Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » 10 Cara Menjaga Kemampuan Otak

10 Cara Menjaga Kemampuan Otak

Diposting pada 8 July 2015 oleh Summase S Pd

10 Cara Menjaga Kemampuan OtakBicara tentang kesehatan otak, anda mungkin pernah mendengar istilah use it, or lose it, yang artinya gunakan kemampuan otak anda, atau anda akan kehilangannya. Namun, para ahli baru-baru ini menyatakan bahwa pola makan yang benar, olahraga dan menjaga kesehatan tubuh memiliki peran penting untuk memperlambat penuaan otak. Bulan Juni yang lalu, untuk memperingati Bulan Alzheimer dan Otak, Asosiasi Alzheimer mempublikasikan 10 tips untuk menyayangi otak anda. Penuaan memang adalah suatu proses yang tidak dapat dihindarkan. Tidak ada juga satu pun hal spesifik yang jika anda lakukan, akan menurunkan risiko anda terkena Alzheimer, atau yang disebut juga pikun. Namun, jika anda melakukan 10 tips ini dengan seimbang, anda dapat menua dengan sehat.

10 Cara Menjaga Kemampuan Otak

Melakukan aktivitas fisik secara teratur. Aktivitas fisik melancarkan peredaran darah, termasuk peredaran darah ke otak. Para ahli percaya bahwa sedikit penurunan aliran darah di otak, lama kelamaan dapat bertambah dan menyebabkan seseorang kehilangan kemampuannya. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa olahraga dapat menurunkan risiko kehilangan kemampuan otak.

Cara Menjaga Kemampuan Otak

Cara Menjaga Kemampuan Otak (Ilustrasi/pixabay)

Berhenti merokok. Merokok meningkatkan risiko penurunan fungsi otak. Jika anda berhenti merokok, anda bisa menurunkan risiko tersebut hingga ke titik yang sebanding dengan orang yang tidak pernah merokok.

Tangani kondisi-kondisi yang mempengaruhi kesehatan jantung. Kondisi-kondisi seperti kegemukan, tekanan darah yang tinggi, kadar kolesterol yang tinggi dan diabetes bukan hanya menyebabkan komplikasi pada jantung, tetapi juga pada otak kita.

Tidur yang cukup. Penelitian-penelitian telah mengungkapkan adanya hubungan antara kurang tidur dengan gangguan pada pemikiran dan ingatan.

Menjaga kesehatan mental kita. Depresi, kegelisahan, dan stress dapat mempercepat penuaan otak. Hormon stress yang dihasilkan tubuh kita secara berlebihan saat berada dalam kondisi-kondisi mental tersebut menyebabkan otak lebih cepat mengerut.

Melindungi kepala kita. Cedera otak seringan apapun bisa meningkatkan risiko penurunan kemampuan otak dan terjadinya demensia atau pikun. Cara melindungi kepala, tentu saja kita sudah mengetahuinya bukan? Dengan cara menggunakan sabuk pengaman ketika naik kendaraan roda empat, memakai helm ketika mengendarai sepeda motor atau saat melakukan permainan olahraga, dan berhati-hati agar tidak jatuh.

Diet sehat yaitu rendah lemak dan kaya buah-buahan dan sayuran. Diet yang baik dapat mencegah dan memperbaiki kondisi pada hampir semua penyakit kronis. Diet yang baik bukan hanya mempengaruhi fungsi kognitif otak, tetapi juga membuat kita lebih panjang umur.

Tiga kondisi terakhir yang dibahas oleh Asosiasi Alzheimer berfokus untuk mendorong kita menggunakan otak secara aktif. Hal ini dapat menyebabkan terbentuknya koneksi-koneksi saraf yang baru, dengan demikian menjaga otak kita dari kemunduran.

Tetap belajar. Belajar secara kontinu dapat menurunkan risiko penurunan fungsi otak dan demensia atau pikun.

Tetap bersosial. Orang-orang yang memiliki kehidupan sosial yang aktif telah terbukti memiliki otak yang lebih aktif dan sehat.

Beri tantangan kepada otak. Lakukan sesuatu yang membutuhkan pemikiran, seperti bermain puzzle, membuat karya seni, atau bermain permainan yang membutuhkan pemikiran rasional.

Sumber: MedlinePlus (http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/news/fullstory_153351.html)

Demikianlah 10 Cara Menjaga Kemampuan Otak, semoga bermanfaat. Jangan lupa memberikan suplemen untuk otak Anda, jaga kesehatan Anda, dan ada juga suplemen Transfer factor trifactor untuk mencegah dari kepikunan (Alzheimer). Suplemen untuk otak: CNI Omega 3 with Ester C, Mixture Marrow Powder

data-ad-format="link">

Bagikan informasi tentang 10 Cara Menjaga Kemampuan Otak kepada teman atau kerabat Anda.

10 Cara Menjaga Kemampuan Otak | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk 10 Cara Menjaga Kemampuan Otak

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

7 + twenty =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR