku mempunyai banyak pembuluh kapiler serta menyimpan suplai darah sehingga menimbulkan warna kemerah-merahan, seperti tulang gigi, kuku merupakan bagian paling keras dari tubuh yang disebabkan kadar airnya sangat sedikit.

Kuku yang sehat biasanya lebih kuat dan tentunya tidak mengelupas, mungkin kita berfikir bagaimana caranya merawat kuku yang baik tanpa mengeluarkan banyak anggaran, demi kuku kita agar terlihat indah dan sehat. Disadari atau tidak perawatan kuku bagi kaum wanita itu sebuah kewajiban, karena kuku merupakan bagian dari keindahan tubuh. Ada beberapa tips untuk perawatan kuku secara tradisional, yaitu:

Tips merawat kuku secara alami

Tips merawat kuku secara alami (Ilustrasi/pixabay)

8 Tips Merawat Kuku Secara Alami

  1. Buah blimbing wuluh. Buah blimbing wuluh dapat membersihkan kotoran-kotoran di sela-sela kuku dan kulit luar sekaligus mempertahankan eksistensi kekuatan kukunya, dengan cara digosok-gosokan buah blimbing wuluh pada kuku yang akan dibersihkan, setelah itu dibilas dengan air bersih.
  2. Air putih, cara termudah untuk memperindah dan menguatkan kuku dari dalam adalah memperbanyak minum air putih, kegunaan minum air putih agar kuku tidak kering.
  3. Banyaklah minum susu dan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, manfaatnya untuk memperkuat kuku, misalnya makanan yang terbuat dari susu dan keju, ikan pari, ikan kalengan, kacang-kacangan dan biji-bijian, sayuran seperti daun kol, daun enjer, kangkung, bayam, daun singkong, daun umbi. Buah seperti apel, pepaya, anggur, manggis, duren, nangka dan sebagainya.
  4. Daun lidah buaya, ternyata daun lidah buaya banyak manfaatnya selain digunakan untuk merawat rambut bisa digunakan untuk merawat kuku. Caranya, bersihkan daun lidah buaya, ambil jel (lendir) kemudian oleskan secara merata pada kuku-kuku lentik. Lakukan perawatan ini secara rutin, sehingga kuku akan terlihat lebih cantik dan bening.
  5. Pemanfaatan getah pepaya. Getah pepaya bagus sekali digunakan untuk membersihkan kulit bagian luar kuku, gunanya agar tidak mudah pecah dan mengelupas.
  6. Jeruk nipis. Jeruk nipis kegunaannya adalah untuk mengembalikan kuku yang kekuningan atau kuning, caranya jeruk nipis yang sudah diperas airnya dicampurkan dengan satu sendok perasan lemon dicampur lagi dengan pasta gigi (pasta gigi untuk memutihkan gigi), kemudian semua bahan yang tercampur diolehkan pada kuku, tunggu hingga kering, setelah itu basuh kuku dengan air hangat. Lakukan secara rutin selama sepekan, hasilnya kita akan mempunyai kuku dengan warna yang normal.
  7. Bawang putih. Ternyata bawang putih mempunyai zat yang sangat berguna untuk menguatkan kuku. Bawang yang sudah diparut dioleskan pada kuku dan tunggu berapa menit, setelah itu bersihkan kuku atau digosokan dengan cara menggosok langsung bawang putih pada kuku. Lakukan secara rutin, hasilnya kuku semakin kuat, tidak rapuh dan tahan lama (tidak retak)
  8. Madu, telur dan jenis minyak zaitun. Campurkan dua sendok makan madu dan minyak zaitun yang asli, panaskan dan aduk hingga rata dan tercampur, kemudian campurkan juga kocokan telur. Bila sudah menyatu ketiga bahan tersebut, kemudian dioleskan pada kuku secara merata selama 10 – 20 menit, kemudian bersihkan kukunya. Manfaatnya untuk melembabkan dan melembutkan kuku, apabila kita mempunyai kuku jari tangan yang kering, gunakan tips ini.

 

Demikianlah 8 Tips merawat kuku secara alami, semoga bermanfaat bagi kaum hawa yang ingin memperindah kuku jari sehingga akan terlihat menawan, bersih dan sehat serta sedap dipandang mata bagi yang melihatnya.

data-ad-format="link">

Bagikan informasi tentang 8 Tips Merawat Kuku Secara Alami kepada teman atau kerabat Anda.

8 Tips Merawat Kuku Secara Alami | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk 8 Tips Merawat Kuku Secara Alami

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

8 + 15 =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
Rp 170.000
Ready Stock / MGCB
SIDEBAR