Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » 13 Tips Mendidik Anak Usia 9 Hingga 11 Tahun

13 Tips Mendidik Anak Usia 9 Hingga 11 Tahun

Diposting pada 20 June 2015 oleh Summase S Pd

13 Tips Mendidik Anak Usia 9 Hingga 11 Tahun – Seorang anak akan mulai memiliki sikap mandiri saat menginjak usia 9 hingga 11 tahun. Pada usia ini, orang tua akan mengalami kesulitan untuk melakukan pengawasan terhadap kemandirian dan perkembangan sang anak di luar rumah.

Biasanya, sifat kemandiriaan ini berawal dan diilhami berdasarkan cara mengasuh orang tua serta sejumlah pengaruh di lingkungannya. Interaksi yang dilakukan oleh sang anak terhadap lingkungan sosialnya bisa memiliki pengaruh baik atau buruk terhadap kepribadian anak.

Baca juga: Parenting Tips: 5 Cara Salah Dalam Mendidik Anak.

Umumnya, saat anak memasuki usia 9-11 tahun akan mengalami sejumlah perubahan drastis di dalam dirinya seperti:

  • Merasakan tantangan berlebih dalam hal pendidikan di sekolah.
  • Sikap kemandirian yang mulai meningkat di dalam lingkungan keluarga.
  • Tumbuhnya perhatian terhadap hal-hal yang diangapnya menantang.
  • Membentuk persahabatan yang lebih kompleks.
Tips mendidik anak

Tips mendidik anak Ilustrasi/pixabay)

13 Tips Mendidik Anak Usia 9 Hingga 11 Tahun

Perubahan seperti ini tentu membutuhkan peran yang sangat besar dari para orang tua agar sikap kemandirian sang anak bisa menjadi lebih positif. Untuk itu, para orang tua sebaiknya menerapkan beberapa hal agar bisa membantu sang anak menciptakan kemandirian yang positif seperti:

  • Luangkanlah waktu untuk sekedar membicarakan mengenai prestasi sang anak di sekolah, mengenai teman-temannya di sekolah, serta kendala atau tantangan apa saja yang sedang ia hadapi.
  • Terlibat langsung di dalam setiap kegiatan atau acara-acara anak di sekolah yang memang mewajibkan kedatangan orang tua. Selain itu, Anda bisa juga mencoba meluangkan waktu untuk bertemu dengan guru-gurunya di sekolah.
  • Berikan dorongan kepada anak Anda untuk ikut bergabung bersama kelompok tertentu di sekolah atau masyarakat. Sang anak bisa bergabung ke kelompok olahraga, musik, ataupun kegiatan sosial lainnya.
  • Berikan bantuan kepada anak Anda agar bisa mengembangkan pemahaman mengenai benar atau salah di dalam dirinya. Berikan pula pemahaman mengenai tanggung jawab.
  • Tanamkan kepada anak mengenai konsekuensi yang harus dihadapi terhadap sebuah kesalahan.
  • Jelaskan mengenai hal-hal yang memiliki resiko jika dilakukan, cara memilih teman yang positif, serta cara untuk menemukan sahabat yang sejati.
  • Tips mendidik anak usia 9 hingga 11 tahun selanjutnya adalah dengan mengembangkan rasa tanggung jawab anak dengan melibatkannya ke dalam tugas-tugas rumah tangga yang ringan.
  • Berikan pemahaman mengenai cara membelanjakan uang dan pentingnya menabung.
  • Jelaskan pada anak Anda mengenai pentingnya menghormati orang lain. Anda bisa memulainya dengan memberikan motivasi bagi dirinya agar membantu orang lain yang memiliki masalah.
  • Pemahaman mengenai hal-hal apa saja yang harus dilakukan saat ada orang yang memperlakukannya secara kurang sopan. Baca juga: 3 Tips Mengajarkan Anak Sopan Santun.
  • Berikan bantuan untuk menetapkan tujuan dan cara agar cita-citanya bisa tercapai. Motivasi sang anak untuk memiliki keterampilan khusus serta bagaimana cara untuk mengembangkannya.
  • Sebaiknya buatlah aturan yang jelas dengan menerapkan disiplin tinggi. Hal ini bertujuan untuk membimbing serta melindungi sang anak agar tetap berperilaku positif. Jangan memberikan hukuman yang hanya akan membuatnya menjadi pribadi yang semakin berperilaku negatif.
  • Didik dan ajarkan sang anak mengenai sikap mandiri dan bagaimana caranya membawa diri di dalam situasi-situasi tertentu.

Menanamkan sikap yang disiplin dan rasa percaya diri dalam meraih cita-citanya merupakan sebuah bentuk pengajaran kepada anak yang wajib ditanamkan sejak dini.

Semoga informasi mengenai tips mendidik anak usia 9 hingga 11 tahun ini bisa membuat mereka kelak menjadi sosok yang berguna untuk diri dan orang-orang yang ada di sekitarnya. Jangan lupa menjaga kesehatan dan kecerdasan anak Anda dengan memberikan produk kesehatan Transfer Factor Trifactor di Tokoina.com

data-ad-format="link">

Bagikan informasi tentang 13 Tips Mendidik Anak Usia 9 Hingga 11 Tahun kepada teman atau kerabat Anda.

13 Tips Mendidik Anak Usia 9 Hingga 11 Tahun | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk 13 Tips Mendidik Anak Usia 9 Hingga 11 Tahun

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

one × three =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR