Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Cara meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak

Cara meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak

Diposting pada 28 January 2018 oleh Summase S Pd

Seiring bertambahnya usia, kita semua pasti pernah mengalami yang namanya lupa. Kita lupa di mana kita meletakkan kunci, di mana kita memarkir mobil atau mengapa kita masuk ke sebuah ruangan. Hal ini membuat frustrasi sebagian besar dari kita, namun bagi beberapa orang yang berusia 60-an, hal ini dapat memicu ketakutan jangan-jangan menderita penyakit Alzheimer. Proses memori melibatkan penerimaan dan pengkodean informasi baru. Otak mencatat informasi dan mengambil informasi yang tepat saat kita membutuhkannya. Lapisan luar otak yang luar biasa, korteks serebral, menerima informasi baru, yang kemudian dikodekan oleh amigdala dan akhirnya, ia disimpan sebagai memori oleh hippocampus. Bila kita membutuhkan informasi tertentu, lobus frontal otak membantu kita secara sadar mengambil informasi yang benar. Banyak orang mulai memperhatikan perbedaan pada daya ingat mereka mulai usia 50-an. Ini terjadi ketika perubahan terkait usia pada kurir kimiawi kita (neurotransmiter) dan struktur otak. Perubahan ini memperlambat kecepatan pemrosesan dan membatasi kapasitas daya ingat kita, sehingga sulit bagi kita untuk mengingat nama atau kata-kata. Daya ingat kita dipengaruhi oleh gangguan, kecemasan, stres dan kurang tidur. Beberapa obat anti-kecemasan dan antidepresan juga dapat mempengaruhi ingatan kita. Jika Anda menggunakan obat anti-kecemasan atau antidepresan, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah terapi alternatif itu dapat dilakukan. Efek sampingnya bisa membuat otak Anda kurang tajam dan lesu, sehingga lebih sulit untuk melakukan proses pengkodean, perekaman dan pengambilan. Kiat berikut ini bisa membantu memperbaiki ingatan Anda, meskipun proses penuaan harus kita alami suatu hari nanti. Cara meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak:

  • Pengulangan: Secara verbal ulangi atau tuliskan apa yang Anda dengar, seperti nama, alamat, atau gagasan baru seseorang. Pengulangan meningkatkan kemungkinan otak Anda akan mencatat informasi dan dapat menemukannya kembali nanti.
  • Daftar:
    Cara meningkatkan daya ingat

    Cara meningkatkan daya ingat

    Buat daftar tugas, janji ketemu, daftar belanjaan dan orang-orang untuk dihubungi.

  • Asosiasi: Buatlah asosiasi antara informasi lama dan baru. Hubungkan nama depan seseorang dengan sesuatu yang familiar, seperti cerita atau acara.
  • Organisasi: Selalu simpan barang yang sering Anda gunakan, seperti kunci mobil Anda. dompet atau kacamata di tempat yang sama, jadi Anda tahu di mana mencarinya.
  • Pengelompokan: Memecah informasi menjadi beberapa bagian kecil, seperti mengambil nomor yang panjang dan mengingatnya lebih mirip nomor telepon atau tanggal lahir Anda. Jika Anda mencoba menghafal pidato, fokuskan pada poin yang paling penting, atau tulis poin di kartu.

Selain tips di atas, penting untuk melakukan gaya hidup sehat. Pada tahun 2015, sebuah penelitian terkontrol secara acak di Finlandia menunjukkan bahwa orang dewasa yang lebih tua yang melakukan kebiasaan sehat, seperti mengikuti diet sehat, berolahraga secara teratur dan bersosialisasi, dapat memperbaiki atau mempertahankan fungsi otaknya.

Salah satu cara terbaik untuk melindungi kemampuan berpikir Anda adalah melakukan latihan aerobik. Ini akan membantu memperbaiki kesehatan otak dengan meningkatkan aliran darah ke otak. Latihan menstimulasi otak untuk melepaskan faktor neurotropika yang diturunkan dari otak (BDNF), molekul protein yang penting untuk memperbaiki sel otak dan menciptakan hubungan di antara keduanya.

Studi menunjukkan bahwa mereka dengan tingkat BDNF yang lebih tinggi memiliki risiko demensia yang lebih rendah. Anda harus menjalani 150 menit latihan aerobik moderat dan dua sesi 30 menit setiap latihan ketahanan per minggu. Contoh latihan aerobik meliputi berlari, berenang, jalan cepat atau bersepeda. Sedangkan mengangkat beban, menggunakan pita resistensi, melakukan push-up dan sit-up merupakan contoh latihan ketahanan.

Mengenai makanan sehat, ialah makanan yang baik untuk jantung dan pembuluh darah, berarti Anda sebaiknya banyak memakan buah, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, alpukat dan ikan (salmon, sarden dan makarel), meskipun harus disadari bahwa beberapa ikan dan kerang mungkin memiliki kandungan merkuri yang tinggi. Hindari daging olahan seperti hot dog, dan ham. Pastikan memilih lemak tak jenuh yang sehat seperti minyak zaitun atau minyak canola melebihi lemak jenuh seperti mentega. Mengonsumsi Melia Biyang juga merupakan salah satu cara meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak. Atau mungkin Anda memerlukan BrainPlus IQ untuk tetap menjaga daya ingat dan kesehatan otak Anda.

Sosialisasi juga memiliki manfaat bagi otak yang sangat penting. Orang-orang yang memiliki hubungan yang mendukung secara emosional dan aktivitas bermakna dengan orang lain memiliki risiko demensia yang lebih rendah.

Dan akhirnya, untuk mendukung dan menjaga kesehatan otak Anda secara keseluruhan, penting untuk mempertahankan kebiasaan berikut ini:

  • Cukup tidur: Orang yang tidur kurang dari tujuh jam perhari memiliki risiko lebih tinggi mengalami demensia.
  • Mengelola stres: Stres mendorong pelepasan hormon kortisol, yang sangat membantu dalam jumlah kecil. Namun kadar kortisol yang tinggi dalam waktu lama menyebabkan plak berlebih pada pembuluh darah, yang membatasi pemberian oksigen dan nutrisi ke otak, merupakan faktor yang menyebabkan otak mengalami kerusakan.
  • Mengelola kesehatan fisik dan mental: Mengobati dan mengendalikan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes dan depresi.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Berhenti mero**kok: Berhenti menurunkan risiko penyakit pembuluh darah dan kerusakan otak.

Kebiasaan dan gaya hidup sehat yang lebih baik akan menghasilkan kesehatan otak yang lebih baik, yang pada gilirannya akan membuat otak Anda tetap tajam sehingga Anda dapat menikmati kualitas hidup yang lebih baik, dan semakin lama memasuki tahun-tahun berikutnya.

data-ad-format="link">

Demikianlah Cara meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak, semoga bermanfaat. Selain cara-cara di atas, Anda juga dapat mengikuti 5 Cara Meningkatkan Daya Ingat dengan Sederhana ini.

Bagikan informasi tentang Cara meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak kepada teman atau kerabat Anda.

Cara meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk Cara meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

seventeen + five =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 52%
Rp 60.000 Rp 125.000
Ready Stock / MBS
Rp 600.000
Ready Stock / BPIQ
SIDEBAR