Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » Mengenal Lebih Dekat Makanan dan Minuman Berkalsium Tinggi

Mengenal Lebih Dekat Makanan dan Minuman Berkalsium Tinggi

Diposting pada 6 October 2015 oleh Summase S Pd
5/5 (2)

Mengenal Lebih Dekat Makanan dan Minuman Berkalsium Tinggi – Salah satu mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang, apalagi kalau bukan kalsium. Perlu Anda ketahui jika kalsium ini merupakan mineral yang memiliki jumlah paling banyak dibandingkan mineral-mineral lainnya yang ada dalam tubuh kita.

Kekurangan kalsium akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan, terutama kesehatan tulang. Sudah barang tentu kita ketahui jika kalsium sangat dibutuhkan oleh semua umur mulai anak-anak hingga para manula, namun dengan jumlah yang berbeda-beda tentunya. Misalkan saja untuk kebutuhan kalsium terbanyak sangat dibutuhkan oleh wanita dewasa dalam rentang usia antara 51 hingga 71 tahun. Pada usia tersebut mereka membutuhkan rata-rata sebanyak 1200 mg kalsium per hari.

Semakin bertambahnya usia kita, maka kebutuhan tubuh akan kalsium juga semakin meningkat. Hal ini dikarenakan semakin manusia bertambah tua, maka kandungan kalsium dalam tubuh juga semakin berkurang. Beruntungnya, untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh kita sebenarnya tak terlalu sulit. Kita bisa mendapatkan suplai kalsium dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang ada atau sering kita jumpai di sekitar kita sehari-hari. Meski begitu, kandungan kalsium yang terdapat pada beberapa jenis makanan dan minuman tersebut cukuplah tinggi. Nah, berikut ini saya akan bagikan jenis-jenis makanan apa saja yang mengandung kalsium dan pastinya bisa dijadikan referensi dalam pemenuhan kebutuhan kalsium Anda sehari-hari.

Makanan dan Minuman Berkalsium Tinggi

Kalsium Dari Sayuran

Bayam

Bayam mengandung kalsium tinggi

Bayam mengandung kalsium tinggi (Ilustrasi/wikipedia)

Sudah pasti sayuran yang identik dengan kandungan kalsium serta zat besi ini menjadi yang pertama terlintas dalam ingatan kita. Bayam merupakan sayuran hijau yang mampu menghasilkan kalsium hingga sebanyak 200 mg. Jumlah ini tentu saja cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium sehari-hari.

Kangkung

Berikutnya adalah kangkung, yang memang memiliki berbagai manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Di dalam kangkung, selain terdapat kandungan serat tinggi, ternyata juga terdapat kandungan kalium serta kalsium yang bisa dibilang tinggi. Sehingga cukup baik untuk dikonsumsi dalam memenuhi kebutuhan kalsium sehari-hari. Namun ingatlah, dil uar manfaat kalsium dari kangkung, efek dari adanya kandungan lain berupa kalium secara tak langsung dapat membuat mengantuk bagi penderita darah rendah (meski belum terbukti secara ilmiah).

Lobak

Sayuran berbentuk batangan yang satu ini ternyata mampu menghasilkan 200 mg kalsium per batangnya. Olahan yang cocok adalah seperti pada masakan soto atau acar.

Kol

Kandungan kalsium dalam kol cukup lumayan, yakni kurang lebih sebanyak 90 mg. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan bahan campuran beserta sayuran lainnya menjadi sebuah menu sehari-hari semisal sup atau mungkin lalapan.

Brokoli

Selain dari bentuknya yang unik, rasa yang segar, dan cocok buat diet, brokoli ternyata masuk sebagai sayuran yang memiliki serat tinggi dan juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, yaitu sebanyak 180 mg.

Kalsium dari Kacang-Kacangan/Biji-Bijian.

Kacang Kedelai

Kacang yang lebih sering dikonsumsi sebagai olahan tempe oleh masyarakat Indonesia ini selain memiliki kandungan protein tinggi, ternyata juga mampu menghasilkan 261 mg kalsium jika direbus. Kandungan tersebut adalah jumlah kalsium pada kedelai yang masih murni sebelum menjadi olahan tertentu.

Edamame

Masih dari jenis kacang kedelai, Edamame atau yang juga disebut dengan kacang kedelai jepang merupakan jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan kalsium cukup tinggi, yakni sekitar 98 mg kalsium. Uniknya, kacang edamame ini selain bisa dikonsumsi dengan cara direbus, kacang kedelai ini juga bisa langsung dimakan.

Kacang Putih

Kandungan kalsium yang dimiliki oleh kacang putih juga cukup tinggi yakni sebanyak 175 mg. Merupakan jenis kacang-kacangan yang mudah diperoleh di pasar-pasar tradisional maupun pasar modern sekalipun.

Biji Wijen

Meski biji ini lebih sering hanya dijadikan sebagai topping atau garnish pada sebuah menu makanan, namun jangan meremehkan kandungan kalsium yang dibawanya. Dalam 1 ons biji wijen ternyata terkandung kalsium hingga 280 mg yang sangat membantu dalam pemenuhan kebutuhan kalsium tubuh sehari-hari.

Kacang Almond

Jenis kacang-kacangan yang lezat ini juga tak kalah dalam hal menghasilkan kalsium. Almond yang penggunaannya biasa dicampurkan ke dalam olahan lain, seperti kue dan coklat ini ternyata selain kaya akan kandungan vitamin E, kalium serta zat besi-nya, kacang almond juga mengandung kalsium sebanyak 72 mg pada takaran seperempat cangkirnya.

Kalsium Pada Buah-buahan

Pisang

Buah Pisang yang sudah menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat Indonesia ini merupakan jenis buah yang punya banyak manfaat. Dalam buah ini terdapat banyak kandungan mineral antara lain fosfor, magnesium, kalium, zat besi, dan kalsium.

Jeruk

Buah yang identik dengan kandungan vitamin C ini juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Satu buah jeruk dapat menghasilkan setidaknya 65 mg kalsium. Dan itu cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda perhari, terlebih bisa saja kita mengonsumsi buah ini lebih dari satu dalam satu harinya.

Buah Ara

Buah yang disebut juga sebagai buah surga atau Tin ini bisa Anda jadikan alternatif lain untuk pemenuhan kebutuhan kalsium tubuh. Kandungan kalsium dan juga kalium pada buah ara bermanfaat untuk mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang, dan membuat tulang lebih padat.

Tahukah Anda bahwa dalam buah ara mengandung kalsium dengan jumlah yang lebih tinggi dibanding kalsium dalam susu. Kandungan kalsium buah ara yakni sebesar 107 mg kalsium per 2 buahnya.

Alpukat

Inilah kandungan dalam 100 gram buah Alpukat

  • Energi sebesar 85 kilokalori
  • Protein 0,9 gram
  • Karbohidrat 7,7 gram
  • Lemak 6,5 gram
  • Kalsium 10 miligram
  • Fosfor 20 miligram
  • Zat besi 1 miligram
  • Vitamin A sebanyak 180 IU
  • Vitamin B10,05 miligram
  • Vitamin C13 miligram.

Dengan kandungan seperti di atas, tak salah jika alpukat memiliki banyak sekali manfaat serta khasiat yang bermanfaat bagi tubuh. Pastinya juga kandungan kalsium yang tinggi yang sangat baik dalam memenuhi kebutuhan kalsium Anda perhari.

Kalsium Dari Umbi-Umbian

Ubi Jalar

Selain bisa dijadikan sebagai pengganti nasi dan sumber tenaga, ubi jalar ternyata juga mampu membantu pemenuhan kebutuhan akan kalsium tubuh. Makanan rendah kalori serta tinggi serat ini selain memiliki kandungan serat betakaroten, pada ubi jalar yang berukuran sedang terdapat sekitar 55 mg kalsium. Sedangkan pada ubi jalar yang sudah dimasak terdapat 76 mg kalsium per cangkir.

Kalsium Pada Makanan Laut

Ikan Salmon

Selain memiliki kandungan protein yang tinggi. Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki banyak kandungan mineral yang tinggi dan pastinya sangat berguna bagi tubuh. Selain kandungan protein, ternyata dalam 3 ons ikan salmon memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi sebesar 181 mg.

Sarden

Tahukah Anda jika jenis ikan yang biasa dikemas dalam wadah kaleng ini memiliki kandungan kalsium dalam jumlah yang cukup tinggi. Ikan sarden dapat membantu pemenuhan kebutuhan akan kalsium hingga 30% dari kalsium yang diperlukan oleh tubuh.

Udang

Dalam Udang memang terdapat banyak kandungan mineral bermanfaat yang salah satunya adalah kalsium. Pada tiap 100 gram udang terkandung 54 mg kandungan kalsium. Jadi selain enak, Anda akan mendapatkan banyak manfaat sekaligus dari beberapa kandungan mineral yang ada pada udang.

Kerang

Sama seperti udang, kerang juga jenis makanan laut yang cocok dimasukkan dalam daftar makanan yang dapat menjadi sumber kalsium Anda perharinya. Jumlah kandungan kalsium kerang adalah 133 mg per 100 gram kerang, dengan jumlah yang dapat dikonsumsi sebanyak 20%. Bahkan kini olahan cangkang kerang juga dapat dikonsumsi dengan cara dijadikan tepung, dan pastinya memiliki kandungan kalsium yang tinggi.

Kalsium Dari Bahan Olahan

Susu Kedelai

Jika Anda termasuk salah satu orang yang memiliki alergi terhadap susu sapi, tak ada salahnya mencoba minumam susu dari hasil olahan kacang kedelai. Dalam satu cangkir susu kedelai, Anda sudah bisa mendapatkan kandungan kalsium sebesar 300 mg.

Tahu

Masih dari hasil olahan kedelai, yakni Tahu yang juga menjadi makanan populer di Indonesia yang ternyata memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Sudah pasti sumber kalsium yang satu ini sangat mudah didapatkan di sekitar Anda.

Oatmeal

Oatmeal yang merupakan sejenis sereal sehat yang memang lebih dikenal sebagai makanan sehat bagi mereka yang sedang menerapkan pola hidup sehat. Dalam oatmeal selain terdapat kandungan serat tinggi, terkandung pula kandungan kalsium yang tinggi, yakni sekitar 105 mg dalam per sajian/mangkuknya.

Crackers

Makanan jenis crackers maupun biskuit ternyata juga memiliki kandungan kalsium yang bisa dibilang cukup tinggi. Takaran ini berbeda-beda pada tiap jenisnya. Ada jumlah kandungan yang diukur per kemasan, dan ada yang per 2 atau 3 buah crackersnya. Namun pada intinya, makanan ini memang dapat membantu pemenuhan akan kebutuhan kalsium Anda perharinya. Untuk beberapa jenis crackers ini diantaranya seperti regal, dan jenis malkist memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi.

Biji bunga matahari.

Jenis camilan yang satu ini mungkin bisa juga Anda jadikan sebagai alternatif lain sebagai sumber pemenuhan kalsium bagi tubuh Anda sehari-hari. Biji bunga matahari ini memiliki banyak kandungan mineral sehat yang diantaranya adalah magnesium, kalium, selenium, dan pastinya juga kalsium.

Kalsium Dari Olahan Sapi

Susu

Minuman sehat dari olahan sapi yang satu ini pasti banyak yang sudah mengetahui tentang gizi dan manfaatnya. Susu memiliki kandungan kalsium tinggi, yakni terdapat hingga 270 mg kalsium per egelas susu. Minum dua gelas susu perhari dapat memenuhi kebutuhan kalsium Anda per hari.

Keju

Selain susu dari kedelai, keju juga bisa digunakan untuk menggantikan susu bagi yang alergi terhadap protein dari susu hewani. Anda bisa mencampurkan keju ke dalam menu makanan Anda semisal roti, burger, dan lain sebagainya. Dengan begitu Anda tetap bisa mendapatkan asupan kalsium perharinya.

data-ad-format="link">

Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu produk olahan dari susu yang sangat populer. Selain dapat membantu melancarkan pencernaan, ternyata yoghurt juga memiliki kandungan kalsium yang baik untuk tubuh sehari-hari. Hal ini tidaklah mengejutkan, karena yoghurt merupakan produk olahan susu yang sangat memiliki kandungan mineral dan gizi yang banyak.

Sumsum Tulang Sapi

Anda suka mengonsumsi sumsum tulang sapi? Jika iya, maka Anda sudah menambah satu lagi olahan makanan yang di dalamnya mengandung kalsium dalam daftar menu Anda. Sumsum tulang sapi ini merupakan satu jenis makanan dengan kandungan kalsium tertinggi. Bagaimana tidak, sumsum tulang sapi memiliki kandungan kalsium sebanyak 40x lipat kalsium dari yang terdapat dalam susu sapi.

Dengan mengetahui makanan dan minuman apa saja yang memiliki kandungan kalsium tinggi, setidaknya mulai saat ini Anda bisa mulai mengatur atau membuat menu yang lebih sehat tiap harinya. Semoga artikel tentang Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kalsium Tinggi kali ini bisa bermanfaat bagi Anda semua. Jangan lupa melengkapi kebutuhan nutrisi untuk kesehatan Anda dengan produk kesehatan dari Tokoina.com

Bagikan informasi tentang Mengenal Lebih Dekat Makanan dan Minuman Berkalsium Tinggi kepada teman atau kerabat Anda.

Mengenal Lebih Dekat Makanan dan Minuman Berkalsium Tinggi | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk Mengenal Lebih Dekat Makanan dan Minuman Berkalsium Tinggi

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
Rp 190.000
Ready Stock / BCB
SIDEBAR