Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » 7 Cara Mudah Merawat Keindahan Rambut

7 Cara Mudah Merawat Keindahan Rambut

Diposting pada 4 January 2016 oleh Summase S Pd

Bagi kaum wanita rambut merupakan mahkota yang harus selalu dijaga keindahannya. Maka dari itu tidak heran jika wanita selalu menjaga helaian rambutnya agar selalu terlihat indah dan menawan. Dewasa ini banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mempercantik tampilan rambut, seperti dikriting, smoothing, rebonding, bleaching, highlights, dan sederet aktivitas lainnya. Tetapi aktivitas-aktivitas itu seringkali membawa dampak buruk bagi kesehatan rambut. Kusam, rapuh, rontok, kering, dan berbagai macam dampak buruk lainnya merupakan hal-hal yang dialami para wanita akibat aktivitas styling tersebut. Berikut ada 7 tips untuk menjaga dan merawat keindahan rambut:

7 Cara Mudah  Merawat Keindahan Rambut

Merawat keindahan rambut

Merawat keindahan rambut (Ilustrasi/flickr)

1. Pilih shampo yang tepat

Sekarang banyak sekali merk dan jenis shampo yang beredar di pasaran. Oleh karena itu, kita harus pandai memilih dan memilah shampo yang digunakan. Sebelum memilih sampo yang pertama harus dilakukan ialah mengenali jenis rambut. Kita harus tahu rambut kita jenis normal, berminyak, kering, atau kombinasi untuk dapat memilih sampo yang tepat. Setelah mengetahui jenis rambut kita, kita dapat memilih shampo yang sesuai dengan jenis rambut. Pastikan shampo yang dipilih mengandung Vitamin E dan nutrisi alami. Selain shampo kita juga menambahkan perawatan alami lainnya untuk rambut, misalnya mengoleskan lidah buaya atau campuran kuning telur dan madu sebelum keramas.

2. Hindari keramas setiap hari

Banyak yang beranggapan memakai shampo setiap hari merupakan hal yang baik, tetapi sayangnya tidak begitu. Aktivitas keramas yang dilakukan setiap hari justru mempengaruhi kelembaban rambut, dan membuat rambut rapuh sehingga rontok. Jadi sebaiknya gunakan shampo 2-3 hari sekali, dan ingat jangan gunakan shampo atau kondisioner secara berlebihan, sebab shampo dan kondisioner me*rang*sang produksi minyak pada rambut. Jika dilakukan secara berlebihan maka minyak yang dihasilkan akan banyak, sehingga membuat rambut rapuh, kusam, dan lepek.

3. Hindari penggunaan hair dryer (pengering rambut)

hair dryer merupakan senjata andalan para wanita untuk membuat rambut cepat kering. Sayangnya senjata ini bisa menjadi senjata makan tuan, sebab ternyata penggunaan hair dryer dapat merusak rambut. Rambut yang terlalu sering terkena pengering rambut kelembabannya akan berkurang bahkan hilang, belum lagi kulit kepala akan menjadi kering. Cara terbaik mengeringkan rambut ialah dengan menggunakan handuk, tetapi jangan menggosoknya terlalu keras. Menggosok handuk pada rambut terlalu keras akan menyebabkan rambut patah, rontok, kusut dan kusam.

4. Jangan terlalu sering mengikat atau mengepang rambut

Terlalu sering mengikat atau mengepang rambut dapat merusak ketahanan rambut, apalagi jika rambut dalam kondisi basah. Ingatlah bahwa rambut basah itu lebih rapuh dibanding rambut kering. Selain itu, rambut yang diikat dalam kondisi basah menjadi lembab sehingga dapat memicu tumbuhnya jamur yang dapat mengakibatkan kepala menjadi gatal dan bau tak sedap. Apabila dibiarkan terus-menerus maka akan berakibat infeksi pada kulit kepala.

5. Potong ujung rambut secara berkala

Memotong atau trim rambut sebulan sekali dapat me*rang*sang pertumbuhan rambut dan menghindari rambut bercabang. Dan untuk yang mengalami masalah rambut bercabang, hal ini dapat mencegah kerusakan rambut yang lebih parah.

6. Pakai pelindung rambut saat beraktivitas di luar ruangan

Paparan sinar UV dari matahari secara langsung dapat menyebabkan terkikisnya kutikula rambut sehingga rambut lama-kelamaan akan mengalami perubahan warna dan keropos. Dengan menggunakan pelindung rambut seperti: topi, kerudung, atau payung dapat memperkecil paparan sinar matahari yang mengenai rambut kita, sehingga mengurangi paparan sinar UV yang dapat merusak rambut.

7. Konsumsi makanan sehat dan seimbang

Mengonsumsi makanan sehat dan seimbang akan membawa dampak positif bagi tubuh kita. Dengan asupan berbagai macam vitamin dan nutrisi yang seimbang rambut akan menjadi indah, kuat dan berkilau serta badan menjadi sehat dan bugar. Nah, supaya rambut sehat dan ternutrisi, konsumsilah makanan yang mengandung protein seperti biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, dan juga buah-buahan dengan cukup, serta perbanyak minum air putih. Tidak bisa dipungkiri, minum air putih yang banyak, minimal 8 gelas sehari, berkhasiat untuk kesehatan tubuh, termasuk juga untuk membuat rambut tidak mengalami dehidrasi (kering).

data-ad-format="link">

Dengan mengubah beberapa yang kebiasaan salah, dan menggantinya dengan kebiasaan-kebiasaan di atas, akan membawa dampak yang baik bagi keindahan dan kesehatan rambut kita. So, selamat mencoba.

Bagikan informasi tentang 7 Cara Mudah Merawat Keindahan Rambut kepada teman atau kerabat Anda.

7 Cara Mudah Merawat Keindahan Rambut | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk 7 Cara Mudah Merawat Keindahan Rambut

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

sixteen + 20 =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 650.000
Ready Stock / PS
SIDEBAR