Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » 10 Manfaat buah Markisa bagi Kesehatan

10 Manfaat buah Markisa bagi Kesehatan

Diposting pada 23 January 2015 oleh Summase S Pd

10 Manfaat buah Markisa bagi Kesehatan – Dikatakan bahwa tanaman buah markisa hidupnya merambat dan merupakan tanaman yang tumbuh liar di daerah subtropis Amerika Selatan. Pertumbuhan tanaman Markisa sangat cepat dan bisa hidup di tanah yang kering tapi juga subur dengan kelembaban yang baik. Sekarang jenis buah Markisa yang awalnya tumbuhan liar ini, sudah dikenal di seluruh dunia yang umumnya dimanfaatkan sebagai minuman sari buah markisa.

Markisa atau biasa disebut sebagai granadilla ungu merupakan buah yang berbentuk seperti telur dan mempunyai kulit keriput. Tanaman buah markisa ini banyak tumbuh di negara-negara tropis dan sub-tropis. Buah markisa mempunyai ciri khas yaitu mempunyai aroma yang berbeda dan rasa manis dibandingkan dengan buah yang lain. Dari sebagian orang buah ini dijadikan jus, seperti halnya di provinsi Medan, buah markisa ini dijadikan komoditas yang menguntungkan. Disamping untuk konsumsi sebagai minuman, buah markisa ini mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh. Dan ini beberapa manfaat buah markisa untuk kesehatan.

Setiap buah markisa setidaknya mengandung phosphor 12 miligram, zat besi 0,3 miligram, kalsium 2 miligram, potassium atau kalium sebanyak 63 miligram, sodium 5 miligram, vitamin A-130 IU, vitamin C, 5 miligram, dan magnesium sebanyak 5 miligram.

10 Manfaat buah Markisa bagi Kesehatan

Manfaat buah markisa

Manfaat buah markisa (Ilustrasi/pixabay)

Adapun manfaat buah markisa (sesuai takarannya) adalah sebagai berikut:

1. Kesehatan usus

Biji markisa yang umumnya berlimpah dengan serat yang larut dalam air, ternyata dapat memberikan komponen fungsional serta sangat efisien untuk meningkatkan kesehatan usus. Karena serat-serat buah markisa dalam amylase usus dapat menurunkan pH serta kadar ammonia. (Amilase adalah enzim penting untuk mengubah gula kompleks menjadi gula sederhana) penurunan pH sekum serta ammonia dalam tubuh membantu keseimbangan bakteri dalam usus serta mengurangi resiko membesarnya tumor dalam usus besar. Selain itu serat markisa membantu gerakan usus untuk mengeluarkan racun-racun dari seluruh tubuh.

2. Anti Kanker

Sebagian orang tentu ada yang mengidap penyakit kanker. Buah markisa ini sangat kuat dan cocok bagi penderita kanker, karena buah markisa ini mengandung beberapa zat kimia, seperti fosfor, zat besi, kalsium, potassium, sodium, vitamin C, vitamin A dan magnesium. Zat-zat tersebut merupakan senyawa yang dapat melawan berbagai jenis penyakit serta bermanfaat untuk melawan dan membunuh sel-sel kanker, oleh sebab itu buah markisa disebut juga sangat bermanfaat sebagai obat anti kanker. Buah markisa berwarna kuning karena adanya fitokimia, warna kuning tersebut disebabkan adanya harmalin, harmol, passaflorine, viteksin, karotenoid, krisin, harmine dan isoviteksin. Selain diduga dapat menyembuhkan penyakit kanker, buah ini mempunyai kandungan gizi yang berlimpah seperti asam sitrat, niasin, asam askorbat, tiamin, karoten, riboflavin, serat, energy, lemak serta protein. Kesemuanya zat-zat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh kita dalam membantu kinerja seluruh organ-organ di samping untuk membantu metabolisma tubuh.

3. Mengurangi Kecemasan:

Gangguan kecemasan merupakan istilah yang mencakup beberapa bentuk-bentuk ketakutan patologis dan bersifat abnormal. Kecemasan ini adalah sebuah frase umum dimana seseorang akan merasa khawatir, ketakutan serta stress, secara psikologi ini adalah jenis penyakit kejiwaan. Efek kecemasan ini sebagai tantangan setiap gejala menghambat individu untuk tidur. Secara umum kecemasan ini disebabkan oleh tidak adanya reaksi atau rangsangan dari luar tubuh. Untuk mengurangi rasa kecemasan yang berlebihan maka opsi yang digunakan adalah dengan mengkonsumsi air markisa atau jus markisa. Dengan jus markisa telah terbukti dalam mengatasi dan mengurangi tanda-tanda dan gejala kecemasan.

4. Mengatasi insomnia

Insomnia dikatakan sebagai kurangnya kemampuan untuk tidur dalam jangka panjang, gejala insomnia adalah sulitnya tidur walaupun sudah berusaha memejamkan mata, atau tidak bisa tidur sama sekali. Penyakit ini ada hubungannya dengan gejala kardiovaskular yang berpotensi menyebabkan kematian karena gagal jantung. Oleh karena itu manfaat bunga buah markisa sangat cocok dengan insomnia ini.

Caranya cukup tradisional dan alami dengan memanfaatkan bunga markisa. Bunga markisa ini cukup dikeringkan, setelah kering kemudian diseduh dengan air panas, diberi gula secukupnya (tergantung selera) kemudian minum setiap hari lebih baik. Atau dengan cara yang berbeda misalnya memakan langsung buah markisa yang sudah masak, efeknya adalah bahwa buah markisa memberikan efek kantuk pada bagian saraf yang mengakibatkan ketenangan dalam pikiran. Cara ini lebih baik daripada menggunakan obat tidur, karena obat tidur biasanya mengandung efek samping yang dapat membahayakan di kemudian hari.

5. Penuaan dini

Buah markisa mengandung limpahan vitamin C, antioksidan yang melindungi bahaya dari radikal bebas yang berfungsi untuk menghindari penuaan dini, menjaga kekebalan tubuh yang sangat kuat. Radikal bebas pada buah markisa ini sangat berguna untuk tubuh kita dan dapat mengurangi penyakit seperti penyakit arteri koroner, penyakit Alzheimer, jantung, arthritis, demensia, serta diabetes. Selain menawarkan penyakit tertentu, buah markisa bisa menghambat penumbuhan keriput pada kulit.

6. Bantuan diet

Bila kita mempunyai berat badan yang gendut dan ingin mengurangi berat badannya, maka konsumsilah buah markisa, sebab buah markisa dapat mengurangi lemak yang mengendap dalam tubuh kita. Buah markisa merupakan buah yang benar-benar rendah kalori, hanya 97 kalori untuk setiap 100 gram. Hal ini lebih rendah dari sodium serta lemak sendiri. Dengan mengkonsumsi buah markisa setiap waktu, niscaya lemak yang diendap pada tubuh kita akan segera menurun dan berkurang.

7. Memudahkan relaksasi

Segelas jus markisa membantu kita dalam mengistirahatkan saraf-saraf yang ada pada tubuh kita, pikiran menjadi tenang, kita berasa santai, intinya mengurangi stress karena kegiatan sehari-hari. Juz markisa juga bisa direkomendasikan untuk mengatasi gangguan pencernaan dan dimungkinkan untuk mengatasi masalah lambung, baik ringan atau akut.

8. Menormalkan tekanan darah tinggi

Banyak serat pada daging buah markisa juga mengandung potassium dalam jumlah yang banyak dan berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi), selain potassium juga mengandung magnesium yang berfungsi untuk mengontrol detak jantung sehingga dapat menormalkan tekanan darah agar kembali normal.

9. Kesehatan Jantung

Pada buah markisa terdapat provitamin omega 3 dan omega 6 yang berfungsi penting untuk menjaga kesehatan proses peredaran darah. Dua provitamin ini diduga mampu membersihkan saluran pada pembuluh arteri dan meminimalkan tingkat gula darah, sebagai informasi bahwa tingginya gula darah merupakan penyebab utama timbulnya diabetes juga jantung koroner, jadi intinya bahwa buah markisa sangat bermanfaat agar jantung kita tidak berdenyut kencang.

10. Kesehatan mata

data-ad-format="link">

Kehilangan penglihatan mata yang jernih biasanya disebabkan kekurangan gizi dalam makanan. Tetapi itu dapat diperbaiki dan menjadi normal dengan mengkonsumsi makanan sehat. Buah markisa merupakan salah buah yang jumlah antioksidan dan vitamin A cukup tinggi, disamping vitamin C dan flavonoid. Nutrisi tersebut sangat membantu dalam melindungi mata dari kerusakan radikal bebas, sehingga buah markisa ini sangat bermanfaat sekali sehingga dapat mengembalikan dan meningkatkan fungsi penglihatan.

Demikianlah 10 Manfaat buah Markisa bagi Kesehatan, semoga bermanfaat bagi kesehatan kita. Dan bagi Anda yang ingin membeli jus markisa, kami menyediakan berbagai macam merek minuman markisa khas Sulawesi.

Bagikan informasi tentang 10 Manfaat buah Markisa bagi Kesehatan kepada teman atau kerabat Anda.

10 Manfaat buah Markisa bagi Kesehatan | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk 10 Manfaat buah Markisa bagi Kesehatan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

twenty + 16 =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 300.000
Ready Stock / WOOPPC
Rp 125.000
Ready Stock / DRP
SIDEBAR