Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Ayo Cari Tahu Penyebab dan Pengobatan Rambut Rontok

Ayo Cari Tahu Penyebab dan Pengobatan Rambut Rontok

Diposting pada 19 November 2015 oleh Summase S Pd

Rambut rontok merupakan salah satu masalah yang dapat mengganggu penampilan seseorang. Rambut yang rontok tidak hanya dialami oleh wanita, para pria juga sering mengalami permasalahan ini. Rambut yang rontok akan menjadi hambatan untuk penampilan yang sempurna. Bagi wanita rambut seperti sebuah mahkota, itulah sebabnya berbagai cara dilakukan untuk mengatasi permasalahan rambut rontok tidak hanya bagi wanita tetapi juga pria. Bukankah akan sangat mengganggu ketika penampilan yang sudah sangat sempurna harus rusak karena terdapat beberapa helai rambut rontok pada baju yang dikenakan? Pastinya hal tersebut akan sangat mengganggu sekali.

Permasalahan dengan kesehatan rambut tidak hanya rambut rontok, namun ada beberapa masalah lainnya seperti ketombe, rambut rusak, rambut bercabang, kusam, berminyak, dan lain-lain. Akan tetapi yang paling sering dan banyak terjadi ialah rambut rontok. Rambut yang terus menerus rontok akan menyebabkan terjadinya penipisan pada rambut. Rambut yang rontok terkadang merupakan hal yang normal jika total rambut yang rontok per hari hanya 50-100 helai saja. Namun jika sudah lebih dari total yang disebutkan itu telah menjadi kerontokan rambut yang tidak normal. Rambut yang rontok disebabkan oleh beberapa faktor.

Selanjutnya kita akan kenali faktor penyebab rambut rontok.

Penyebab rambut rontok

  • Faktor hormon.

Hal ini kebanyakan terjadi pada para pria, sering terjadi penipisan rambut atau rambut rontok pada masa pubertas. Tidak seimbangnya hormon dalam tubuh dapat mengakibatkan rambut rontok yang berlebihan.

  • Kondisi kesehatan.

Juga bisa terjadi karena kondisi medis yang kurang baik, seperti tiroid, infeksi pada kulit kepala, dan ganguan lainnya.

  • Menggunakan obat-obatan jenis tertentu.

Beberapa jenis obat-obatan yang dikonsumsi oleh pasien penderita kanker, gangguan jantung, radang sendi, dan tekanan darah tinggi akan menyebabkan kerusakan rambut, salah satunya rambut rontok.

  • Akibat gangguan fisik dan emosional.

Terjadinya penipisan rambut atau rambut yang rontok secara berlebihan juga dipicu oleh stres yang berkepanjangan.

  • Sering menarik-narik rambut.

Beberapa orang sering menarik-narik rambut mereka sendiri ketika merasakan sakit kepala, mereka mengatakan jika hal tersebut bisa menyembuhkan sakit kepala. Namun sayangnya bukan sakit kepala yang sembuh, tetapi menyebabkan rambut rontok yang berlebihan.

  • Gaya rambut.

Banyak metode-metode yang dilakukan untuk menjadikan rambut terlihat bagus dan menawan, agar mendapatkan penampilan yang sempurna. Seperti cat rambut, keriting rambut, meluruskan rambut, dan melakukan proses-proses lainnya pada rambut yang malah menyebabkan kerusakan dan rambut rontok.

  • Faktor makanan.

Kesalahan dalam memilih makanan akan mengakibatkan kerontokan rambut. Makanan-makanan berlemak dan pedas memang sangat nikmat dan sangat digemari oleh banyak orang. Akan tetapi makanan inilah yang menjadi salah satu pemicu permasalahan pada rambut seperti rambut rontok.

  • Kurangnya gizi dan vitamin.

Rambut juga membutuhkan asupan gizi dan vitamin, itu diperoleh dari makanan yang kita konsumsi. Namun saat melakukan program diet yang sangat ketat, dapat menyebabkan kurangnya gizi dan vitamin bagi tubuh kita termasuk bagi kesehatan rambut. Hal tersebutlah yang akan membuat rambut rontok berlebihan.

  • Radikal bebas.

Radikal bebas bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari, polusi udara yang ada di sekitar kita, dan bahan kimia yang tidak kita sadari bertebaran di sekeliling kita yang akan menyebabkan rambut menjadi rontok.

  • Ketombe

Ketombe merupakan gangguan lain yang terjadi di kulit kepala manusia. Ketombe merupakan penyebab rambut rontok berlebihan, karena ketombe bisa membuat kulit kepala menjadi tidak sehat. Kulit kepala yang tidak sehat ialah kekurangan nutrisi dan membuat akar rambut menjadi rapuh.

  • Malas keramas.

Rambut yang jarang dikeramas akan menjadi lembab dan berminyak, paparan sinar matahari yang bercampur dengan keringat akan menyebabkan rambut tidak sehat dan rambut menjadi rontok.

  • Mengikat rambut terlalu kuat

Hal ini banyak terjadi pada kaum wanita, beberapa wanita suka sekali mengikat rambut mereka. Akan tetapi ada yang mengikat rambut dengan sangat kuat. Saat seseorang mengikat rambut dengan sangat kuat, akar-akar rambut akan ikut tertarik. Tertariknya akar rambut tersebutlah yang akan menyebabkan kerontokan pada rambut.

Faktor-faktor penyebab rambut rontok yang disebutkan di atas sangat sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari bukan? Oleh karena itu mulai sekarang perbaikilah cara merawat rambut. Sebaiknya perhatikan juga produk-produk perawatan rambut yang akan digunakan pada rambut rontok anda. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut yang rontok.

Cara mengatasi rambut rontok dengan bahan alami

Cara mengatasi rambut rontok

Cara mengatasi rambut rontok (Ilustrasi/pixabay)

data-ad-format="link">
  1. Jahe. Bahan dapur yang satu ini dapat mengatasi kerontokan pada rambut. Cara menggunakannya sangat mudah, haluskan jahe kemudian tempelkan pada kulit rambut. Sebaiknya lakukan kegiatan ini saat malam hari sebelum tidur, biarkan jahe tersebut menempel hingga pagi pada kulit kepala. Selanjutnya pada pagi hari bilas rambut hingga bersih dengan shampoo penumbuh rambut.[Recommend Product: Shampo Kuda Mane ‘n Tail]
  2. Bawang putih. Ternyata bawang putih juga memiliki khasiat untuk mengatasi rambut rontok. Cara penggunaan sama dengan jahe yaitu haluskan dan tempel pada kulit kepala, lalu bilas saat pagi hari. Lihatlah hasilnya rambut rontok akan teratasi.
  3. Teh hijau. Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut serta mengatasi rambut rontok. Cara penggunaannya sangat sederhana, cukup seduh saja teh hijau dengan air panas kemudian oleskan seduhan tersebut pada kulit kepala lalu diamkan selama 1 jam. Setelah itu bilas kepala hingga bersih.
  4. Lidah buaya. Bahan alami yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, salah satunya lidah buaya dapat mengatasi rambut rontok. Kandungan dalam lidah buaya diketahui dapat mengatasi rambut rontok secara alami dan dapat menjadi bahan penyubur rambut. Caranya sangat mudah, cukup ambil sepotong lidah buaya lalu oleskan dagingnya pada kulit kepala dan rambut, kemudian biarkan selama 30 menit. Selanjutnya cuci rambut hingga bersih.
  5. Jeruk nipis. Bahan ini tidak hanya berkhasiat untuk menyegarkan saja, akan tetapi juga dapat mengatasi kerontokan rambut. Caranya, potong jeruk nipis menjadi 2 bagian lalu usapkan pada rambut atau kulit kepala, usapkan hingga merata dan diamkan selama 20 menit kemudian bilas rambut hingga bersih menggunakan shampoo. Jeruk nipis juga sangat efektif mengobati ketombe pada kulit kepala.
  6. Alpukat. Buah alpukat juga memiliki khasiat untuk mengatasi rambut rontok yang berlebihan. Kandungan vitamin E dan protein yang tinggi yang ada dalam buah alpukat berguna untuk menumbuhkan rambut serta mencegah kerontokan pada rambut. Caranya cukup dengan menghaluskan daging buah alpukat dan campurkan dengan sedikit madu, selanjutnya oleskan pada kulit kepala, lalu diamkan selama 30 menit. Selanjutnya bilas rambut hingga bersih menggunakan shampoo.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa mengatasi rambut rontok yang dapat mengganggu penampilan. Rambut adalah mahkota bagi seorang wanita dan rambut juga merupakan bagian tubuh yang penting. Rambut yang sehat merupakan impian banyak orang. Oleh karena itu jika terjadi permasalahan pada rambut seperti terjadi kerontokan rambut, segera atasi permasalahan tersebut sehingga tidak mengganggu penampilan.

Bagikan informasi tentang Ayo Cari Tahu Penyebab dan Pengobatan Rambut Rontok kepada teman atau kerabat Anda.

Ayo Cari Tahu Penyebab dan Pengobatan Rambut Rontok | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk Ayo Cari Tahu Penyebab dan Pengobatan Rambut Rontok

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

10 + 17 =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR