Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » 5 Cara Mempererat Ikatan Batin dengan Anak

5 Cara Mempererat Ikatan Batin dengan Anak

Diposting pada 8 June 2015 oleh Summase S Pd

5 Cara Mempererat Ikatan Batin dengan Anak – Setiap orang tua tentu memiliki caranya tersendiri dalam mengasuh anak. Caranya bisa tergantung terhadap waktu, lingkungan, ataupun pengetahuan dari orang tua itu sendiri.

Nah, hasil dari cara mengasuh dan mendidik anak ini akan sangat terlihat ketika sang anak beranjak dewasa. Akan terlihat apakah metode pengasuhan yang dilakukan sebelumnya berdampak positif atau negatif terhadap perkembangan karakter dari sang anak itu sendiri.

Dewasa ini, sistem pengasuhan anak lebih dititikberatkan kepada sang ibu. Sementara sang ayah, lebih fokus sebagai pencari nafkah. Padahal sebenarnya, mendidik dan mengasuh anak itu merupakan tanggung jawab dari keduanya.

Namun dengan tingginya tuntutan ekonomi, maka banyak orang tua yang lebih fokus untuk mencari nafkah di luar rumah dan menyerahkan pengasuhan anak kepada baby sitter. Saat tanggung jawab untuk mengasuh anak ini diberikan kepada orang lain, maka akan menimbulkan dampak yang negatif terhadap ikatan batin antara sang anak dan orang tuanya. Maka tak heran jika saat ini ada banyak sekali generasi muda yang sulit untuk dikontrol.

Cara mempererat ikatan batin pada anak

Cara mempererat ikatan batin pada anak (Ilustrasi/pixabay)

Maka dari itu, untuk bisa mencegah munculnya para generasi yang kehilangan panutan dan moralitis, maka sangat penting untuk terus menjaga ikatan batin antara anak dan orang tua. Karena pada dasarnya, kerenggangan hubungan antara keduanya selalu dimulai dari lingkungan keluarga itu sendiri.

Agar bisa menghindari kerenggangan hubungan batin ini, ada beberapa tips yang sebaiknya Anda terapkan sebagai orang tua:

5 Cara Mempererat Ikatan Batin dengan Anak

Waktu Bersama Anak

Memperbanyak waktu bersama anak-anak merupakan salah satu langkah utama agar hubungan batin antara keduanya bisa semakin kuat. Selain itu, kebiasaan seperti ini juga akan membuat hubungan rumah tangga menjadi lebih bahagia.

Menghargai Anak

Menghargai dan menyayangi anak bukan hanya sekedar menafkahi ataupun mengabulkan permintaannya dengan membelikan mainan, tapi juga dengan memberikan keteladan serta rasa bahagia. Jangan membuat anak Anda menjadi terisolasi sehingga merasa kesepian. Sebaiknya berikan penghargaan terhadap anak Anda sekalipun ia melakukan hal yang biasa saja.

Hubungan Antar Anggota Keluarga

Cara mempererat ikatan batin dengan anak selanjutnya adalah dengan mempererat hubungan antara anggota keluarga yang lainnya juga. Tidak ada salahnya bagi Anda untuk sekedar mengunjungi dan berkumpul bersama keluarga yang lain. Dengan memperkenalkan anak Anda kepada keluarga yang lain, maka secara tidak langsung ia akan belajar mengenai interaksi sosial.

Belajar Sambil Bermain

Kebanyakan orang tua melarang anak-anaknya untuk bermain sepanjang hari dan lebih memilih untuk memberikan mereka pengajaran yang bersifat edukatif. Sebenarnya, perlakuan seperti ini hanya akan membuat anak-anak menjadi lebih cepat bosan dengan rutinitasnya. Untuk itu, seimbangkanlah waktu antara bermain dan mengajarkan anak Anda mengenai budi pekerti agar ia bisa menjalani hari-harinya dengan lebih ceria.

Memperhatikan Anak

Cobalah untuk lebih memperhatikan keluh kesah dari anak Anda. Ketika ia memiliki masalah, berikanlah nasehat atau solusi yang baik dan sesuai dengan umurnya, sehingga ia akan merasa terlindungi dan diperhatikan oleh keluarganya.

Mengasuh dan mendidik anak merupakan tanggung jawab dari setiap orang tua. Jangan selalu menyerahkan hal ini kepada baby sitter, karena hanya akan semakin merenggangkan hubungan batin antara Anda dengan sang anak.

data-ad-format="link">

Semoga informasi mengenai 5 cara mempererat ikatan batin dengan anak di atas bisa membantu Anda untuk mendidik dan mengasuh anak lebih baik lagi agar mereka bisa tumbuh menjadi genrasi yang patuh dan bisa menghargai orang lain. Semoga bermanfaat bagi keluarga saya dan keluarga Anda, dan semoga bisa dipraktekkan, karena mempraktekkannya jauh lebih sulit dari hanya sekedar teori.

Bagikan informasi tentang 5 Cara Mempererat Ikatan Batin dengan Anak kepada teman atau kerabat Anda.

5 Cara Mempererat Ikatan Batin dengan Anak | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk 5 Cara Mempererat Ikatan Batin dengan Anak

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

eight + 4 =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
STOK HABIS
QUICK ORDER
*Harga Hubungi CS
Habis / PIM
SIDEBAR