Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » 5 Tips Menghindari Sakit Pinggang Saat Bekerja di Belakang Komputer

5 Tips Menghindari Sakit Pinggang Saat Bekerja di Belakang Komputer

Diposting pada 20 August 2016 oleh Summase S Pd

Di Zaman sekarang ini komputer sudah tidak asing lagi. Komputer memiliki fungsi yang sangat penting dalam berbagai bidang, baik dalam perkuliahan, maupun dalam pekerjaan perkantoran/perusahaan. Banyak diantara kita bekerja dengan menggunakan komputer. Bekerja berhadapan dengan komputer setiap hari sangatlah melelahkan, apalagi apabila kita bekerja 5 hari dalam seminggu kurang lebih 7 jam berhadapan dengan komputer. Duduk di belakang meja selama 7 jam sehari sangatlah menjemukan, membuat mata lelah, leher tegang dan juga timbulnya pegal pada punggung dan pinggang. Apalagi bila meja di kantor tidak sesuai dengan postur tubuh kita, akan timbul ketegangan otot setiap hari. Untuk itu, perlunya beberapa cara pencegahan agar kita tidak didatangi rasa pegal pinggang dan ketegangan otot terus menerus, misalnya dengan menggerakan anggota tubuh sesekali untuk menghindari rasa pegal.

Berikut ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi rasa lelah dan pegal saat harus bekerja terus menerus dengan komputer :

data-ad-format="link">
  1. Cobalah untuk aktif sesekali berjalan beberapa langkah ke meja rekan kerja sambil mengobrol, menyapa, atau melakukan rapat dengan berdiri agar badan lebih aktif dan produktif. Jalan melihat-lihat ke jendela kantor sambil menggerakan anggota tubuh. Hal ini bisa mengurangi ketegangan pada otot. Berdasarkan beberapa peneliti dari Amerika menemukan bahwa bekerja sambil berdiri beberapa saat dapat membuat orang bekerja lebih kolaboratif.

    Tips Menghindari Sakit Pinggang Saat Bekerja di Belakang Komputer

    Tips Menghindari Sakit Pinggang Saat Bekerja di Belakang Komputer (Ilustrasi/pixabay)

  2. Gunakanlah alas kaki atau sepatu yang nyaman saat duduk di depan meja. Sepatu yang memiliki bantalan yang cukup, mendukung keadaan badan menjadi lebih baik saat anda duduk di depan meja. Sepatu yang nyaman akan menghindarkan rasa sakit atau pegal punggung, karena tumpuan kaki yang menahan tubuh untuk mendapat posisi duduk yang nyaman.
  3. Cobalah untuk memasang reminder/pengingat setiap dua atau tiga jam sekali pada handphone anda. Hal ini bertujuan mengingatkan anda untuk melakukan gerakan badan mulai dari tangan, bahu, pinggang hingga kaki atau berdiri dan berjalan sebentar, sehingga membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah ketegangan otot pada tubuh.
  4. Di saat jam istirahat siang, tinggalkanlah meja kerja anda sekurang-kurangnya 3o menit. Hal ini dimaksudkan untuk membersihkan dan merefresh pikiran kita. Selain itu untuk mengisi energi berikutnya untuk melanjutkan pekerjaan kita hingga petang nanti.
  5. Duduklah dengan postur yang baik saat bekerja, misalnya anda duduk tegak menghadap komputer, atau bersandar dengan mengganjal bantal di punggung. Carilah posisi senyaman mungkin untuk menghindari ketegangan otot.

Demikianlah 5 cara menghindari sakit pinggang saat bekerja di depan komputer. Semoga tips di atas bisa membantu anda mencegah rasa pegal dan lelah bekerja dengan komputer. Semoga artikel ini bermanfaat.

Bagikan informasi tentang 5 Tips Menghindari Sakit Pinggang Saat Bekerja di Belakang Komputer kepada teman atau kerabat Anda.

5 Tips Menghindari Sakit Pinggang Saat Bekerja di Belakang Komputer | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk 5 Tips Menghindari Sakit Pinggang Saat Bekerja di Belakang Komputer

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

2 × 3 =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR