Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Khasiat 7 jenis bumbu dapur bagi kesehatan

Khasiat 7 jenis bumbu dapur bagi kesehatan

Diposting pada 28 September 2015 oleh Summase S Pd
5/5 (1)

Khasiat 7 jenis bumbu dapur bagi kesehatan – Tuhan menciptakan segala sesuatu tidak sia – sia, dan Tuhan menciptakan penyakit pasti ada obatnya. Siapa sangka, bumbu dapur yang biasanya hanya diperhitungkan di dapur saat ini mulai merambah ke dunia medis dan kecantikan. Pengobatan alternative dengan mengedepankan obat herbal saat ini sudah banyak dilirik orang. Bagi orang – orang tertentu, cara pengobatan alternative dengan obat herbal dirasa lebih manjur dan tidak menimbulkan efek samping. Bagi orang – orang yang memiliki alergi terhadap obat – obatan kimia, pengobatan herbal ini juga menjadi alternatif. Namun tentu lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Nah bagi penyuka dunia kuliner, biasanya bisa memprediksi bumbu apa yang dicampurkan untuk memperkuat rasa masakan yang disajikan. Apalagi bagi yang suka memasak, bumbu – bumbu dapur yang biasa digunakan dalam mengolah masakan terutama masakan khas Indonesia yang dikenal kaya akan rempah pastilah sudah tidak asing.

Indonesia sendiri dikenal sebagai Negeri yang kaya akan rempah. Masih ingat bukan pelajaran sejarah, ratusan tahun Negara – Negara Eropa menjajah Negeri kita karena apa? Benar, untuk menguasai perdagangan rempah – rempah sebagai komoditas prospektif kala itu. Rempah – rempah dipercaya memiliki berbagai manfaat, tidak hanya sebagai penyedap masakan sebagaimana orang Indonesia banyak memanfaatkannya, namun juga bagi kesehatan, kecantikan dan industri.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yang dimaksud dengan rempah – rempah adalah berbagai jenis hasil tanaman yang beraroma, seperti pala, cengkih, lada untuk memberikan bau dan rasa khusus pada makanan. Sementara dalam website Wikipedia (id.m.wikipedia.org) disebutkan bahwa rempah – rempah adalah bagian tumbuhan yang beraroma atau berasa kuat yang digunakan dalam jumlah kecil di makanan sebagai pengawet atau perisa dalam makanan. Dahulu rempah – rempah juga banyak digunakan dalam pengobatan, meskipun sekarang sudah jauh berkurang.

Sebenarnya bukan hanya rempah – rempah, bumbu penyedap masakan (yang banyak dikenal sebagai bumbu dapur) lainnya juga memiliki khasiat yang tidak kalah bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut khasiat 7 jenis bumbu dapur bagi kesehatan:

Khasiat 7 jenis bumbu dapur bagi kesehatan

Khasiat bumbu dapur untuk kesehatan

Khasiat bumbu dapur untuk kesehatan (Ilustrasi/pixabay)

  1. Lada atau Merica

Jika Anda terbiasa menebak bumbu yang ditambahkan dalam makanan, maka dengan mudah Anda bisa menebak adanya lada atau dikenal juga sebagai merica dalam makanan tersebut. Merica memiliki rasa khas yang pedas. Berbeda dengan rasa pedas pada cabe yang dapat memancing reaksi panas dalam pada tubuh, rasa pedas pada merica memberikan efek hangat yang positif bagi tubuh. Khasiatnya yang menghangatkan tubuh tersebut membuat merica dapat membantu tubuh mengatasi masuk angin dan influenza.

2. Bawang Putih

Khasiat bawang putih sebagai penangkal kanker dan menurunkan kolesterol dalam darah mungkin sudah banyak orang tahu. Namun selain dua khasiat tersebut, bawang putih memiliki khasiat lain bagi kesehatan. Kandungan gas hidrogen sulfida dalam bawang putih membantu menurunkan risiko penyempitan pembuluh darah sehingga memperkecil risiko tekanan darah tinggi. Manfaatnya dalam menurunkan kolesterol dan mengatur tekanan darah, berdampak positif bagi tubuh dalam melindungi organ jantung. Disamping itu, bawang putih juga berkhasiat menangkal virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

3. Bawang Merah

Bawang merah ternyata memiliki khasiat yang tidak jauh berbeda dengan bawang putih. Kandungan sulfide yang ada pada bawang putih ternyata juga ditemukan pada bawang merah, yang menyebabkan bawang merah juga berkhasiat baik bagi upaya pencegahan kanker seperti kanker usus, paru – paru, prostat dan juga kanker usus. Seperti halnya bawang putih, bawang merah juga dapat memperkecil risiko penyempitan pembuluh darah dan mengontrol tekanan darah sehingga memperkecil risiko penyakit jantung. Sifat senyawa anti radang yang terkandung di dalam bawang putih dapat membantu meredakan rasa nyeri dan sakit pada perut.

Mengunyah bawang merah pada batas tertentu dipercaya dapat mengatasi sembelit, selain juga membasmi kuman penyebab penyakit mulut. Konsumsi air rebusan bawang merah dapat meredakan nyeri saat buang air kecil. Bawang merah juga dapat dicampurkan pada minyak urut untuk menghangatkan tubuh, biasanya untuk mengusir masuk angin.

4. Cengkeh

Cengkeh merupakan rempah – rempah yang memiliki aroma khas. Karena itu, rempah – rempah ini tidak hanya dimanfaat untuk memperkuat rasa pada masakan namun juga untuk memperkuat aroma masakan. Saat ini cengkeh telah banyak diekstrak secara modern menjadi minyak cengkeh yang dapat digunakan untuk meringankan pegal – pegal pada kaki dan tangan. Aroma yang dihasilkan cengkeh juga banyak dimanfaatkan sebagai aromaterapi untuk merelaksasi tubuh, yaitu dengan mencampurkan minyak cengkeh ke dalam air rendaman tubuh yang hangat. Kandungan eugenol yang tinggi pada minyak cengkeh menjadikannya banyak dimanfaatkan sebagai anti septik, termasuk anti septik untuk gigi dan mulut. Pemanfaatannya sebagai obat tradisional dapat dilakukan dengan meminumnya. Cara membuat minuman cengkeh dilakukan dengan menyeduhnya bersama air panas atau mencampurkan cengkeh yang telah dihaluskan ke dalam air panas, kemudian meminumnya selagi hangat.

5. Kayu Manis

Dibalik aroma dan rasanya yang khas, kayu manis ternyata memiliki khasiat yang tidak kalah dengan bumbu dapur lainnya bagi kesehatan. Seperti lada, kayu manis ternyata juga mengandung zat yang dapat menghangatkan sehingga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan masuk angin, influenza maupun demam.

Kayu manis juga menghasilkan minyak alami yaitu Cinnamaldehyde yang memiliki khasiat luar biasa. Minyak ini selain berkhasiat mencegah penggumpalan darah juga dapat mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri pada tubuh karena kemampuannya sebagai anti bakteri dan mikroba. Khasiat kayu manis sebagai pencegah penggumpalan darah juga dikarenakan kayu manis mengeluarkan arachidonic, yaitu asam lemak yang berfungsi sebagai anti peradangan sehingga berkhasiat mengurangi peradangan termasuk radang usus maupun tenggorokan. Tidak hanya itu, kayu manis ternyata memiliki kandungan anti oksidan yang dapat membantu mengontrol gula darah dan membantu memperbaiki respon insulin pasien diabetes tipe 2. Seperti halnya cengkeh, aroma khas kayu manis juga dapat meningkatkan aktivitas otak sehingga membantu meningkatkan kemampuan berkonsentrasi.

6. Ketumbar

Vitamin K yang sudah dikenal sebagai pendukung kesehatan tulang dan membangun massa tulang, ternyata juga terkandung di dalam ketumbar. Sehingga dengan mengonsumsi ketumbar atau memanfaatkannya sebagai campuran bumbu makanan berarti Anda telah mengonsumsi vitamin K yang terkandung di dalamnya.

Kandungan bermacam vitamin dan mineral dalam ketumbar juga dipercaya dapat memperlancar proses pencernaan sehingga menyehatkan lambung. Di samping itu, ketumbar ternyata juga berkhasiat memperlancar ASI, mengobati keracunan oleh jamur serta radang lambung. Sehingga bila Anda sudah lama tidak buang angin, coba konsumsi ketumbar untuk membantu memperlancar buang angin Anda. Karena kesulitan buang angin salah satunya dapat disebabkan adanya masalah dalam lambung atau pencernaan.

7. Pala

Pala merupakan jenis rempah yang menghasilkan rasa pedas seperti merica atau lada. Seperti halnya lada, pala juga memiliki khasiat menghangatkan badan sehingga dapat digunakan untuk menyembuhkan masuk angin dan perut kembung. Pala juga mengandung zat saponin yang dipercaya dapat menurunkan asam lambung. Kandungan enzim lipase dalam rempah ini dapat memperlancar pencernaan, sementara sifat antiemetiknya dapat menghilangkan mual dan muntah. Pala juga berkhasiat menyehatkan otak, mengeluarkan racun dari dalam tubuh, meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh, memperlancar peredaran darah serta menyehatkan tulang karena kandungan kalsiumnya.

Demikian tadi khasiat dari 7 jenis bumbu dapur bagi kesehatan. Jadi, dengan menambahkan bumbu – bumbu tersebut ke dalam masakan Anda tidak hanya memperkuat rasa masakan tersebut, tetapi juga mendapatkan khasiat lain dari kandungan vitamin dan mineral dan sifat – sifat yang dimiliki bumbu – bumbu tersebut. Selamat mencoba!

data-ad-format="link">

Selain bumbu dapur di atas, Tokoina.com juga menyediakan produk-produk kesehatan berkualitas tinggi dan sudah diolah dengan hiegenis untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Bagikan informasi tentang Khasiat 7 jenis bumbu dapur bagi kesehatan kepada teman atau kerabat Anda.

Khasiat 7 jenis bumbu dapur bagi kesehatan | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk Khasiat 7 jenis bumbu dapur bagi kesehatan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

eighteen − 12 =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
STOK HABIS
QUICK ORDER
Popular!
Rp 95.000
Ready Stock / MKLRJ
SIDEBAR