Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Melahirkan Dengan Cara Lotus Birth? Kenapa Tidak!

Melahirkan Dengan Cara Lotus Birth? Kenapa Tidak!

Diposting pada 28 January 2017 oleh Summase S Pd

Siapa bilang melahirkan hanya bisa dilakukan di tempat tidur dengan cara mengejan? Saat ini, sudah banyak dikembangkan metode melahirkan, yang nyaman bagi wanita dan tidak memiliki resiko tinggi, baik bagi si jabang bayi, maupun sang ibu. Salah satu yang sedang banyak diperbincangkan ialah Melahirkan Dengan Cara Lotus Birth. Atau melahirkan bayi dengan membiarkan tali pusarnya lepas secara alami.

Metode ini sebenarnya bukanlah hal baru di dunia medis, sebab berabad-abad yang lalu di beberapa negara, masyarakatnya sudah menggunakan metode ini, hanya saja karena banyak kontroversi sekaitan dampaknya bagi kesehatan bayi, masyarakat saat itu kemudian beralih pada metode lain. Namun di Indonesia dan dunia, saat ini metode unik ini kembali booming, bahkan sejumlah artis papan atas memilih metode ini untuk kelahiran anak mereka. Lantas seperti apa sebenarnya prosesnya?

Ini Dia Proses Melahirkan Dengan Cara Lotus Birth

Melahirkan Dengan Cara Lotus Birth

Melahirkan Dengan Cara Lotus Birth (Ilustrasi/By KellyPhD (Own work) [CC BY-SA 3.0], via Wikimedia Commons)

Buat Anda para ibu hamil yang tertarik Melahirkan Dengan Cara Lotus Birth, pastinya harus punya pengetahuan terlebih dahulu tentang segala seluk beluk cara ini. salah satunya ialah prosesnya. Yuk intips info berikut ini.

  • Secara umum, proses melahirkan sama dengan kelahiran normal atau caesar pada umumnya. Mulai dari kontraksi hingga bayi keluar dari rahim. bedanya ialah, ketika bayi sudah keluar, dokter tidak akan menjepit tali pusar bayi agar cepat putus, melainkan membiarkannya tetap terhubung pada plasenta.
  • Dilanjutkan dengan membersihkan bayi, sambil menunggu plasenta keluar dengan sendirinya pada proses normal, atau pengangkatan plasenta jika proses kelahiran caesar. Memang butuh beberapa ahli untuk menunjang suksesnya proses ini, karena ketika plasenta keluar, dan masih terhubung pada perut bayi, plasenta kemudian dibersihkan hingga tak ada darah dan lendir lainnya, dengan teknik tertentu, agar cepat kering.
  • Setelah itu bayi ditidurkan di dalam box, sementara plasenta ditempatkan di samping bayi, tepatnya di atas handuk halus dan media yang terlindung.
  • Biasanya butuh tiga hingga 10 hari hingga tali pusar bayi lepas alami dari plasenta. Dan selama proses itu, bayi dan plasenta tak bisa dipisahkan, karena masih terhubung.

Apa Sih Manfaat Melahirkan Dengan Cara Lotus Birth?

Kalau melihat prosesnya, memang akan banyak yang bilang bahwa proses ini menyusahkan pasangan. Sebab saat melakukan apapun, baik menyusui, mandi, buang air, bahkan bepergian, orangtua harus membawa serta plasenta si bayi, yang harus ditempatkan di sebuah box khusus. Belum lagi kenyataan bahwa plasenta jika tidak dibersihkan maksimal akan menimbulkan bau kurang sedap. Namun selama persiapan pasangan sudah maksimal, semua bisa dilalui dan memberikan manfaat besar bagi bayi.

Bayi Tenang

Kalau biasanya bayi baru lahir akan sangat rentan menangis, apalagi setelah tali pusarnya dipotong, akan berbeda kondisinya jika sang bayi masih terhubung dengan plasentanya lewat prosedur Lotus Birth. Sebab ,selama plasenta masih “hidup” dia akan mengalirkan sisa nutrisi yang ada ke dalam tubuh bayi, yang akan membuat bayi nyaman seperti saat masih di dalam kandungan. Jadi para orangtua tidak terlalu terbebani dengan bayi rewel nantinya.

Suplai Darah Tercukupi

Plasenta merupakan penyuplai darah ke tubuh bayi, jika pada kelahiran biasa, plasenta dihentikan menyuplai darah saat tali pusar dipotong, pada metode Melahirkan Dengan Cara Lotus Birth bayi akan tetap mendapatkan asupan darah yang cukup, sehingga kadar haemoglobinnya tercukupi.

Adakah Efek Negatif Melahirkan Dengan Cara Lotus Birth?

Sejauh ini memang belum ada penegasan bahwa metode Lotus Birth aman seratus persen untuk kesehatan bayi. Bahkan dari beberapa kajian mengatakan bahwa ada efek negatif dari prosedur tersebut, seperti bayi jadi rentan terinfeksi, jika plasentanya tidak steril dan dibersihkan maksimal, sebab apa yang ada di dalam plasenta langsung terhubung pada bayi melalui tali pusar. Efek lainnya ialah ketika orang tua ceroboh, bisa saja tali pusar putus sebelum waktunya yang akan sangat membahayakan bayi jika tak segera ditangani.

Memang butuh persiapan lebih jika ingin Melahirkan Dengan Cara Lotus Birth, namun sejatinya melahirkan dengan cara apapun, harapan orangtua tentu anak bisa lahir dengan sehat, sempurna, dan tumbuh berkembang secara maksimal. Tinggal bagaimana Anda dan pasangan memaknainya dan memilih proses melahirkan yang tepat.

data-ad-format="link">

Bagikan informasi tentang Melahirkan Dengan Cara Lotus Birth? Kenapa Tidak! kepada teman atau kerabat Anda.

Melahirkan Dengan Cara Lotus Birth? Kenapa Tidak! | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk Melahirkan Dengan Cara Lotus Birth? Kenapa Tidak!

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

5 × four =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR