Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Yuk Intip Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan Tubuh!

Yuk Intip Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan Tubuh!

Diposting pada 5 February 2017 oleh Summase S Pd

Memang banyak yang mengabaikan bahwa tidur cukup setiap harinya akan berpengaruh pada kesehatan, apalagi para pekerja keras yang merasa mereka akan tetap kuat walaupun begadang setiap hari, bisa jadi Anda termasuk salah satunya. Namun, setelah Anda mengetahui Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan ini, sudah saatnya untuk tak lagi mengabaikan waktu istirahat yang sangat berharga itu.

Dari penelitian yang dilakukan oleh sejumlah ahli kesehatan beberapa waktu lalu, ditemukan bahwa tidur yang kurang, dapat membuat orang mengalami masalah serius pada kesehatan yang berujung pada kematian. Kok bisa? Ya tentu saja, karena tubuh juga butuh waktu untuk istirahat, memulihkan kondisi setelah digunakan seharian penuh. Jika dipaksa bekerja keras, tentu akan terjadi pengurangan kekuatan tubuh untuk melakukan tugas dan fungsinya masing-masing.

Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan Ini, Bakal Bikin Anda Terbelalak!

Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan

Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan (Ilustrasi/pixabay)

Beberapa manfaat yang sangat fenomenal dari tidur ialah meningkatkan daya tahan tubuh, membuat Anda lebih waspada, mengurangi risiko mati lebih cepat, dan yang sangat menyenangkan ialah membuat Anda lebih cerdas dan fokus dalam melakukan kegiatan apapun.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Dikutip dari Dailymail, peneliti UW Medicine Sleep Center, melakukan pengujian pada sejumlah orang kembar tentang pola tidur mereka. Ternyata, para kembar yang tidurnya cukup, memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik, mereka jadi lebih sehat dan terhindar dari serangan berbagai penyakit. Penelitian dilakukan dengan melakukan uji darah, dimana hasilnya kembar yang cukup tidur memiliki sel darah tubuh lebih maksimal.

  • Lebih waspada

Tidur delapan jam sehari, membuat otak mampu melakukan pengisian ulang energi yang kemudian membuat tubuh lebih waspada. Apalagi jika yang hanya tidur sekitar satu setengah jam sehari, akan membuat Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan  tidak terasa, bahkan kewaspadaan menurun hingga di atas 30 persen. Berdasarkan temuan beberapa instansi, penyebab kecelakaan lalu lintas kebanyakan ialah karena pengguna kendaraan kurang tidur, yang kemudian membuatnya tak mawas diri saat berkendara.

  • Kurangi risiko kematian

Jika Anda rutin tidur enam hingga delapan jam sehari, Anda akan hidup lebih sehat, karena metabolisme tubuh berjalan lancar. Sementara bagi yang tidur hanya sekitar empat jam saja, akan mudah sakit, yang ujung-ujungnya membahayakan keselamatan. Studi menyebutkan bahwa orang yang kurang tidur, memiliki umur lebih pendek ketimbang yang tidurnya berkualitas.

  • Cerdas dan fokus

Dengan tidur cukup, kecerdasan akan meningkat, kenapa? Karena saraf otak berkembang baik, terutama otak kanan yang berhubungan dengan kecerdasan. Alhasil, orang yang tidur cukup akan terbilang lebih cerdas ketimbang yang tidur tidak teratur. 

Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan Akan Maksimal Melalui Tahap Tidur Ini

Mungkin Anda tak sadar bahwa sebenarnya tidur memiliki tahapannya sendiri, tak ada orang yang tertidur langsung lelap, semua akan melewati tahapan tidur. Tapi memang, durasi masing-masing tahapan akan berbeda pada setiap orang. Dimulai dengan tahapan Non Rapid Eye Movement (NREM) yang terbagi atas empat tahapan, pertama saat mulai tertidur biasanya lima menit pertama, dimana kalau dibangunkan akan sangat mudah. Kedua ialah 10 sampai 30 menit berikutnya dimana tidur sudah semakin pulas, tubuh sudah mulai rileks, detak jantung juga menurun, dan ketiga ialah menit ke-40 dan seterusnya dimana tidur sudah semakin nyenyak dan sangat sulit untuk dibangunkan, kalaupun bangun akan membutuhkan waktu untuk benar-benar sadar.

Tahapan kedua ialah Rapid Eye Movement (REM) dimana tidur sudah sangat lelap, dan biasanya dimulai pada menit 70 ke atas. Dan saat inilah mimpi bisa tercipta, bagi kondisi normal otak akan membuat tubuh menjadi “lumpuh”, sehingga tak ada bagian tubuh yang ikut bergerak ketika mimpi terjadi. Namun pada kondisi tertentu, sebagian orang akan mengalami mimpi sambil berjalan atau mengigau.

Dengan mengetahui bagaimana Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan dan tahapan tidur yang sebenarnya, Anda bisa jadi mengerti bahwa tidur bukanlah sekadar memejamkan mata dan terlelap, namun banyak manfaat yang terjadi ketika tidur terjadi. Makanya, jika Anda ingin lebih sehat, tidurlah dengan durasi terbaik dan rasakan kedahsyatannya.

data-ad-format="link">

Bagikan informasi tentang Yuk Intip Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan Tubuh! kepada teman atau kerabat Anda.

Yuk Intip Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan Tubuh! | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk Yuk Intip Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan Tubuh!

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

3 × one =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
STOK HABIS
Rp 450.000
Ready Stock / WOOACC
SIDEBAR