Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Beberapa Gaya Posisi Tidur Ibu Hamil 5 Bulan yang Aman Anjuran Dokter

Beberapa Gaya Posisi Tidur Ibu Hamil 5 Bulan yang Aman Anjuran Dokter

Diposting pada 17 December 2016 oleh Summase S Pd

Kehamilan sangat ditunggu-tunggu oleh sebagian besar pasangan suami istri, apalagi oleh pasangan baru. Saat kehamilan mulai memasuki minggu ke-16 atau genap 4 bulan, para ibu hamil pasti sangat kebingungan untuk mengatur posisi tidurnya. Karena pada saat usia kandungan memasuki usia 4-5 bulan, sangat penting untuk diperhatikan posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang telah dianjurkan oleh para dokter, karena dengan posisi tidur juga akan mempengaruhi perkembangan janin ke depannya. Pada saat usia kandungan ibu memasuki bulan ke 5, perut ibu sudah mulai terlihat besar, terkadang pada saat ini terjadi beberapa masalah yang timbul saat ibu akan beristirahat atau menjelang tidur. Yaitu diantarnya, ibu hamil merasa seluruh badan capek dan pegal-pegal yang dirasakan, sering pusing saat tidur karena biasanya posisi bantal yang digunakan salah, terjadi pembengkakan pada kaki ibu hamil. Semua gejala yang terjadi pada ibu hamil itu dapat diatasi dengan mengatur posisi tidur pada ibu hamil tersebut.

Para dokter sangat menganjurkan untuk para ibu hamil saat usia kandungan memasuki bulan ke 4 sampai bulan seterusnya, sangat dianjurkan untuk mengatur posisi tidur ibu hamil 5 bulan atau selebihnya pada bulan berikutnya karena untuk keamanan dan kebaikan pada janin. Tidur merupakan aktifitas yang sangat berguna untuk kesehatan ibu hamil sangat berpengaruh pada kesehatan janin dan juga pada ibu hamil, maka dari itu, agar ibu hamil dapat beristirahat dengan nyaman dan aman, maka terapkan beberapa contoh posisi tidur ibu hamil 5 bulan ke atas agar ibu hamil dapat beristirahat dengan nyaman, dan janin juga agar berkembang dengan baik.

  1. Posisi tidur ibu hamil miring ke kiri atau ke kanan

Posisi tidur ibu hamil dengan posisi miring sangat dianjurkan oleh para dokter. Posisi tidur miring ini dapat diterapkan pada usia kehamilan berapapun, apalagi sangat dianjurkan posisi tidur ibu hamil 5 bulan dan bulan seterusnya. Posisi tidur miring ini sangat bermanfaat untuk ibu dan janinnya, karena pada saat posisi badan dalam keadaan miring ke kiri, maka aliran darah dan nutrisi pada ibu yang menuju ke janin akan lebih lancar, karena vena cava inferior yang berada pada tulang belakang akan sejajar dan tidak tertekan maka dari itu aliran menjadi sangat lancar. Hal ini sangat bermanfaat pada kesehatan janin ibu hamil. Dan untuk posisi miring ini juga bermanfaat sangat baik untuk ibu hamil, yaitu saat badan dalam keadaan miring akan mempermudah ginjal untuk proses pembuangan kelebihan-kelebihan cairan dalam tubuh, atau zat-zat yang tidak berguna. Sangat berguna untuk ibu hamil agar tidak terjadi pembengkakan pada kaki atau tangan.

Posisi tidur ibu hamil 5 bulan

Posisi tidur ibu hamil 5 bulan (Ilustrasi/pixabay)

  1. Posisi tidur ibu hamil bersandar

Posisi tidur ibu hamil 5 bulan ke atas sangat harus dijaga dengan salah satunya posisi tidur yang baik dan nyaman, yaitu posisi tidur bersandar. Posisi bersandar dapat dilakukan oleh ibu hamil pada waktu ingin bersantai dan beristirahat. Jika pada posisi miring tidak dapat memberikan kenyamanan pada ibu hamil, bisa gunakan posisi tidur dengan posisi bersandar. Karena kebanyakan pada saat hamil dengan usia kehamilan mencapai bulan ke-5 atau bulan selebihnya terkadang ibu merasa sangat resah, karena tidak bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak. Dan biasanya punggung belakang ibu terasa sangat pegal-pegal dan nyeri, maka dokter menyarankan untuk mencoba merubah posisi tidur dengan bersandar sejenak. Dengan menggunakan beberapa bantal yang diletakkan memanjang pada sandaran tempat tidur, dan ibu hamil dapat bersandar dengan tumpuan bantal tersebut. Dengan beberapa bantal yang menyangga kepala, leher, punggung dan samping pinggang, menjadikan ibu terasa lebih nyaman dan dapat mengurangi kegelisahan pada punggung belakang. Dan juga bermanfaat untuk memperlancar pernafasan pada ibu hamil.

  1. Posisi tidur dengan meninggikan posisi kaki

Posisi tidur dengan meninggikan posisi kaki ini dapat digunakan bersamaan pada saat tidur dengan posisi miring. Posisi tidur ibu hamil 5 bulan dapat juga dilakukan posisi tidur dengan meninggikan posisi kaki. Untuk meninggikan posisi pada kaki juga dapat dilakukan ketika ibu hamil melakukan tidur dengan posisi miring. Dengan meletakkan beberapa bantal untuk mengganjal kaki ibu hamil. Dengan posisi seperti ini dapat bermanfaat untuk memperlancar aliran balik dari area kaki menuju ke jantung, sehingga posisi ini dapat memberi manfaat pada ibu agar tidak timbul pembengkakan pada kaki. Pada ibu hamil, apalagi yang sudah memasuki bulan ke-5, pastinya ukuran perut pada ibu semakin membesar dan semakin besar pada bulan berikutnya, yang mengakibatkan kaki menopang berat badan yang semakin berat yang pada akhirnya kaki sering kali terjadi pembengkakan. Dengan posisi tidur ibu hamil 5 bulan dengan meninggikan posisi kaki akan memperlancar aliran darah dari kaki ke jantung agar kaki ibu tidak terjadi pembengkakan.

Itulah beberapa posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang dapat juga diterapkan pada usia kehamilan setelahnya. Untuk pengertian diatas, dengan posisi tidur yang baik dan nyaman untuk ibu hamil, juga terdapat beberapa posisi tidur yang tidak baik digunakan tidur oleh para ibu hamil, diantaranya yaitu posisi tidur ibu hamil 5 bulan dengan posisi terlentang, karena dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan pada janin dan ibu hamil sendiri. Dan untuk selanjutnya yaitu posisi tidur ibu hamil 5 bulan ke atas dengan posisi tidur tengkurap, posisi tidur dengan tengkurap ini sangat tidak dianjurkan oleh para dokter, karena dapat membahayakan janin pada ibu hamil.

data-ad-format="link">

Bagikan informasi tentang Beberapa Gaya Posisi Tidur Ibu Hamil 5 Bulan yang Aman Anjuran Dokter kepada teman atau kerabat Anda.

Beberapa Gaya Posisi Tidur Ibu Hamil 5 Bulan yang Aman Anjuran Dokter | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk Beberapa Gaya Posisi Tidur Ibu Hamil 5 Bulan yang Aman Anjuran Dokter

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

18 + 4 =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 150.000
Ready Stock / YUNBAI
SIDEBAR