Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Vertigo, Jenis-Jenis dan Cara pengobatannya

Vertigo, Jenis-Jenis dan Cara pengobatannya

Diposting pada 19 October 2014 oleh Summase S Pd

Vertigo, Jenis-Jenis dan Cara pengobatannya – Kata vertigo berasal dari bahasa Yunani yaitu vertere yang berarti memutar, sensasi gerakan atau rasa gerak dari dalam tubuh atau lingkungan sekitarnya, yang kadang disertai oleh gejala-gejala lain terutama dari jaringan otonomik akibat adanya gangguan keseimbangan tubuh.

Vertigo merupakan suatu bentuk penyakit yang berupa gangguan keseimbangan dalam telinga bagian dalam yang menyebabkan si penderita merasa pusing atau dalam artian bahwa keadaan ruangan pada sekelilingnya serasa berputar-putar atau melayang. Kondisi seperti ini karena penyakit vertigo terjadi ketidakseimbangan dalam tonus vestibular. Keseimbangan tubuh pada seseorang dikendalikan oleh otak kecil yang mendapat informasi-informasi mengenai posisi tubuh dari organ keseimbangan di telinga bagian tengah dan mata.

Vertigo terjadi akibat hilangnya masukan perifer disebabkan pada kerusakan labirin dan saraf vestibular atau adanya kerusakan unilateral dari sel inti vestibular. Ada beberapa hal untuk menentukan kelainan yang menyebabkan si penderita terkena vertigo ini ditangani oleh dokter THT dan biasanya dilakukan pemeriksaan ENG (elektronistagmografi)

Jenis-jenis Vertigo

Ada beberapa jenis vertigo yang perlu kita ketahui, yaitu:

  • Vertigo Vestibuler, vertigo jenis ini mempunyai ciri-ciri, lesi pada bagian perifer dari apparatus vestibuler (organ vestibuler atau saraf vestibulokoklear). Penderita merasakan berputar-putar di sekelilingnya, rasanya seperti naik turun. Vertigo jenis ini diikuti
    dengan gejala otonomi seperti nausea dan muntah-muntah.
  • Vertigo posisi jinak, vertigo jenis ini disebabkan oleh hasil dari Kristal kalsium karbonat yang mengambang bebas yang memasuki pada lengan panjang kanalis semisirkularis posterior. Kristal ini melekat pada macula utricular. Bila ada perubahan posisi, Kristal akan bergerak dalam endolymph sehingga menggantikan cupula, dan bila hal ini terjadi maka timbulah vertigo.
  • Vertigo Nonvestibuler, vertigo jenis ini sulit dideskripsikan secara jelas oleh si penderita.  Biasanya kepala terasa pusing, kekosongan pada kepala dan terasa gelap pada pandangan. Gejala ini karena kondisi oscillopsia dan gejala otonom tidak pernah ditemukan.
  • Sindrom Meniere, merupakan jenis vertigo yang mempunyai prinsip kerjanya adalah peningkatan volume endolimfe yang ada hubungannya dengan distensi ke seluruh sistem endolimfatik. Pada bagian lain adalah pecahnya membran labirin.
  • Migrain merupakan jenis vertigo disebabkan oleh vasospasme yaitu cacatnya metabolik yang diturunkan.
  • Tumor sudut cerebellar-pontine, ciri-cirinya pada sistem vestibuler yang mengalami perubahan akibat dari manifestasi klinis yang biasanya dihasilkan berupa sensasi ketidakseimbangan di mana vertigo bersifat akut.
vertigo - jenis-jenis dan cara pengobatannya

vertigo – jenis-jenis dan cara pengobatannya (Ilustrasi/pixabay)

PENGOBATAN VERTIGO

Para prinsipnya setiap penyakit yang diderita pasti ada obatnya tergantung pada penyebabnya. Seperti halnya vertigo ini baik vertigo ringan atau berat. Pada vertigo berat tentunya sebagian orang mengalaminya, di bawah ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan bila kita diserang oleh vertigo, yaitu:

  •  Menarik napas dalam-dalam, pejamkan mata, dan sesegera mungkin untuk berbaring tetapi jika tidak memungkinkan, maka segeralah duduk.
  • Jika berasa mual dan ingin muntah, maka segeralah mencari bantuan orang di sekeliling untuk membantu kita ke toilet.
  • Jika si penderita berbaring, pertahankan posisi itu sampai serangan vertigo hilang atau berkurang.
  • Pejamkan mata kemudian miringkan badan atau kepala digerakkan dengan
    perlahan, jika cara ini tidak ampuh juga maka kita harus memejamkan mata atau kembali ke posisi semula hingga vertigo itu hilang.

Penyebab vertigo masing-masing orang itu berbeda-beda dan untuk mengetahui jenis vertigo bila kita diserang oleh vertigo sebaiknya segera periksakan ke dokter saja agar diketahui dengan cepat. Karena bila jenis penyakit vertigo sudah diketahui oleh sang dokter, biasanya dokter akan mengobati penyebabnya sehingga vertigo tersebut akan sembuh atau hilang meskipun tidak secara total. Sebab vertigo akan datang lagi tanpa kita bisa memprediksi serangannya. Yang utama adalah bagi penderita vertigo sebaiknya untuk menyediakan obat secara darurat.

Terapi Vertigo dengan Transfer Factor

Untuk terapi vertigo dengan suplemen Transfer Factor, Anda dapat menggunakan Transfer Factor Trifactor dengan dosis 3×2

Demikianlah vertigo, jenis dan cara pengobatannya. Semoga Bermanfaat.

data-ad-format="link">

Bagikan informasi tentang Vertigo, Jenis-Jenis dan Cara pengobatannya kepada teman atau kerabat Anda.

Vertigo, Jenis-Jenis dan Cara pengobatannya | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk Vertigo, Jenis-Jenis dan Cara pengobatannya

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

eighteen − eight =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR