Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » 10 Dampak Buruk Kurang Tidur di Umur 20an

10 Dampak Buruk Kurang Tidur di Umur 20an

Diposting pada 23 February 2015 oleh Summase S Pd
5/5 (1)

10 Dampak Buruk Kurang Tidur di Umur 20an– Pekerjaan yang menggunung, berpesta dengan teman dan hal lainnya membuat pria dan wanita berumur 20an biasanya mengalami kurang tidur. Kurang tidur ternyata berakibat jangka panjang terhadap kesehatan tubuh. Seperti yang dilansir oleh Cosmopolitan, ini dampak buruk kurang tidur:

10 Dampak Buruk Kurang Tidur di Umur 20an

1. Penyakit jantung
Penelitian yang dilakukan terhadap 54 ribu orang dewasa menunjukan bahwa orang yang tidur kurang dari enam jam tiap malam (atau lebih dari sembilan jam) akan lebih mudah terserang penyakit jantung dan diabetes.

2. Tekanan darah tinggi
Kurang tidur membuat tubuh dan pikiran tertekan sehingga tekanan darah menjadi tinggi. Dalam waktu yang lama, hal ini dapat merusak jantung, pembuluh darah, ginjal dan dapat menyebabkan stroke.

3. Tidak kreatif
Penelitian neuroimaging menunjukan bahwa otak membenahi informasi ketika seseorang beristirahat. Orang yang kurang istirahat akan sulit berkonsentrasi dan mendapatkan ide.

4. Salah mengambil keputusan
Banyak bagian dalam otak yang berperan dalam pengambilan keputusan. Jika otak kurang beristirahat, otak hanya bekerja separuhnya sehingga keputusan yang diambil menjadi buruk.

10 Dampak Buruk Kurang Tidur di Umur 20an

Dampak Buruk Kurang Tidur di Umur 20an (Ilustrasi/CNN)

 

5. Kedutan pada mata
Kelelahan bisa menyebabkan kelainan pada mata yang bernama nystagmus. Dalam keadaan itu, bola mata akan bergerak dengan sendirinya.

6. Masalah kesuburan
Tidak ada bukti yang menyebutkan bahwa kurang tidur akan secara langsung menyebabkan ketidaksuburan. Peneliti menemukan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan stres dan mengganggu circadian rhytm. Keduanya dapat menurunkan reproduksi hormon dan kemungkinan kehamilan.

7. Kenaikan berat badan
Beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang kurang tidur biasanya mengalami kegemukan. Kurang tidur mengganggu hormon yang mengatur pola makan dan memberitahu otak bahwa perut sudah kenyang.

8. Mengaktifkan gen gemuk
Penelitian yang dilakukan pada saudara kembar memperlihatkan bahwa kurang tidur mengaktifkan gen gemuk sehingga risiko gemuk bertambah.

9. Tremor
Gemetaran bisa merusak kemampuan ketepatan gerakan dan pekerjaan yang membutuhkan detail, seperti memasukan benang pada jarum.

10. Penuaan dini
Ketika orang kurang tidur, tubuh mereka mengeluarkan hormon stres cortisol. Jika tubuh mengeluarkan terlalu banyak cortisol, kolagen yang membuat kulit halus dan elastis akan pecah. Kurang tidur juga menurunkan produksi hormon pertumbuhan yang menguatkan kulit dan mencegah keriput. (Republika Online)

Demikianlah 10 Dampak Buruk Kurang Tidur di Umur 20an, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Bagikan informasi tentang 10 Dampak Buruk Kurang Tidur di Umur 20an kepada teman atau kerabat Anda.

10 Dampak Buruk Kurang Tidur di Umur 20an | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk 10 Dampak Buruk Kurang Tidur di Umur 20an

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

12 − 9 =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 225.000
Ready Stock / SKMNT
SIDEBAR