Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 07.00 s/d jam 21.00 , Melayani Orderan Setiap Hari
Beranda » Artikel Terbaru » 6 Tips mengelola stres

6 Tips mengelola stres

Diposting pada 21 August 2016 oleh Summase S Pd

Hampir semua orang pernah mengalami stress. Namun, tidak banyak yang bisa menangani dengan baik. Ujung-ujungnya malah berdampak pada menurunnya kondisi kesehatan. Berbagai bidang kehidupan dapat mendatangkan stres mulai dari konflik keluarga, tuntutan menyelesaikan pendidikan, deadline pekerjaan yang terus memburu dan masalah lainnya. Sepanjang perjalanan hidup, masalah pasti selalu ada. Dari pada kamu jadi sakit karena terlalu stres, mending dikelola. Ini nih tipsnya.

Cara mengelola stress dengan baik

  1. Urai macam-macam hal yang merupakan penyebab kamu jadi stres.
    Perhatikan di bagian mana atau di situasi seperti apa yang paling berpotensi menimbulkan stres. Lalu, saring semua tekanan. Lakukan kegiatan yang membuat kamu bisa meminimalkan rasa stres itu. Misal, makan coklat atau makan makanan yang kamu suka. Bisa juga lakukan kegiatan yang membuat kamu kembali bersemangat. Olahraga ampuh loh untuk meminimalkan rasa stres. Karena ketika kamu berolahraga, tubuh mengeluarkan hormon yang membuat kamu bisa merasa lebih relaks.

    Cara mengelola stres dengan baik

    Cara mengelola stres dengan baik (Ilustrasi/pixabay)

  2. Jika masalah tersebut sulit untuk diatasi, maka ubahlah cara pandang kamu melihat hal tersebut.
    Ada banyak hal yang tidak dapat kita kendalikan dalam hidup. Namun, kita dapat mengubah cara berpikir terhadap hal tersebut. Sehingga kita bisa bereaksi seolah dapat mengendalikannya. What ever you think, think the opposite. Misal, ketika kamu sedang merasa jenuh dengan pekerjaan kamu saat ini dan bawaannya mau mengeluh mulu. Coba deh untuk berpikir bahwa suatu hari nanti kamu akan merindukan moment-moment yang kamu alami di saat sekarang kamu jalani. Tentunya, akan ada banyak hal menarik dan seru untuk dikenang.
  3.  Jangan memikirkan sesuatu secara berlebihan.
    Ingat, hati yang gembira merupakan obat. Lebih baik beranikan diri kamu melakukan sesuatu untuk menyelesaikan masalah tersebut dari pada terlalu mencemaskannya. Misal, daripada berlarut-larut terlibat dalam konflik dengan seseorang. Mending coba deh ajak dia bicara dan bersikap dewasa untuk saling mengakui kesalahan dan memaafkan.
  4. Disiplinlah menjaga kondisi kesehatan kamu.
    Terkadang ada orang saat sedang stres malah enggak doyan makan, murung seharian dan tidur hingga larut malam. Akhirnya malah menimbulkan masalah baru. Padahal kondisi kesehatan yang baik merupakan senjata utama untuk mengelola tingkat stres. Dengan menjaga kesehatan fisik, kamu dapat menghadapi masalah apapun secara efektif. Tubuh yang sehat juga meningkatkan kualitas kesehatan mental.
  5. Tentukan waktu relaks setiap hari.
    Meditasi sambil latihan pernapasan bisa membuat kamu lebih tenang. Ambil napas dalam-dalam. Lalu hembuskan perlahan. Ulangi berkali-kali hingga kamu merasakan efek relaksnya. Saat kamu fokus menghirup napas, sejumlah oksigen masuk ke dalam paru-paru yang akan membuat otot-otot tubuh menjadi relaks dan pikiran menjadi tenang.
  6. Berpikir postif selalu.
    Orang-orang di sekitar bisa saja membuat kita merasa sakit hati kapanpun itu. Tapi ingat, kita juga berhak untuk tidak merasa sakit. Cobalah untuk melihat sisi humoris dalam setiap keadaan bahkan pada keadaan yang paling sangat menjengkelkan. Dengan begitu setidaknya kamu telah meminimalisir hasrat untuk marah.

 

data-ad-format="link">

Bagikan informasi tentang 6 Tips mengelola stres kepada teman atau kerabat Anda.

6 Tips mengelola stres | TOKOINA-JUAL PRODUK KESEHATAN dan KECANTIKAN

Belum ada komentar untuk 6 Tips mengelola stres

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

five + five =

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 52%
Rp 60.000 Rp 125.000
Ready Stock / MBS
Rp 2.000.000
Ready Stock / TFPROMO
SIDEBAR