Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Kenapa ayam tidak boleh dicuci sebelum dimasak?

Kenapa ayam tidak boleh dicuci sebelum dimasak?

Diposting pada 15 July 2018 oleh Summase S Pd
5/5 (1)

Selama ini, sebelum ayam dimasak, biasanya kita mencucinya terlebih dulu hingga bersih, tapi sekarang para ahli tidak menyarankan mencuci ayam terlebih dahulu sebelum dimasak. Kenapa ayam tidak boleh dicuci sebelum dimasak? Berikut ini penjelasannya.

Kenapa ayam tidak boleh dicuci sebelum dimasak?

Para ahli di bidang kesehatan dan keselamatan menyarankan untuk tidak mencuci ayam sebelum dimasak, karena dapat meningkatkan penyebaran bakteri dan risiko kontaminasi silang. Kebanyakan orang yang membersihkan ayam berpikir bahwa mereka sedang mencuci atau membuang kuman dari ayam. Ayam mentah yang biasanya penuh dengan bakteri, seperti campylobacter atau salmonella, tidak akan menyingkirkan bakteri tersebut hanya dengan mencucinya. Menurut UK National Health Service, mencuci ayam justru akan benar-benar memperburuk kondisinya karena air yang mengalir dan terciprat dapat menyebarkan bakteri di sekitar wastafel, meja, dan bahkan pakaian. USDA menyatakan bahwa satu-satunya cara yang pasti untuk menghilangkan bakteri ialah memasaknya hingga suhu yang tepat, dan aturan ini juga berlaku untuk jenis daging dan ikan lainnya. Suhu minimum ayam yang dimasak harus 165 derajat.

Kenapa ayam tidak boleh dicuci sebelum dimasak?

Kenapa ayam tidak boleh dicuci sebelum dimasak?

Mencuci ayam sebelum dimasak kini menjadi kontrioversial, ada yang mengikutinya, ada juga yang tetap mengikuti kebiasaan lama, mencuci ayam sebelum dimasak. Masuk akal saja, coba Anda ke pasar memperhatikan proses pemotongan ayam yang mungkin kurang bersih atau mungkin kita akan merasa jijik kalau ayam yang sudah dipotong-potong tersebut langsung dimasak.

Jika Anda merupakan golongan orang yang suka mencuci ayam sebelum dimasak, mungkin Anda bisa mencoba untuk tidak mencucinya sekali saja untuk melihat perbedaannya. Setelah mencobanya dan memutuskan untuk melanjutkan kebiasaan mencuci ayam sebelum dimasak, maka Anda sebaiknya mengambil langkah-langkah untuk mendesinfeksi dengan benar permukaan cairan atau percikan yang mungkin telah bersentuhan dengan ayam untuk mencegah kontaminasi silang, dan mencuci tangan secara menyeluruh setelah menyentuh daging mentah atau makanan apa pun, atau mencuci alat yang bersentuhan dengannya.

Demikianlah penjelasan Kenapa ayam tidak boleh dicuci sebelum dimasak, serta langkah apa yang dilakukan jika ternyata kita tetap berpegang pada kebiasaan untuk mencuci ayam sebelum dimasak.

data-ad-format="link">

Bagikan informasi tentang Kenapa ayam tidak boleh dicuci sebelum dimasak? kepada teman atau kerabat Anda.

Kenapa ayam tidak boleh dicuci sebelum dimasak? | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk Kenapa ayam tidak boleh dicuci sebelum dimasak?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

20 − 8 =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 50.000
Ready Stock / ALKATEL
Rp 30.000
Ready Stock / BAGEA
SIDEBAR